Career Day Itera Daring, 500 Peserta Dapat Tips Seputar Dunia Kerja

Diikuti perusahaan ternama Indonesia

Bandar Lampung, IDN Times – Sebanyak 500 peserta berpartisipasi kegiatan Career Day. Ajang itu digelar Institut Teknologi Sumatera (Itera) secara dalam jaringan (daring) 24-25 September 2020.

Kegiatan mengusung tema Be a Leader to a Future tersebut bertujuan menghubungkan alumni dengan dunia kerja. Career day melibatkan sebelas perusahaan ternama di antaranya, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), Rumah Sakit Advent Bandar Lampung, HOTOSM Indonesia, PT Indonesia Indicator, PT Inti Konten, Archilantis.com, PT. Telemedia Dinamika Sarana (Gasnet), Pajak.io, Bank Syariah Mandiri dan PT Sun Motor.

1. Peserta mendapat materi seputar persiapan bergabung pada perusahaan yang dituju

Career Day Itera Daring, 500 Peserta Dapat Tips Seputar Dunia KerjaInstitut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar Career Day secara dalam jaringan (daring) 24-25 September 2020. (IDN Times/Istimewa).

Kegiatan Career Day Itera ada beberapa kegiatan. Hari pertama ada career panel dan company session. Kegiatan career panel peserta mendapatkan materi seputar persiapan untuk bergabung dengan sebuah instansi, mulai dari menyusun daftar riwayat hidup (CV), hingga tips dan trik menghadapi tes wawancara. 

Sedangkan kegiatan company session, yaitu presentasi dari perusahaan-perusahaan yang terlibat mengenai dunia kerja, mekanisme rekrutmen, dan sedikit tips jika ingin bergabung pada perusahaan. Perusahaan yang memaparkan materi pada kegiatan company session di hari pertama adalah Pertamina Geothermal Energy, PT Indonesia Indicator, PT HOTSM dan Rumah Sakit Advent Bandar Lampung.

Materi yang disampaikan yaitu tentang kualifikasi masing-masing perusahaan, proses rekrutmen, cara mendaftar pekerjaan, dan proses interview. Sementara pada hari kedua dilakukan workshop dari berbagai perusahaan yang terlibat dan proses rekrutmen langsung yang dapat diikuti peserta.

2. Lulusan mempunyai daya saing di tingkat nasional dan internasional

Career Day Itera Daring, 500 Peserta Dapat Tips Seputar Dunia KerjaIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Wakil Rektor Bidang Non-Akademik Itera Prof Dr Sukrasno, M.S, menyampaikan, kegiatan career day sangat penting dan menjadi bagian dari tugas pokok dan fungsi kampus ini. Itu merujuk visi Itera menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing di tingkat nasional dan internasional.

“Career day menjadi ajang pembuktian bahwa Itera mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan siap memasuki dunia kerja. Tugas Itera belum berakhir pada tingkat output saja dengan menghasilkan lulusan, tetapi juga pada outcome, bagaimana lulusan-lulusan ITERA setelah lulus mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya, Jumat (25/9/2020).

3. Alumni Itera didorong menjadi SDM unggul

Career Day Itera Daring, 500 Peserta Dapat Tips Seputar Dunia KerjaInstitut Teknologi Sumatera (Itera). (IDN Times/Istimewa)

Prof Sukrasno mendorong agar para alumni selalu berusaha untuk menjadi SDM unggul, mandiri, dan berbudaya. Serta selalu berusaha menjadi pelopor, kemudian mandiri, bertanggung jawab secara profesional, dan berkarakter.

“Dengan persiapan tersebut alumni Itera akan mampu memenangkan persaingan di era global yang semakin kompetitif sekarang ini,” ujarnya.

Baca Juga: Keren, Dua Mahasiswa Itera Bikin Tempat Sampah Berbasis Internet

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya