Comscore Tracker

Cara Daftar Taruna Akpol 2022, Berapa Jumlah Kuota Lampung?

Salah satu tahapan seleksi menggunakan fitur Face Matching

Bandar Lampung, IDN Times - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) resmi membuka pendaftaran Taruna Akademi Kepolisian Tahun Anggaran 2022. Proses pendaftaran via online mulai 30 Maret hingga 8 April 2022.

Kepala Subbagian Penyedia Personel (Kasubbag Diapers) Polda Lampung, Kompol Sigiet Aji Vambayun, mengatakan pihaknya mengundang putra-putri terbaik Provinsi Lampung untuk mengikuti seleksi penerimaan Akpol 2022.

"Masyarakat berminat mendaftarkan diri bisa langsung mengakses penerimaan.polri.go.id, kemudian bisa langsung mengikuti petunjuk dan arahan yang tertera pada website," ujarnya mewakili Karo SDM Polda Lampung, Kombes Pol Endang Widowati, Jumat (1/4/2022)

1. Tahapan seleksi menggunakan sistem terbaru Face Matching

Cara Daftar Taruna Akpol 2022, Berapa Jumlah Kuota Lampung?Ilustrasi tes CAT (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sigiet menjelaskan, sistem online tersebut sudah dilakukan Polri untuk mempermudah proses pendaftaran. Para pendaftar hanya perlu mengunggah segala bentuk persyaratan yang ditentukan dan tinggal menunggu hasil verifikasi.

"Setelah mendapat hasil verifikasi kemudian yang bersangkutan tinggal mendatangi Polres di masing-masing daerah. Ini untuk pengecekan pemberkasan yang selanjutnya akan menerima nomor pendaftaran," terangnya.

Dirinya juga menyebut pendaftaran Akpol 2022 memiliki perbedaan dengan seleksi tahun sebelumnya, lantaran penambahan sistem Face Matching atau pengenalan wajah pada tiap tahapan seleksi.

"Peserta wajib mengunggah foto dirinya dan KTP lalu akan dicocokkan ulang oleh operator. Ini berguna mengantisipasi upaya joki," sambung dia.

Baca Juga: Pilu! 150 Warga Bandar Lampung Cuma Punya Dua Toilet, YSC Buka Donasi 

2. Kuota penerimaan Akpol 2022 untuk Provinsi Lampung hanya lima orang

Cara Daftar Taruna Akpol 2022, Berapa Jumlah Kuota Lampung?Kepala Subbagian Penyedia Personil (Kasubbag Diapers) Polda Lampung, Kompol Sigiet Aji Vambayun. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pada penerimaan Akpol tahun ini, kuota untuk Provinsi Lampung sebanyak lima orang. Sedangkan untuk kuota pusat total menerima 175 orang.

"Batas umur pendaftar Akpol maksimal 21 tahun. Pendaftar tahun lalu kurang lebih 400 orang dengan hasil penerimaan sama yaitu lima orang. Prediksi kami masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya namun jumlah pendaftar akan meningkat," katanya.

Sigit turut mengingatkan tiap calon pendaftar yang mengikuti proses seleksi penerimaan Akpol 2022, harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya mulai dari fisik hingga akademik.

"Pastikan pendaftar telah memenuhi semua persyaratan telah ditentukan, perhatikan setiap detail ketentuan telah ditetapkan," lanjut Sigiet.

Baca Juga: Warga Diizinkan Bukber tapi Ngobrol Dibatasi? Wali Kota Eva Bilang Ini

3. Tegaskan seluruh proses penerimaan gratis

Cara Daftar Taruna Akpol 2022, Berapa Jumlah Kuota Lampung?Instagram.com/titankurniawan

Sigiet turut menegaskan, instansi Polri selalu memperbaiki sistem dan terus berupaya menghindari upaya kecurangan saat proses rekrutmen anggota kepolisian. Maka dari itu, dirinya mengingat masyarakat agar tidak percaya kepada oknum yang memanfaatkan proses rekrutmen tersebut.

"Semua penerimaan kita pastikan gratis. Kita gunakan prinsip BETAH (Bersih Transparan, Akuntabel, dan Humanis). Jadi gratis mulai dari tahap pendaftaran sampai ke lembaga pendidikan," tandas alumni Akpol 2009 tersebut.

Baca Juga: Polisi Tangkap Penipu Spesialis Motor, Modus Pura-pura Petugas Leasing

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya