Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? 

Yuk cari tahu hal unik seputar Lampung #LokalIDN

Bandar Lampung, IDN Times - Menginjak usianya ke-57 tahun pada 18 Maret 2021, Provinsi Lampung sudah melakukan pergantian kepala daerah sebanyak 10 kali. Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung saat ini adalah Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim.

Kali ini IDN Times akan mengulik hal unik tentang kepala daerah provinsi, kabupaten/kota di provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini. 

1. Gubernur pertama Lampung mengundurkan diri

Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? Gubernur pertam Lampung Kusno Danupoyo (Wikipedia)

Kusno Danupoyo merupakan gubernur pertama setelah Lampung resmi menjadi Provinsi pada tahun 1964. Namun, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini ternyata tak bertahan lama dalam mengemban jabatan sebagai gubernur. Kusno hanya menjabat selama dua tahun.

Pada tahun 1966 ia mengundurkan diri dan masih bertahan sebagai anggota DPR RI selama 8 tahun. Kemudian menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung serta ketua DPRD Lampung.

2. Digantikan salah satu penggagas berdirinya Lampung

Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? Zainal Abidin Pagaralam, Gubernur ke-2 Provinsi Lampung (Wikipedia)

Jabatan Kusno Danupoyo kemudian digantikan oleh putra asli Lampung yakni Zainal Abidin Pagaralam. Saat ini namanya sudah diresmikan menjadi nama jalan di Kota Bandar Lampung.

Gubernur ke-2 Provinsi Lampung ini menjabat sejak 1966-1973 menjadi salah satu peletak dasar-dasar pemerintahan dan pembangunan bagi Provinsi Lampung.

Baca Juga: 5 Tempat Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Tanggamus Lampung

3. Sudah ada 10 gubernur

Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan pencanangan gerakan diversifikasi pangan dan ekspos Usaha, Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) Pangan Lokal, Rabu (19/8/2020). (IDN Times/Istimewa)

Saat ini Lampung dipimpin Arinal Djunaidi sebagai Gubernur dan Chusnunia Chalim sebagai wakil gubernur. Arinal adalah gubernur ke-10 di Bumi Ruwa Jurai ini.

Pasangan tersebut resmi dilantik 12 Juni 2019. Mereka berhasil mengalahkan petahana yang pada saat itu kembali mencalonkan diri sebagai pemimpin Provinsi Lampung.

Arinal adalah pejabat karier di Pemprov Lampung. Jabatan terakhir diembannya adalah sekretaris daerah Provinsi Lampung.

4. Perempuan pertama di Lampung menjabat sebagai wakil gubernur

Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? Instagram @zulihendriyanto

Selama setengah abad lebih berdiri Provinsi Lampung kerap dipimpin gubernur dan wakil gubernur laki-laki. Namun pada periode ini, Chusnunia Chalim atau akrab disapa Nunik mejadi perempuan pertama yang menjabat sebagai wakil gubernur Lampung.

Sebelum duduk di kursi wakil gubernur Lampung, politisi partai PKB ini merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Bupati Lampung Timur.

5. Kepala daerah termuda di Lampung

Jelang HUT 57 Tahun Lampung, Sudah Tahu Bupati Termuda Belum? Bupatin Pesawaran, Dendi Romadhona, Jumat (26/2/2021) (IDN Times/Tama Wiguna)

Pada 26 Februari lalu, gubernur Lampung baru saja melantik 7 kepala daerah di Provinsi Lampung. Di antara tujuh kepala daerah terpilih tersebut, Bupati Kabupaten Pesawaran periode 2021-2024, Dendi Ramadhona menjadi bupati termuda di Lampung pada periode ini.

Lahir di Bandar Lampung pada 8 Juli 1983, Dendi sudah menjabat sebagai Bupati Pesawaran selama dua periode. Tepatnya sejak tahun 2016.

Baca Juga: Jelang HUT Ke-57, Yuk Kenali Budaya dan Bahasa Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya