Cerita Ferdy Pemudik dari Jambi ke Lampung, Selamat dari Korban Begal

Dua begal rampas kunci motor korban, tapi sesuatu terjadi

Mesuji, IDN Times - Mudik Lebaran 2022 bisa jadi pengalaman tak bakal dilupakan Ferdy (35). Itu lantaran, perjalanan mudik mengendarai sepeda motor dari Jambi menuju ke Lampung, ia dicegat dua begal.

Beruntung, saat dua begal itu hendak merampas kuda besi miliknya, melintasi personel kepolisian. Alhasil, begal itu memilih mengambil 'langkah seribu'.

Bagaimana cerita Ferdy selamat dari aksi begal? Berikut IDN Times rangkum ceritanya.

Mudik dari Jambi ke Lampung

Cerita Ferdy Pemudik dari Jambi ke Lampung, Selamat dari Korban BegalIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Ferdy mengatakan, melakukan perjalanan mudik dari Jambi menuju Lampung, Sabtu (30/4/2022) malam sekitar pukul 00.30 WIB.

Tiba-tiba saat melintas di Jalan Lintas Timur berada di wilayah hukum Polres Mesuji,  dipepet sepeda motor dikendari dua orang tak dikenal. Dua orang itu lalu memaksa Ferdy menghentikan laju kendaraan.

Alhasil Ferdy menghentikan laju kendaraan karena melihat dua orang tak dikenal itu mengancamnya dengan senjata tajam. Lalu dua orang itu merampas kunci motor korban.

Baca Juga: PNS Mesuji Aniaya Honorer di Musala, Ingin Rebut Cincin Tunangan

Pelaku begal kabur saat lihat patroli polisi

Cerita Ferdy Pemudik dari Jambi ke Lampung, Selamat dari Korban BegalIlutrasi DPO. IDN TImes/M Shakti

Beruntung, saat aksi kejahatan itu berlangsung, melintas anggota Tekab 308 Polres Mesuji sedang melaksanakan giat patroli. Melihat ada patroli, kedua pelaku pun bergegas melarikan diri lalu membawa kunci motor milik Ferdy.

"Kendaraan saya dinaikkan ke mobil patroli untuk dibawa ke mapolres. Saya juga ikut ke sana

Terkait kejadian dialaminya, Ferdy mengaku bersyukur Tekab 308 dan jajaran Polres Mesuji telah menyelamatkannya dari pelaku begal. "Kalau tidak ada anggota sedang patroli, mungkin saya sudah jadi korban pembegalan," ujarnya.

Korban dan kendaraan dibawa ke mapolres untuk perlindungan dan pengamanan

Cerita Ferdy Pemudik dari Jambi ke Lampung, Selamat dari Korban BegalMotor Ferdy dibawa personel Tekab 308 ke Mapolres Mesuji. (Dok. Polres Mesuji).

Kasatreskrim Polres Mesuji, Iptu Fajrian Rizki, mengatakan, Ferdy adalah pemudik yang sedang melakukan perjalanan dari Jambi menuju Lampung. Saat melintas di Jalan Lintas Timur Kabupaten Mesuju, kendaraan korban dipepet 2 orang tidak dikenal.

Ia menambahkan, pelaku menyetop laju kendaraan korban dan merebut kunci motor korban. "Setelah merampas kunci motor korban, pelaku melarikan diri karena melihat anggota Tekab 308 Polres Mesuji yang sedang berpatroli," ungkapnya.

"Selanjutnya korban dan kendaraan dibawa oleh anggota ke Mapolres Mesuji untuk mendapatkan perlindungan dan pengamanan," imbuh Fajrian. 

Polres Mesuji kawal pemudik

Cerita Ferdy Pemudik dari Jambi ke Lampung, Selamat dari Korban BegalPolres Mesuji mengelara operasi pengawalan pemudik lebaran 2022. (Dok. Polres Mesuji).

Terkait pengamanan para pemudik, Kasatlantas Polres Mesuji Iptu Khoirul Bahri, menjelaskan, ada anggota Satlantas bertugas piket melaksanakan pengawalan kepada masyarakat melaksanakan mudik lebaran Pengawalan itu menuju perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan dengan Kabupaten Mesuji Lampung.

Giat operasi itu digelar dalam rangka Operasi Ketupat Krakatau 2022 dan digelar Sabtu pagi kemarin pukul 10.00 WIB di Pos Res Area Polres Mesuji. Tujuan layanan pengawalan pemudik menurutnya, agar tercipta situasi kondusif dan aman bagi pemudik dan pengguna jalan.

"Dikawalnya para pemudik yang akan melintasi perbatasan, dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Serta mencegah adanya Tindak Pidana C3 dan memastikan para pemudik selamat sampai tujuan," ujarnya.

Baca Juga: Pria Mesuji Coba Perkosa Remaja 16 Tahun, Korban Teriak Minta Tolong

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya