Comscore Tracker

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan Bakauheni

Gubernur Lampung pastikan pengendalian moda transportasi

Lampung Selatan, IDN Times - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan kesiapan Provinsi Lampung untuk pengendalian moda transportasi menghadapi masa Idul Fitri 1442 Hijriah.

Penyampaian itu, diutarakan Arinal saat Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, dan para menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala BNPB Doni Monardo kunjungi Pelabuhan Bakauheni, Minggu (9/5/2021).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian peninjauan lokasi penyekatan peniadaan mudik Lebaran 2021, khususnya di Provinsi Lampung pada area Pelabuhan Bakauheni.

1. Pengamanan dilakukan di setiap titik simpul transportasi moda angkutan

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniSuasana loket pembelian tiket Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Merujuk Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/2021, Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1442 .

Arinal mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan kabupaten/kota bekerja sama dengan personel TNI Polri, serta pihak lainnya siap melakukan pengamanan di setiap titik simpul transportasi moda angkutan. "Kita terus saling berkoordinasi, untuk mengetahui situasi dilapangan," ujarnya.

Koordinasi merujuk Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/2021, Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Rujukan lainnya yakni, Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1442 H

2. Pengecekan dokumen kelengkapan tiap pengendara

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniIlustrasi. Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatra antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (5/5/2021) dini hari. dinihari. Jelang larangan mudik pada 6 Mei 2021, Pelabuhan Merak mengoperasikan 29 kapal roro untuk melayani penyeberangan penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Arinal kembali mengingatkan agar aparat gabungan TNI Polri tetap melakukan pengecekan dokumen kelengkapan penumpang perjalanan ke setiap kendaraan yang melintasi posko penyekatan check point.

Ia menambahkan, hanya penumpang tertentu sesuai Permenhub dan SE Satgas COVID-19 yang diperkenankan keluar masuk wilayah Provinsi Lampung.

"Mereka sudah harus dilengkapi print out surat izin perjalanan tertulis, atau Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), dan mengantongi surat negatif COVID-19," ingatnya.

Baca Juga: Hari Ketiga Ops Ketupat Krakatau, Polda Lampung Putar Balik 58 Mobil

Baca Juga: Kisah Pemudik di Lampung, Dua Tahun Tak Bertemu Sanak Keluarga 

3. Gubernur Lampung harapkan petugas lapangan bersikap tegas

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniKetua DPR RI Puan Maharani dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit tinjau Pelabuhan Bakauheni (IDN Times/Istimewa)

Arinal menyebut, pengendalian itu berupa peniadaan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi penumpang untuk semua moda transportasi, baik darat, laut, dan udara, termasuk perkeretapian dimulai dari 6-17 Mei 2021.

Menurutnya, dalam hal ini semua pihak harus bersikap tegas dan jangan sampai lengah, untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. "Tak bosan kita imbau, masyarakat jangan melakukan perjalanan mudik dan tetap berada di rumah saja," pungkas dia.

Arinal mengatakan, meski tak bisa melakukan aktivitas mudik Lebaran, masyarakat bisa memanfaatkan teknologi untuk berhubungan dengan keluarga di kampung. "Kita bisa via telephone atau videocall tanpa harus bertatap muka langsung," tandasnya.

4. Menkes waspadai pemudik asal Sumatera menuju Pulau Jawa

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta kepala daerah mewaspadai tingginya jumlah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Provinsi Sumatera. Terlebih, berdasarkan hasil identifikasi jumlah kasus varian baru COVID-19 terbanyak berada di Sumatera. 

"Kita mesti rajin, harus sering nge-test (COVID-19) dari Sumatera karena di sana sedang tinggi supaya kita jangan tertular," kata Menkes saat melakukan kunjungan bersama sejumlah menteri didampingi oleh Kapolri dan Panglima TNI.

Dia meminta petugas kepolisian dan instansi terkait untuk mengurangi pergerakan masyarakat yang masuk ke Banten terutama dari Sumatera. Masyarakat yang berasal dari Sumatera harus dilakukan test swab antigen untuk memastikan bebas dari COVID-19.

"Orang Sumatera masuk sini minimal diswab antigen supaya kita tahu pergerakan itu meningkatkan laju penularan terurama yang masuk dari Sumatera," katanya.

Dia menyampaikan, kendati Banten menjadi daerah lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan dari DKI Jakarta ke Sumatera, namun, dia menilai, pengetatan pergerakan masyarakat dinilai efektif. Pelabuhan Merak yang menjadi akses penyebranag Banten-Sumatera sepi pemudik. "Kurangi gerakan awasi terutama yang datang dari Sumatera," katanya.

5. Doni Monardo minta kepala daerah karantina pemudik

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta kepada seluruh kepala daerah untuk melakukan karantina terhadap warga nekat mudik. Tujuannya, mengantisipasi lonjakan penyebaran COVID-19 pasca lebaran.

"Bisa jadi mereka OTG kalau ini dibiarkan bisa menulari satu kampung dan terbukti di beberapa tempat sudah banyak kasus dan kita harus belajar dari daerah lain," kata Doni saat melalukan peninjauan ke Pelabuhan Merak, Banten.

Doni menegaskan, kebijakan larangan mudik ini merupakan keputusan terbaik dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Kendati mudik dilarang, masih ada sekitar 7 persen warga tetap melakukan mudik dengan cara bergegas pulang sebelum pelaksanaan larangan mudik hingga mengelabuhi petugas di pos penyekatan.

"Tugas kita setiap hari harus mengingatkan jangan ada pergerakan orang karena COVID-19 ini ditulari oleh manusia. Kita berpotensi saling menulari," katanya.

Dia meminta masyarakat untuk bersabar dan menahan diri sementara. Kebijakan ini diambil agar kasus COVID-19 di Indonesia tidak seperti di India yang hanya dalam dua minggu lonjakan kasusnya sangat tinggi, dan saat ini kasus kematian di India paling tinggi sedunia.

Hal itu terjadi setelah pemerintah India melakukan pelonggaran terhadap aktivitas publik, mulai dari kegiatan keagamaan, olahraga, hiburan, politik hingga acara adat yang menimbulkan kerumunan.

"Makanya kerja keras semua komponen untuk saling mengingatkan lebih baik kita lelah hari ini jangan sampai kemudian hari kita menyesal," kata Doni.

6. Ketua DPR RI hingga Kapolri apresiasi kinerja petugas Pos Check Poin Pelabuhan Bakauheni

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniKepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, AKP Ferdiansyah menyampaikan informasi kepada Ketua DPR RI, Kapolri, Panglima TNI, dan jajaran Menteri terkait kesiapan titik simpul moda transportasi di area Pelabuhan Bakauheni di tengah masa peniadaan mudik Lebaran 2021. (IDN Times/Istimewa).

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, AKP Ferdiansyah mengatakan, kunjungan Ketua DPR RI, Kapolri, Panglima TNI, dan jajaran Menteri, guna meninjau kesiapan titik simpul moda transportasi di area Pelabuhan Bakauheni di tengah masa peniadaan mudik Lebaran 2021.

"Beliau-beliau juga mengapresiasi atas sinergitas para petugas lapangan, yang berjaga di check poin Pelabuhan Bakauheni," imbuh Ferdi sapaan akrabnya.

Lanjutnya, usai mendapatkan paparan di ruangan ASDP Bakauheni dan meninjau Pos Check Poin, para petinggi negara tersebut langsung menaiki helikopter menuju Pelabuhan Merak. "Kurang lebih sama, untuk memastikan keadaan di Merak," ucapnya.

7. Hari keempat Ops Ketupat Krakatau putar balik 8 kendaraan

Ketua DPR hingga Kapolri Tinjau Penyekatan Mudik Pelabuhan BakauheniPersonel di pos pengamanan Pelabuhan Bakauheni memeriksa ketat kendaraan pribadi, Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Martin L Tobing).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, hari keempat, Minggu (9/5/2021) Operasi Ketupat Krakatau Tahun 2021, Polda Lampung dan jajaran telah memutarbalikan delapan kendaraan. Kendaraan itu tercatat hendak melewati pos penyekatan guna melakukan mudik lebaran.

Ia menambahkan, berdasarkan data dari Posko Operasi Ketupat Krakatau 2021 Polda Lampung pada hari keempat, volume kendaraan melintas Jalan Tol Trans Sumatera (Pos penyekatan exit tol Bakauheni Selatan) yang keluar dari pelabuhan Bakauheni sebanyak 1.188 kendaraan dan menuju pelabuhan Bakauheni sebanyak 1.064 kendaraan.

Sedangkan jumlah penumpang dan kendaraan bermotor yang menggunakan angkutan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni rinciannya, penumpang yang turun sebanyak 49 orang dan yang naik sebanyak sembilan orang.

Sementara itu, kendaraan pribadi yang turun sebanyak 286 kendaraan dan yang naik sebanyak 194 kendaraan. Sedangkan kendaraan angkutan barang dan kendaraan khusus yang turun sebanyak 1.228 kendaraan dan yang naik sebanyak 712 kendaraan.

Sedangkan data jumlah penumpang di Bandara Internasional Raden Inten II dan Stasiun Tanjungkarang, yang tiba dan yang berangkat nihil. Sementara jumlah kendaraan yang disertai dokumen perjalanan sebanyak 12 kendaraan dan jumlah kendaraan yang diputarbalik sebanyak delapan kendaraan.

“Kami terus mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik lebaran mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih sangat tinggi. Sosialisasi penerapan protokol kesehatan terus kami lakukan dan juga pembagian masker gratis kepada masyarakat," ujar Pandra. 

Baca Juga: Penasaran Tol Lampung dan Pelabuhan Bakauheni Imbas Mudik Dilarang?

Baca Juga: Suka Duka Dokter dan Polisi di Lampung, Tetap Bertugas Saat Idul Fitri

https://www.youtube.com/embed/FG_qgHsGHes

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya