Lahan Satu Hektare di Perumahan Elite Citraland Terbakar

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran

Bandar Lampung, IDN Times - Lahan kosong seluas kurang lebih satu hektare di Perumahan Citraland, Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandar Lampung habis terbakar, Minggu (3/9/2023).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan ketika dihubungi IDN Times.

“Benar, lahan kosong berupa alang-alang di Perumahan Citraland terbakar. Kami menerima laporan dari salah seorang warga sekitar pukul 18.50,” katanya, Minggu (3/9/2023).

Baca Juga: Lahan Kosong 30 Hektare Bandar Lampung Terbakar, Pemadaman 5 Jam

1. Kronologi kejadian

Lahan Satu Hektare di Perumahan Elite Citraland TerbakarKebakaran di Perumahan Citraland. (IDN Times/Istimewa)

Anthoni menjelaskan, begitu laporan diterima tim pemadam kebakaran langsung menuju lokasi untuk memadamkan api dan berhasil dipadamkan pada pukul 20.00 WIB.

“Alhamdulillah pemadaman sudah selesai tadi sekitar pukul 20. Untuk lahannya sendiri itu milik Citraland, jadi bukan milik perorangan atau warga perumahan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, kejadian ini tidak ada korban jiwa karena api berhasil padam sebelum merembet ke area pemukiman penduduk.

2. Penyebab masih penyelidikan

Lahan Satu Hektare di Perumahan Elite Citraland TerbakarKebakaran di Perumahan Citraland. (IDN Times/Istimewa)

Untuk penyebabnya Anthoni mengaku belum bisa memastikannya karena masih dalam penyelidikan kepolisian. Namun kecil kemungkinannya disebabkan oleh korsleting listrik.

“Saya rasa bukan korsleting listrik ya karena ini bukan pemukiman warga dan tidak ada sumber listrik di sana. Jadi penyebabnya masih lidik polisi,” katanya.

Anthoni pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap sumber listrik maupun sumber api khususnya dimusim kemarau seperti ini.

“Hati-hati buang puntung rokok karena musim kemarau daun ilalang itu kering, kandungan airnya sedikit jadi pasti mudah terbakar,” imbuhnya.

3. Pemadaman menghabiskan 3 tangki air

Lahan Satu Hektare di Perumahan Elite Citraland TerbakarKebakaran di Perumahan Citraland. (IDN Times/Istimewa)

Dalam pemadaman kali ini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung mengerahkan sebanyak 18 personel ke lapangan.

Sedangkan untuk unit mobilnya yakni tiga buah terdiri dari satu Unit Banteng 010 Mako Tandean, satu Unit Supply Pos Kecamatan Langkapura, dan satu Unit Supply Pos Kecamatan Telukbetung Selatan.

“Untuk proses pemadamannya tadi kita menghabiskan sekitar 3 tangki air,” ujarnya.

Baca Juga: Rumah di Bandar Lampung Dilalap Si Jago Merah, Kerugian Rp500 Juta!

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya