Edukasi Masyarakat di YouTube, Dosen UBL Raih Silver Play Button

Empat tahun konsisten membuat konten edukasi di YouTube

Intinya Sih...

  • Kanal YouTube Dosen UBL meraih 101 ribu subcriber dan Silver Play Button, setelah 4 tahun konsisten membuat konten edukasi.
  • Pertemuan tatap muka di kampus ditiadakan akibat COVID-19, mendorong Robby untuk intens membuat materi kuliah dan mendapat respons positif dari penonton.
  • Robby mengerjakan semua proses pembuatan konten sendiri tanpa tim khusus, dengan riset kecil tentang permasalahan mahasiswa dan dosen untuk membantu memecahkan masalah mereka.

Bandar Lampung, IDN Times - Empat tahun konsisten membuat konten edukasi, kanal YouTube Dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) meraih 101 ribu subcriber dan mendapatkan Silver Play Button. Adalah Robby Yuli Endra, di sela-sela kesibukannya mengajar di kampus, menyempatkan diri memberikan edukasi melalui kanal YouTube menggunakan nama pribadinya.

Kanal YouTube dirintisnya ini membahas masalah skripsi mahasiswa, seputar cerita tentang dosen, tutorial bahasa pemograman dan lainnya. Empat tahun konsisten membuat konten edukasi, kanal YouTubenya meraih 101 ribu subcriber dan mendapatkan Silver Play Button.

Baca Juga: 9 Delegasi Mahasiswa UBL Borong Penghargaan Internasional di Rusia

1. Dampak pandemik semakin intens ngonten

Edukasi Masyarakat di YouTube, Dosen UBL Raih Silver Play Buttonilustrasi pria bekerja secara daring (freepik.com/Lifestylememory)

Roby menceritakan awal membuat kanal YouTube tersebut hanya untuk dokumentasi tentang tutorial, materi kampus dan seputar pendidikan. Kemudian, tahun 2020 bersamaan dengan COVID-19, pertemuan tatap muka di kampus ditiadakan, sehingga ia mulai intens untuk membuat materi kuliah.

"Karena dituntut juga buat materi perkuliahan, respons dari penonton juga mulai banyak, membuat saya jadi semangat untuk buat konten,” katanya, Rabu, (12/6/2024).

2. Mengerjakan konten tanpa bantuan tim

Edukasi Masyarakat di YouTube, Dosen UBL Raih Silver Play Buttonilustrasi konten kreator membuat postingan di sosial media (freepik.com/freepik)

Ditanya bagaimana proses pembuatan konten-kontennya, pria yang merupakan dosen di Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UBL ini mengaku mengerjakannya sendiri. Menurutnya, sebelum membuat konten ia melakukan riset kecil tentang permasalahan banyak dihadapi mahasiswa, sesama dosen dan seputar kehidupan kampus.

"Kemudian baru saya buatkan konten berupa tips dan trik, materi pembelajaran dan lain lain untuk membantu memecahkan permasalahan mereka. Saya gak nyiapin tim khusus untuk pembuatan konten. Semuanya sendiri, mulai dari cari materi, take video, editing sampe upload di kanal YouTube saya," terangnya.

3. Berharap kontennya menginspirasi dan memberikan motivasi

Edukasi Masyarakat di YouTube, Dosen UBL Raih Silver Play Buttonilustrasi konten kreator (pexels.com/pixabay)

Pria yang akrab dipanggil Robby ini merasa senang karena kontennya bisa memberikan manfaat dan mendapatkan apresiasi YouTube Creator Awards berupa Silver Play Button karena telah mencapai ambang batas subcriber tertentu.

“Alhamdulillah, kanal YouTube saya mendapatkan apresiasi dari YouTube yaitu Silver Play Button karena sudah mencapai 100 ribu lebih subcriber. Saya berharap kanal ini dapat menginspirasi dan memberikan motivasi bagi yang menonton untuk terus berlajar tanpa terbatas ruang dan waktu,” ujarnya.

Diketahui selain level Silver Play Button, YouTube memberikan apresiasi YouTube Creator Awards untuk kanal yang mencapai 1 juta subcriber yaitu Gold, kemudian Diamond untuk 10 juta subcriber dan Red Diamond untuk 100 juta subcriber.

Baca Juga: Cerita Dosen UBL Lolos Beasiswa Kemah Relawan Muda Internasional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya