Comscore Tracker

Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia 2021

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung bakal menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 diselenggarakan pada 2 Desember 2021 di lapangan apel Mapolda Lampung. Kegiatan itu sekaligus dalam rangka momentum peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia.

Kabidhumas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, perlombaan mengusung tema 'Memperingati Hari Hak Asasi Manusia' ini bertujuan memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam hal menyampaikan aspirasi dan ekspresi.

"Kami juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bagaimana cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum berlaku," ujar Pandra, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga: Ops Zebra Krakatau 2021, Dirlantas Polda Lampung Bagi Helm dan Masker

1. Peserta memiliki wewenang penuh menyampaikan orasinya

Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, Hadiah Puluhan Juta RupiahLomba Orasi Unjuk Rasa 'Piala Kapolri 2021' Mapolda Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pelaksanaannya, Pandra menyampaikan sub tema acara tersebut bersifat bebas. Artinya, peserta diberikan wewenang penuh untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan bersifat membangun.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan komitmen Polri sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat. Itu merupakan salah satu hak asasi manusia, sebagaimana diatur dalam  Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia, dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," katanya.

2. Detail syarat pendaftaran

Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, Hadiah Puluhan Juta RupiahIlustrasi Keterbatasan Berpendapat/Orasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Pandra juga menjelaskan, kegiatan perlombaan ini dapat diikuti seluruh unsur elemen masyarakat tanpa terkecuali mulai dari mahasiswa, buruh, tani, dan lain-lain. Namun sebagai catatan, 1 tim dapat berisikan 5-13 orang.

Lebih lanjut, pendaftaran lomba dimulai 25-30 November 2021 dengan mengakses link https://bit.ly/3HTCXRK atau mengubungi nomor 0821-7996-9633. Pendra melanjutkan, pemenang berhak mengikuti tahap lebih jauh di tingkat pusat atau Maber Polri, guna mewakili peserta dari Mapolda Lampung.

"Setelah melaksanakan lomba di tingkat Polda, pada tanggal 5 Desember peserta juara 1 videonya akan kami kirim ke Mabes Polri untuk diseleksi. Jika terpilih, nantinya akan tampil di tingkat pusat pada 10 Desember mendatang," beber dia.

3. Berhadiah puluhan juta rupiah

Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021, Hadiah Puluhan Juta Rupiahpixabay.com

Sebagai bentuk apresiasi perlombaan di tingkat daerah, Pandra mengungkapkan, Polda Lampung telah menyiapkan hadiah bernilai puluhan juta rupiah.

Rinciannya, juara pertama Rp10 juta, juara kedua Rp5 juta, dan juara ketiga Rp3 juta. Selain itu, semua pemenang juga bakal menerima tropi serta piagam penghargaan.

"Kami juga menyiapkan juara harapan satu dengan hadiah uang tunai 1,5 juta dan juara harapan dua sebesar Rp1 juta. Bagi peserta yang tidak terpilih nantinya juga akan diberikan uang saku dan piagam," tandas mantan Kapolres Kepulauan Meranti tersebut. 

Baca Juga: Tekab 308 Polda Lampung Tangkap Penjambret, Modus demi Bayar Utang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya