Begini Keseharian Erwin, Pelaku Pembunuh Satu Keluarga di Way Kanan

Pernah serobot harta waris milik saudara

Way Kanan, IDN Times - Pelaku pembunuhan satu anggota keluarga di Kampung Marga Jaya, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan Erwinda dikenal masyarakat sekitar memiliki kehidupan normal dan tak punya rekam medis gangguan kejiwaan.

Kepala Kampung Marga Jaya, Muhammad Yani mengatakan, peristiwa pembunuhan keji tersebut tak pernah terbesit dipikirannya. Mengingat, keluarga korban Zainudin memiliki hubungan baik dengan para warga kampung.

Nmun tak disangka justru punya sekelumit permasalahan dalam keluarga yaitu, ihwal pembagian harta warisan. Lebih-lebih pelaku sekaligus anak kedua Zainudin, Erwin juga dikenal berperangai baik dan ranah tapi pendiam tersebut aktif bersosial, dan acapkali mengikuti serangkaian kegiatan desa semisal gotong royong hingga ronda malam.

"Tidak ada (gangguan kejiwaan), kesehariannya (Erwin) juga biasa-biasa saja sering ikut gotong royong dan kegiatan desa. Tapi memang dia jarang terlibat kegiatan ibadah seperti pengajian atau solat jamaah di masjid. Orangnya waras tapi pendiam," ujarnya, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: Polisi Mulai Autopsi Satu Keluarga Korban Pembunuhan di Way Kanan

1. Korban Zainudin pernah curhat ke kepala kampung

Begini Keseharian Erwin, Pelaku Pembunuh Satu Keluarga di Way KananPotret kebersamaan kedua korban yaitu, Zainudin dan sang cucu usia 5 tahun inisal Z. (IDN Times/Istimewa)

Masih lekang dalam ingatan Yani, pernah suatu waktu Zainudin curhat kepada dirinya mengenai kisruh pembagian harta waris antar anaknya. Kala itu, korban bercerita Erwin ingin menguasai seluruh harta telah dibagikan kepada dua anak laki-laki lain turut menjadi korban yaitu, kakak kandung Wawan Wahyudi dan adik tiri Juwanda.

Diketahui, hasil pernikahan pertama Zainudin memiliki dua orang anak yakni, Wawan dan Erwin. Kemudian Zainudin menikahi Siti Romlah turut dikaruniai dua anak lainnya yaitu, Juwanda dan Muna.

"Pak Zainudin ini pernah cerita di masjid, 'bagaimana pak ya Erwin ini'. Maksudnya supaya sering beribadah, karena ceritanya pelaku punya watak beda sama anak-anak lainnya. Jadi dia itu mau kalau semua harta itu diserahkan semua ke dirinya," kata sang Kakam.

2. Pelaku pernah serobot harta kedua saudaranya

Begini Keseharian Erwin, Pelaku Pembunuh Satu Keluarga di Way KananKepala Kampung Marga Jaya, Muhammad Yani saat dimintai keterangan awak media. (IDN Times/Istimewa)

Semasa para korban masih hidup, Yani menceritakan, Erwin diketahui pernah menyerobot dan berupaya mengusai harta berupa bidang tanah telah diwariskan oleh Zainudin kepada kedua saudara laki-lakinya yaitu, Wawan dan Juwanda.

Namun beruntung, upaya tersebut berhasil diurungkan sang ayah. Mengingat, Wawan dan Juwanda sama-sama di tanah perantau di Sumatera Selatan serta Riau.

"Setahu saya selama tinggal di sini 20 tahun, Wawan ini berkeluarga di Sumsel dan Juwanda kerja di Riau. Kalau pelaku Erwin memang selama ini berdiam di sini, hari-harinya tani tapi ya kadang jarang juga ke ladang," kenang dia.

3. Warga Kampung Marga Jaya gelar doa bersama

Begini Keseharian Erwin, Pelaku Pembunuh Satu Keluarga di Way KananKuasai Harta Korban, 2 Pembunu Kubur Satu Keluarga dalam Septic Tank. (IDN Times/Istimewa)

Terkait peristiwa ini, Yani pun menambahkan, pihaknya bersama masyarakat kampung setempat turut menggelar doa bersama untuk kelima korban meninggal dunia.

"Iya, ada istigasah kita lakukan dan hari ini juga dalam Salat Jumat kita mendoakan untuk seluruh korban keluarga pak Zainudin," tandas Yani.

Baca Juga: Fakta Baru! Pelaku Pembunuhan Keluarga di Way Kanan Jual Tanah Korban

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya