Limbah Hitam Bak Aspal Kembali Mencemari Pesisir Lampung Timur

Polisi turun selidiki sumber limbah

Lampung Timur, IDN Times - Limbah berwarna hitam pekat menyerupai aspal kembali menghampiri wilayah Pesisir Lampung. Limbah tersebut kini mencemari beberapa titik di Pantai Kerangmas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur sejak tiga hari lalu.

Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lampung Timur, Andi Baso membenarkan kemunculan limbah tersebut. Menurutnya, pencemaran semacam ini sudah acapkali terjadi saat angin timur.

"Ini seperti ada yang sengaja membuang, informasinya sudah dari 3 hari lalu. Ironis, hampir setiap kasus temuan limbah minyak ini seperti tidak ada titik terang, padahal limbah sangat berdampak buruk terhadap ekosistem laut dan juga nelayan," ujarnya, Sabtu (16/7/2022).

Baca Juga: DLH Lampung Duga Limbah Aspal Cemari Laut Akibat Kebocoran Pipa

1. Kasus pencemaran limbah tidak ada kejelasan

Limbah Hitam Bak Aspal Kembali Mencemari Pesisir Lampung Timurpexels.com/Markus Winkler

Lebih lanjut Andi mencontohkan, kasus serupa pernah terjadi pada 2020 di wilayah pantai Lampung Timur, serta 2021 di lima kabupaten berada di Pesisir Teluk Lampung, Teluk Semaka (Tanggamus), hingga Pantai Barat Lampung. Saat itu, tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi bersama Bareskrim Polri langsung turun.

Namun sayangnya, lagi-lagi tidak ada kejelasan terkait asal-muasal hingga penindakan pelaku pencemaran. Maka tak heran kondisi kembali terulang.

"Tahun lalu kisa masih sama-sama ingat limbah seperti ini, itu petugas turun terus tapi kita tidak tahu lagi seperti apa muara penanganan kasusnya," kata dia.

2. Nelayan paling terdampak

Limbah Hitam Bak Aspal Kembali Mencemari Pesisir Lampung TimurLimbah berwarna hitam pekat menyerupai aspal kembali menghampiri wilayah Pesisir Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Menyikapi kemunculan limbah di pesisir di laut Labuhan Maringgai ini, pengurus HNSI akan mengumpulkan sebagian nelayan untuk di melaksanakan musyawarah mencari solusi.

"Persoalan limbah ini tidak ada habisnya harus ada jalan keluar. Kasihan nelayan terkena dampak, alat tangkap mereka juga tertempel limbah, ikan-ikan juga sulit ditangkap," ucapnya.

3. Polisi menyelidiki

Limbah Hitam Bak Aspal Kembali Mencemari Pesisir Lampung TimurIlustrasi Investigasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait temuan limbah tersebut, Kapolres Lampung Timur, AKBP Zaky Alkazar Nasution mengaku telah mengerahkan personel untuk menyelidiki lebih lanjut, terhadap sebaran limbah hitam menyerupai aspal yang terjadi di wilayah hukum setempat.

"Kami sudah terima informasinya, tim dipimpin Kasat Pol Air dari Polres Lampung Timur sudah mulai bergerak dan menelusuri sumber limbah," imbuhnya.

Selain itu, kapolres masih belum dapat menyimpulkan terkait adanya dugaan pihak-pihak sengajaan membuang limbah tersebut. "Harus dipastikan terlebih dahulu, sebab limbah ini pasti terbawa ombak hingga ke bibir pantai. Masih diselidiki," tandas Zaky.

Baca Juga: Walhi Lampung dan LBH Desak Pengungkapan Kasus Pencemaran Limbah Aspal

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya