Comscore Tracker

Hari Kebangkitan Nasional, Ini Harapan Millenials Lampung  

Lawan pandemik dengan persatuan

Bandar Lampung, IDN Times - 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang juga merupakan peringatan atas lahirnya organisasi Budi Utomo. Bergerak di bidang sosial, ekonomi, pendidikan serta kebudayaan, Budi Utomo kemudian dianggap sebagai cikal bakal gerakan rakyat untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Tahun ini Hari Kebangkitan Nasional mengangkat tema 'Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh'. Pada peringatan ke-113 tahun ini seperti apa ya tanggapan dan juga harapan para millenials Lampung soal Hari Kebangkitan Nasional?

Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Semangat menjalani rutinitas lebih baik lagi

Hari Kebangkitan Nasional, Ini Harapan Millenials Lampung  Unsplash/Thought Catalog

Salah satu Millennial cukup menginspirasi para remaja di Lampung, adalah Felycia Jannice Michelle. Sebagai Puteri Remaja Indonesia Intelegensia 2019, ia beranggapan Hari Kebangkitan Nasional merupakan hari bangkitnya rasa semangat, persatuan, kesatuan terutama nasionalisme baik antar remaja mau pun semua kalangan.

"Kita sama-sama merayakan Hari Kebangkitan Nasional ini supaya bisa lebih semangat menjalankan rutinitas dan pola hidupnya makin baik ke depannya," kata Michelle kepada IDN Times, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Kisah Garda Terdepan, Tak Jumpa Keluarga di Idul Fitri demi Pengabdian

2. Dirikan organisasi untuk mengayomi remaja

Hari Kebangkitan Nasional, Ini Harapan Millenials Lampung  Felycia Jannice Michelle sebagai Puteri Remaja Indonesia Intelegensia 2019, (Instagram.com/official.puteriremajalampung)

Sebagai putri remaja Indonesia, Michelle memanfaatkan gelarnya untuk memberi dukungan pada teman-teman seusianya. Ia sering hadir menjadi motivator mau pun juri pada acara-acara pageant show. Selain itu Michelle juga mendirikan sebuah organisasi bernama pundak remaja.id.

"Semacam platform media sosial terutama instagram, tujuannya membahas artikel lebih ke kata-kata motivasi mengayomi anak remaja," jelasnya.

Sebab menurutnya, anak remaja saat ini rentan mengalami rasa tidak percaya diri bahkan sampai pada titik bunuh diri.

"Akhirnya, oke nih aku icon remaja kalau bukan aku siapa lagi? Jadi aku bentuk organisasi itu dan membagikan hal-hal positif lewat artikel-artikelnya," paparnya.

Michelle berharap pada generasi remaja yang akan menjadi pahlawan masa kini mampu membangkitkan semangat patriotisme. Serta memberikan pengaruh positif dari hal-hal kecil bagi orang sekitar.

"Karena kalau bukan kita siapa lagi? Dari hal kecil kita dapat menginspirasi banyak orang. Karena itulah yang namanya kebangkitan sejati," katanya.

3. Melawan pandemik dengan persatuan

Hari Kebangkitan Nasional, Ini Harapan Millenials Lampung  Habib Syahputra pendiri komunitas kelas minat (Instagram.com/kelasminat)

Pendapat lainnya diutarakan Habib Syahputra salah satu pendiri komunitas Kelas Minat yang menjadi wadah gratis para generasi Millenials di Lampung dalam mengasah kemampuan. Ia menyatakan Hari Kebangkitan Nasional saat ini seharusnya bisa membuat kita kembali mengingat Indonesia ini di bangun dengan semangat persatuan.

"Di mana kita tak perlu lagi saling menyalahkan dan merasa berbeda satu sama lain, terutama di masa masa pandemik COVID-19 ini," ujar Habib.

Menurutnya, kita harus bisa bangkitkan kembali semangat persatuan itu sendiri agar bisa saling mendukung dalam melawan dampak pandemik saat ini.

"Bung Karno pernah bilang
Kita kuat karna bersatu bersatu karena kita kuat," jelasnya.

Baca Juga: Suka Duka Dokter dan Polisi di Lampung, Tetap Bertugas Saat Idul Fitri

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya