Hukum Mandi Wajib Usai Sahur, Puasa Ramadan Tetap Sah?

Pentingnya makan sahur

Bandar Lampung, IDN Times - Puasa Ramadan 2022/1443 Hijriah hampir memasuki sepekan dijalani, namun tak sedikit di antara kita masih menanyakan hukum mandi wajib setelah sahur atau saat memasuki waktu subuh.

Sekelumit pertanyaan semisal, apakah hukum mandi wajib setelah sahur itu haram, karena dalam keadaan junub? Lalu benarkah itu bisa membatalkan puasa?

Pertanyaan-pertanyaan serupa dirasa terbesit dibenak kebanyakan pria ataupun wanita dewasa. Bagaimana tidak, mereka umumnya junub di malam hari pada bulan Ramadan, baik karena mimpi basah maupun karena hubungan badan dan lalu tertidur dirasa hampir dialami kebanyakan orang.

Nah untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, berikut jawaban hukum mandi wajib setelah sahur atau memasuki waktu subuh IDN Times lansir dari NU Online

Baca Juga: Cara Membaca Kitab Kuning, Ada Lima Hal Perlu Dipelajari

1. Puasa tetap sah!

Hukum Mandi Wajib Usai Sahur, Puasa Ramadan Tetap Sah?Fame Grid

Menanggapi sederet pertanyaan itu, Ketua Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM NU) Kota Bandar Lampung, Ustaz Hidayatullah mengatakan, puasa orang dalam keadaan tidak suci tetap sah. Itu sekalipun ia memutuskan mandi wajib setelah sahur.

"Puasanya sah, sebab syaratnya berpuasa tidak ada ketentuan harus suci dari dua hadats," terangnya.

Referensi:

يَمِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل (1) فَإِنَّ عَائِشَةَ

وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ (2

Berpuasa hukumnya sah bagi orang junub seperti orang yang memasuki subuh sebelum ia menjalani mandi besar karena Aisyah dan Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh dalam keadaan junub karena jima’ dengan istrinya, kemudian ia mandi dan berpuasa.

2. Seberapa penting makan sahur?

Hukum Mandi Wajib Usai Sahur, Puasa Ramadan Tetap Sah?learnenglish.britishcouncil.org

Lalu sebenarnya apasih makna sahur? Pelaksana Harian Ketua PWNU Lampung, Prof Alamsyah menjelaskan, ini adalah aktivitas berbarengan dengan puasa Ramadan. Sahur juga menjadi pelengkap dari puasa itu sendiri, masyarakat Islam di dunia mayoritas melaksanakan sahur ketika menjelang azan Subuh, atau mendekati imsak. Lalu seberapa pentingkah sahur untuk orang berpuasa?

Menurutnya, sahur amat sangat penting. Mengingat puasa merupakan ibadah yang salah satu tujuannya untuk melatih mengendalikan hawa nafsu, baik makan, minum dan syahwat. Untuk menjalankan puasa satu hari penuh, maka kita juga membutuhkan tenaga yang cukup yakni dengan makan sahur. 

"Di puasa Ramadan, kita dianjurkan meningkatkan berbagai ibadah, baik wajib maupun sunat. Namun tidak berarti selama berpuasa kita meninggalkan kewajiban dan tanggung jawab lainnya. Kita tetap bekerja sesuai profesi masing-masing. Maka sahur sangat penting untuk tubuh," katanya.

3. Puasa wajib sama halnya seperti menjaga kesehatan dan stamina tubuh

Hukum Mandi Wajib Usai Sahur, Puasa Ramadan Tetap Sah?Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin membeberkan fakta anyar melanjutkan jenjang pendidikan ke PTKIN menunjukkan penurunan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Prof Alamsyah menyampaikan, agama Islam mengajarkan keseimbangan atau tawazun bagi orang berpuasa. Melaksanakan puasa itu wajib, sama halnya seperti menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

"Jangan sampai puasa menyebabkan sakit, celaka atau kematian bagi orang yang menjalankannya, baik karena lemas, kekurangan energi akibat tidak sahur pada malam harinya," ucap dia.

Oleh karena itu, bagi orang berhalangan sepert sakit atau tua renta diberikan keringanan boleh tidak berpuasa dan diganti pada hari lain atau dengan membayar fidyah. "Makan sahur adalah penting, sangat dianjurkan, dan bernilai sunnah," tandas pria juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 UIN Raden Intan Lampung tersebut.

Baca Juga: Mengenal Salafi dan Wahabi, di Indonesia Stereotipe Negatif?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya