Angkot Bandar Lampung akan Hidup Kembali, Perwali Trayek Masih Proses

Tapi target rampungnya perwali trayek angkot belum pasti

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung rupanya hendak kembali menghidupkan transportasi umum yakni angkot di beberapa ruas jalan.

Kabag Hukum Pemkot Bandar Lampung, Novirina mengatakan terkait trayek angkot ini nantinya akan diatur dan tertuang Peraturan Walikota (Perwali). Namun saat ini masih dalam proses pembahasan.

“Perwalinya masih dalam proses dan kami harus merapatkan perwali itu antara badan hukum dengan dinas perhubungan,” kata Novi sapaan akrabnya ketika diwawancarai, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Polisi Ungkap Sosok Joki CPNS Kejaksaan 2023 di Lampung, Mahasiswa ITB

1. Rapat membahas soal warna angkot, lokasi, rute dan sebagainya

Angkot Bandar Lampung akan Hidup Kembali, Perwali Trayek Masih ProsesIlustrasi jalan Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Novi menjelaskan, rapat tersebut membahas mengenai banyak hal seperti substansi warna angkot, lokasi, hingga rute. Hal itu menjadi ranah kajian dinas perhubungan.

Sayangnya Novi belum bisa menyampaikan kapan tepatnya Perwali itu akan disahkan dan segera dipublikasikan kepada masyarakat. Sehingga ia meminta masyarakat untuk bersabar.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini tapi saya tidak bisa memastikan kapannya karena masih proses. Ditunggu saja ya,” imbuhnya.

2. Rencana penetapan perwali trayek angkot terus mengalami kemunduran target waktu

Angkot Bandar Lampung akan Hidup Kembali, Perwali Trayek Masih ProsesIlustrasi jalan Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Senada dengan Novi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Socrat Pringgodanu mengatakan perwali tersebut kemungkinan akan segera ditetapkan dalam waktu dekat.

“Karena bagaimana pun angkutan umum di Bandar Lampung ini harus tetap berjalan agar mobilitas masyarakat bisa terbantu dengan adanya kendaraan umum ini, dan ini juga bisa meminimalisir kemacetan,” paparnya.

Sayangnya rencana Perwali Trayek Angkot ini sudah direncanakan jauh hari dan Socrat pernah menyebutkan akan selesai pada akhir September 2023 namun nyatanya hal itu belum juga selesai sampai sekarang.

3. Dalam satu trayek ada puluhan angkot pada trayek angkot sebelumnya

Angkot Bandar Lampung akan Hidup Kembali, Perwali Trayek Masih ProsesKepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Socrat Pringgodanu. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menanggapi hal itu, Socrat mengatakan pembuatan Perwali soal Trayek Angkot Bandar Lampung memang terbilang tidak mudah. Banyak pertimbangan ditiap poin peraturan agar transportasi umum ini bisa berjalan lancar.

“Karena ini kan aturan. Jadi harus benar-benar matang untuk sampai menjadi perwali nantinya. Agar tidak menyebabkan ambigu saat mengartikan poin peraturannya. Kita sih sebenarnya ya mau cepat beres, tapi kan tidak boleh asal cepat saja,” paparnya.

Sedangkan untuk jumlah angkot di Bandar Lampung, Socrat mengaku belum mendata lagi terkait hal itu. Namun pada trayek angkot sebelumnya, ia menyebutkan ada lima trayek di Bandar Lampung dan terdapat puluhan angkot dalam satu trayek.

Baca Juga: Dua Mahasiswa Unila Asal Palestina Tertunda Kedatangan karena Perang

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya