Comscore Tracker

Varian Omicron Kian Dekat, Gubenur Lampung Minta Warga Patuh Prokes

Sesuai Ingub Lampung Nomor 22 Tahun 2021

Bandar Lampung, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes), terutama dalam urusan penanggulangan pandemik COVID-19 dan penanganan virus varian B.1.1.529 alias Omicron.

Arinal menjelaskan, situasi Pandemik COVID-19 di Lampung saat ini tergolong masih terkendali, provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai dinyatakan terbaik Nasional dalam penanganan pandemik COVID-19. Namun tetap, gubernur meminta kepada bupati/wali kota agar tetap waspada dan tidak lengah, serta menerapkan protokol kesehatan.

"Pandemik ini belum berakhir. Jangan pernah lalai. Wajib hukumnya disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Arinal, dalam Rapat Koordinasi Bersama para Bupati/Walikota Terkait Penanggulangan COVID-19 dan Penanganan Varian Omicron, di Mahan Agung, Kota Bandar Lampung, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga: 2 Orang ASN Pemkot Bandar Lampung Terlibat Pemalsuan e-KTP

1. Ingatkan Provinsi Lampung miliki 4 pintu masuk

Varian Omicron Kian Dekat, Gubenur Lampung Minta Warga Patuh ProkesIlustrasi moda transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Antisipasi tersebut sangat penting, terlebih Provinsi Lampung memiliki empat pintu masuk, sehingga potensi penyebaran virus COVID-19 ke Lampung juga cukup besar.

Oleh karenanya, Arinal telah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Lampung Nomor 28 Tahun 2021, tentang PPKM pada Kreteria Level 2 dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian Penyebaran COVID-19 di Provinsi Lampung.

"Instruksi ini kami keluarkan sudah sesuai dengan petunjuk Mendagri, dan agar dipedomani serta ditindaklanjuti dengan Intruksi Kabupaten/Kota," imbuh dia.

2. Pinta kepala daerah terus optimalkan sinergitas

Varian Omicron Kian Dekat, Gubenur Lampung Minta Warga Patuh ProkesGubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan masyarakat untuk tatap waspada dan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes). (IDN Times/Istimewa)

Lebih dari itu gubernur juga memberikan apresiasi kepada Bupati/Walikota yang telah mendukung berbagai program pembangunan di sepanjang 2021. Mengingat, provinsi masing-masing kepala daerah telah berperan aktif terhadap kemajuan Provinsi Lampung.

"Saya sangat mengapresiasi itu. Karena saya tidak bisa melakukan sendiri tanpa kerjasama, sinergitas dan dukungan Bapak dan Ibu Bupati/Walikota," katanya.

Kendati demikian, orang nomor satu di Provinsi Lampung itu menyampaikan agar ke depan dapat kian mengoptimalkan sinergitas program pembangunan antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi. Itu mulai dari Sektor Pertanian, Kesehatan, Infrastruktur, dan lain-lain.

"Dengan ini pembangunan provinsi akan berjalan dengan maksimal. Apalagi objek pembangunan banyak terdapat di Kabupaten/Kota," tutur Arinal.

3. Antisipasi virus Omicron harus ekstra

Varian Omicron Kian Dekat, Gubenur Lampung Minta Warga Patuh ProkesGubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan masyarakat untuk tatap waspada dan terus menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes). (IDN Times/Istimewa)

Hal serupa ikut disampaikan Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay. Ia meminta sedini mungkin harus lebih ekstra dalam penanganan COVID-19, terutama antisipasi virus varian omicron.

"Maka dari itu dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota perlu melakukan evaluasi lagi, mulai dari tenaga medis, tempat isolasi, dan lainnya. Harus lebih ekstra lagi," tandas Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Baca Juga: Gubernur Arinal: Lampung 4 Besar Nasional Lumbung Ternak

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya