Comscore Tracker

Heboh OTT Satlantas Polresta Bandar Lampung, Kapolresta Bilang Ini 

Kapolresta Kombes Pol Yan Budi Jaya angkat bicara

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Yan Budi Jaya angkat bicara terkait kabar operasi tangkap tangan (OTT) Div Propam Mabes Polri dan Bid Propam Polda Lampung di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung.

Yan Budi mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk penjabaran program Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi) Kapolri dan pihaknya mendukung upaya tersebut.

"Tidak ada OTT, itu hanya kegiatan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Mabes Polri dan Polda Lampung kepada seluruh pelayanan publik. Jadi tidak hanya di SIM, tapi juga SKCK, SPKT, dan seluruh pelayanan publik," ujarnya, Senin (31/5/2021).

Baca Juga: 50 Kali Beraksi Curanmor, Polresta Bandar Lampung Tangkap 5 Pelaku

1. Menampik adanya pungutan liar dan pengoperasian diluar jam kerja

Heboh OTT Satlantas Polresta Bandar Lampung, Kapolresta Bilang Ini Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Yan Budi Jaya (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Yan Budi menjelaskan, kegiatan tersebut turut dilakukan di seluruh Mako Polres Kepolisian Indonesia, tidak hanya di Polresta Kota Bandar Lampung.

Oleh karena itu, ia menampik adanya pungutan liar atau pungli kemasyarakat dan pengoperasian diluar jam kerja. Mengingat, pengawasan internal tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Karena fungsi pengawasan harus berjalan dan ini adalah salah satu bentuknya," ucap dia.

2. Masih menjalani proses pemeriksaan

Heboh OTT Satlantas Polresta Bandar Lampung, Kapolresta Bilang Ini Satlantas Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Yan Budi mengungkapkan, pihak-pihak diamankan Div Propam Mabes Polri dan Bid Propam Polda Lampung hingga kini masih menjalani proses pemeriksaan. Kendati demikian, ia belum dapat membeberkan terkait detail identitas, dugaan empat oknum bertugas di Satlantas Polresta Bandar Lampung tersebut.

Selain itu, ia juga mengatakan hingga kini belum mendapatkan laporan pasti atas dugaan kabar OTT terhadap satuannya.

"Jadi kita tunggu saja sama-sama, apakah memang ada pelanggaran. Maka berupa apa pelanggarannya, apakah karena pelayanan yang tidak memuaskan, atau ada konsumen yang tidak puas dengan pelayanan," kata dia.

3. Pelayanan publik berjalan normal

Heboh OTT Satlantas Polresta Bandar Lampung, Kapolresta Bilang Ini Satlantas Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Atas adanya kabar itu, Yan Budi memastikan, seluruh pelayan publik di Polresta Bandar Lampung, khususnya di Satlantas meliputi pembuatan dan perpanjangan SIM masih berjalan dengan normal.

"Kita juga pastikan mekanisme pembuatan SIM tidak melanggar prokes, tapi kalau pelayanan tetap. Itu seluruh pelayanan publik, tidak hanya di SIM tapi juga SKCK, kemudian SPKT," ucap dia.

Sementara itu, salah seorang pemohonan SIM, Andi Setiawan mengatakan, pelayanan pada hari ini berlangsung biasa-biasa saja dan aktifitas berjalan normal. "Ini saya baru mau perpanjang SIM A di sini, layanan normal hanya saja prokes sedikit ketat," tandas warga Kota Bandar Lampung tersebut.

Baca Juga: Propam Mabes Polri OTT 4 Satlantas Polresta Bandar Lampung, Terkait SIM

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya