GSG Tak Cukup, Tak Semua Maba Hadiri Pembukaan PPKMB Unila 2023

Maba lain menghadiri PPKMB lewat Zoom dan streaming YouTube

Bandar Lampung, IDN Times - Ternyata tidak semua mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) 2023 hadir pada pembukaan Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) di GSG Unila, Senin (14/8/2023).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK, Anna Gustina Zainal mengatakan hal ini dikarenakan GSG Unila tidak memiliki kapasitas untuk menampung seluruh mahasiswa baru Unila tahun ini.

“Yang hadir hari ini untuk ikut pembukaan PPKMB ada 3000an (mahasiswa). Sedangkan yang lainnya hadir secara online lewat streaming Zoom maupum steaming YouTube,” kata Anna ketika diwawancarai usai acara PPKMB Unila 2023.

Baca Juga: Ganti Warna, Ternyata Jaket Almamater Hijau Unila Tak Sesuai Statuta

1. Jumlah mahasiswa baru Unila mencapai 9.164 mahasiswa

GSG Tak Cukup, Tak Semua Maba Hadiri Pembukaan PPKMB Unila 2023Mahasiswa Baru Unila 2023. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Diketahui total mahasiswa baru Universitas Lampung tahun ini ada sebanyak 9.164 mahasiswa. Terdiri dari 2.122 maba jalur SNBP,  5.348 maba jalur SNBT, dan 1.633 maba jalur mandiri.

“Kapasitas ruangan (GSG) kita memang belum memadai untuk menghadirkan seluruh mahasiswa baru Unila. Makanya kita lakukan pembukaan ini secara online dan offline,” terangnya.

Anna juga menjelaskan, alasan di tahun-tahun sebelumnya seluruh mahasiswa baru selalu bisa mengikuti pembukaan PPKMB adalah dikarenakan jumlah penerimaan terbilang jauh.

“Kenapa kemarin bisa dan sekarang tidak, karena kemarin itu sekitar 2018 atau 2019 itu mabanya 5.000an. Sekarang 9000 sehingga kapasitas kita belum bisa memenuhi itu,” ujarnya. 

2. Setiap perwakilan fakultas dihadirkan

GSG Tak Cukup, Tak Semua Maba Hadiri Pembukaan PPKMB Unila 2023Rektorat Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Selain itu, ia melanjutkan selama pandemik COVID-19 juga tidak ada pembukaan PPKMB offline secara penuh karena pembatasan. Sehingga saat ini merupakan awal dan pihak kampus sedang berusaha untuk menyediakan hal itu.

“Tapi dari seluruh mahasiswa baru tahun ini dengan kebijakan bu rektor kita hadirkan perwakilan dari tiap fakultas. Jadi dari 3.000 mahasiswa ini kedelapan fakultas ada semua,” imbuhnya.

Tak hanya gedung GSG, ia menambahkan saat ini pihak kampus juga dalam proses untuk memberikan sarana dan prasarana lebih baik dari sebelumnya.

“Kita kan sedang berproses jadi tidak bisa serta merta kita harapkan mulai tahun ini langsung bisa. Perlahan-lahan kita pasti bisa mengofflinekan semuanya, mungkin tahun depan,” katanya.

3. Untuk kegiatan PPKMB tiap fakultas dihadiri semua maba

GSG Tak Cukup, Tak Semua Maba Hadiri Pembukaan PPKMB Unila 2023Fakultas Hukum Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Meski demikian, untuk kegiatan lanjutan yakni PPKMB tingkat fakultas mahasiswa baru akan hadir secara penuh sehingga mahasiswa tak hadir hari ini tentu akan tetap merasakan suasana PPKMB secara langsung lewat fakultas nantinya.

“Untuk PPKMB tingkat fakultas semua ikut. Kita juga kan memang ada orientasi universitas hari ini dan besok, lalu ada orientasi fakultas di Rabu dan Kamis,” katanya.

Ia menjelaskan, pada orientasi fakultas ini justru mahasiswa akan mendapatkan pengenalan secara lebih matang dan mendalam karena diberikan pengetahuan terkait pimpinan fakultas, sistem perkuliahan dan pembimbing akademik, hak dan kewajiban, dan sebagainya.

Baca Juga: PPKMB Unila 2023, Mahasiswa dapat Beasiswa hingga Umrah dari Wali Kota

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya