Comscore Tracker

Lima Aktris Indonesia Aktif Kegiatan Sosial, Jadi Role Model Milenial

Peduli pendidikan anak-anak di Indonesia

Bandar Lampung, IDN Times - Indonesia memiliki deretan aktris ternama tak hanya berprestasi di bidang entertainment saja tapi juga aktif melakukan kegiatan sosial. Tak ayal mereka semakin diidolakan penggemar dan dijadikan role model.

Sebut saja, Cinta Laura, Maudya Ayunda, Agnez Monica, Gita Gutawa dan Dian Sastro Wardoyo memiliki prestasi sebagai aktris, di bidang akademik dan sosial. Selain sibuk berperan sebagai publik figur, deretan artis kenamaan itu tak melupakan pendidikan untuk diri sendiri serta mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut IDN Times rangkum kiprah para artis gemar melakukan kegiatan sosial, mengedukasi dan membantu masyarakat kelas bawah.

1. Cinta Laura

Lima Aktris Indonesia Aktif Kegiatan Sosial, Jadi Role Model MilenialInstagram.com/claurakiehl

Popularitas Cinta Laura kini semakin naik dan diidolakan para milenial. Bukan hanya karena kepiawaiannya di bidang industri hiburan saja tapi kepedulianya pada isu sosial menjadi daya tarik tersendiri artis ini. Artis ini sangat vokal menyuarakan isu sensitif dan memiliki jiwa sosial tinggi.

Peraih dua gelar sarjana predikat Cum Laude itu aktif membahas tentang lingkungan, pemberdayaan perempuan, pendidikan dan perlindungan anak hingga kasus bulying dan pelecehan seksual kerap terjadi di Indonesia. Tak hanya berkampanye lewat media sosial, Cinta Laura juga terjun langsung saat melakukan kampanye terkait isu-isu tersebut.

Kini Cinta bahkan dipilih oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjadi Duta Anti Kekerasan Terhadap perempuan dan anak. Ia juga mendirikan sebuah sekolah gratis bernama Pangerasan Education Center berada di Kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor. Sekolah tersebut sebagai wadah anak-anak di sana dilatih ketrampilan menjahit, bertani dan lainnya.

2. Gita Gutawa

Lima Aktris Indonesia Aktif Kegiatan Sosial, Jadi Role Model Milenialinstagram.com/gitagut

Kehadiran Gita Gutawa di acara televisi memang sudah jarang ditemui. Namun namanya tetap familiar dan pesonanya tak pernah padam.

Penyanyi dengan popularitas tinggi ini tak hanya memiliki suara merdu tapi juga memiliki jiwa sosial tinggi lho. Alumni University of Birmingham ini konsen pada kesejahteraan anak-anak seperti menggalang donasi buku untuk anak-anak serta menyediakan platform musik untuk anak Indonesia supaya terus berekspresi, berkreasi dan menginspirasi.

Kini Gita Gutawa bersama sang Ayah Erwin Gutawa berkolaborasi dengan Unicef melalui konser Di Atas Rata-Rata. Menurut Gita, masih ada 4,3 juta anak Indonesia tida sekolah karena alasan ekonomi, dinikahkan atau alasan lainnya. Sehingga ia mengajak masyarakat untuk berdonasi dan membantu anak-anak Indonesia memiliki masa depan lebih baik.

Baca Juga: 11 Potret Ulang Bulan Anak Artis, Foto Perayaannya Gemas-Gemas!

3. Maudya Ayunda

Lima Aktris Indonesia Aktif Kegiatan Sosial, Jadi Role Model MilenialMaudy Ayunda sebagai jubir pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia (Dok. Youtube/ Sekretariat Presiden)

Siapa tak kenal dengan aktris kenamaan satu ini. Popularitas Maudya Ayunda hampir tak pernah redup dan kerap menjadi perbincangan netizen karena prestas-prestasinya membanggakan. Alumni Oxford dan Stanford University itu aktif mengampanyekan tentang pentingnya pendidikan.

Pada 2019, Maudy mendirikan Maudy Ayunda Foundation sebagai wadah berdiskusi anak-anak muda usia 17-8 tahun tentang pilihan pendidikan di masa mendatang. Perempuan kelahiran 1994 itu juga kerap digandeng perusahaan atau pemerintah untuk mengampanyekan tentang pendidikan, lingkungan bahkan menjadi juru bicara pemerintah pada acara G20 Indonesia.

 

4. Dian Sastro Wardoyo

Lima Aktris Indonesia Aktif Kegiatan Sosial, Jadi Role Model MilenialPotret Dian Sastro saat berkebaya. Instagram.com/therealdisastr

Jiwa aktivis Dian Sastro sudah tak diragukan lagi. Selain sukses berkiprah di dunia akting, Dian Sastro juga mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo dan memberikan beasiswa pendidikan lewat yayasan tersebut. Tak hanya itu, yayasan nonprofit itu juga memiliki program pemberdayaan perempuan dan pelestarian budaya Indonesia.

Di media sosial dan berbagai platform digital lain, Dian Sastro aktif mengampanyekan tentang pentingnya pendidikan dan sangat vokal mengajak masyarakat melestarikan budaya Indonesia seperti berkebaya bagi perempuan.

5. Agnez Monica

Lima Aktris Indonesia Aktif Kegiatan Sosial, Jadi Role Model MilenialInstagram.com/agnezmo

Aktris lain juga memiliki program sosial untuk pendidikan adalah Agnez Monica. Melalui yayasan AG Peduli, Agnez Mo membantu anak-anak mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Tak hanya bidang pendidikan, AG Peduli juga aktif membantu korban bencana alam dan membuka klinik vaksin COVID-19 bagi masyarakat.

Sejak kecil, Agnes memang sudah aktif melakukan kegiatan sosial bersama keluarganya sehingga jiwa sosial itu semakin kuat hingga kini. Alumni OSU Amerika Serikat itu juga kerap membicarakan isu pemberdayaan perempuan dan menginspirasi para perempuan di luar sana untuk menjadi mandiri dan memiliki power.

Sangat menginspirasi ya kegiatan sosial para artis di atas. Mereka memiliki jiwa sosial tinggi dan kerap mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Siapa role model kamu? 

Baca Juga: 5 Artis Merasa Kecewa dengan Drama Dibintangi, padahal Pemeran Utama

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya