KPPU Dalami Pengadaan Perbaikan 17 Ruas Jalan Rp814 Miliar di Lampung

Pekerjaan fisik Rp802 miliar dan 4 paket pengawasan

Bandar Lampung, IDN Times - Kantor Wilayah II Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Kanwil II KPPU) mendalami proses pengadaan barang/jasa terhadap perbaikan 17 ruas jalan sepanjang 104,98 kilometer di Provinsi Lampung.

Pengadaan barang/jasa pekerjaan ini dilakukan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung itu merujuk Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023, tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Sesuai keterangan Kepala BPJN Lampung, perbaikan ini menggunakan APBN 2023 dengan anggaran 814,75 miliar. Ini terbagi atas pekerjaan fisik sebesar 802 miliar dan sisanya dianggarkan untuk 4 paket pengawasan," ujar Kepala Kantor KPPU Wilayah II, Wahyu Bekti Anggoro, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga: Beras di Lampung Rp15 Ribu per Kg, KPPU Indikasi Pelaku Usaha Nakal

1. Terdapat 2 paket pengawasan masih proses pengadaan

KPPU Dalami Pengadaan Perbaikan 17 Ruas Jalan Rp814 Miliar di LampungKepala Kantor KPPU Wilayah II, Wahyu Bekti Anggoro. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Merujuk penyampaian Kepala BPJN Lampung, Wahyu mengatakan, proses pengadaan barang/jasa perbaikan 17 ruas jalan sudah dilakukan melalui e-Purchasing, menggunakan aplikasi e-Katalog atau aplikasi belanja online dikembangkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah LKPP.

Sedangkan untuk 4 paket pengawasan dilakukan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Dari empat paket pengawasan, terdapat dua paket yang telah selesai dan dua paket masih dalam proses pengadaan," imbuhnya.

2. Bakal fokus pada penilaian e-Purchasing libatkan 11 PPK

KPPU Dalami Pengadaan Perbaikan 17 Ruas Jalan Rp814 Miliar di LampungKondisi jalan rusak parah ruas Jalan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dari kegiatan tersebut, Wahyu menyampaikan, KPPU akan mendalami proses pemilihan penyedia barang/jasa oleh BPJN Lampung dalam pengadaan perbaikan 17 ruas jalan di Provinsi Lampung dan 4 paket pengawasannya.

"KPPU akan memfokuskan penilaian terhadap proses pemilihan melalui e-Purchasing yang melibatkan 11 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada BPJN Lampung," ujarnya.

Selain itu, KPPU juga akan melanjutkan proses untuk mendengarkan keterangan dan menganalisa seluruh dokumen. "Tentunya hal-hal terkait dalam proyek perbaikan 17 ruas jalan di Lampung," tambah dia.

3. Perbaikan 17 jalan hasil instruksi kunjungan Presiden Jokowi

KPPU Dalami Pengadaan Perbaikan 17 Ruas Jalan Rp814 Miliar di LampungPresiden Jokowi saat meninjau jalan rusak di Desa Rama Nirwana, Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah,Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Perbaikan 17 ruas jalan di Provinsi Lampung ini diketahui diinstruksikan langsung oleh Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo setelah berkunjung dan meninjau langsung kondisi jalan di provinsi setempat pasa 5 Mei 2023 kemarin.

Dalam prosesnya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkolaborasi memperbaikan 17 ruas jalan dan sudah mulai dikerjakan pascatahap penandatanganan kontrak pengerjaan rampung pada akhir Juli 2023 lalu.

17 ruas jalan itu terdiri dari tujuh ruas jalan rusak milik Pemprov Lampung dan 10 ruas jalan rusak lainnya milik pemerintah kabupaten.

Baca Juga: Bak Sinetron, Pria di Metro Diduga Selingkuh dengan Kakak Ipar 9 Tahun

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya