Comscore Tracker

Mengenal Marvel Cinematic Universe Versi K-Pop

SM Culture Universe diusung SM Entertainment

SM Entertaiment kerap berinovasi melalui berbagai program hiburan. Contohnya saja, beberapa waktu lalu sukses merilis Beyond LIVE platform konser online berbayar pertama di dunia.

Bahkan, SM Entertainment juga memiliki proyek bertajuk SM Culture Universe (SMCU). Projek itu notabene terinspirasi dari rumah produk Marvel Cinematic Universe.

Melalui SMCU artis-artis SM Entertainment memang diproyeksikan bakal memiliki comeback-comeback saling terhubung satu sama lain. Untuk lebih lengkapnya, berikut informasi seputarSMCU

1. Keterkaitan comeback artis-artis SM Entertainment

Mengenal Marvel Cinematic Universe Versi K-Poplogo aespa di MV SuperM 'One' (dok.SMTOWN/SuperM ‘One' MV)

Mengikuti format Marvel Cinematic Universe, SMCU menghubungkan comeback-comeback dari artis-artis di bawah naungan SM Entertainment. Keterkaitan comeback artis-artis SM Entertainment sejatinya telah dipertanyakan para fans sejak lama dan akhirnya terjawab dengan kehadiran SMCU ini. 

SM Culture Universe merupakan proyek alternative universe berpusat pada dunia hiburan di masa depan. Satu contoh projek itu adalah debut girl group æspa.

Baca Juga: Soundtrack Film Thor: Love and Thunder, Bertabur Musik Legenda

2. Girl group melewati batas dunia nyata dan dunia virtual

Mengenal Marvel Cinematic Universe Versi K-Popmember nyata dan member virtual aespa (twitter.com/aespa_official)

æspa menjadi girl group konsep baru dan inovatif memulai perjalanan SMCU 2022 lalu.  Konsepnya adalah, grup vokal ini terdiri dari 8 member.

Dari total member itu, 4 member nyata dan 4 member virtual. æspa menjadi artis melampaui batasan antar dunia nyata dan dunia virtual. Mulai dari MV, lirik hingga performance akan berpusat SMCU.

3. Member virtual

Mengenal Marvel Cinematic Universe Versi K-Popmember virtual aespa (dok.SMTOWN/aespa 에스파 'Next Level' MV)

Konsep member virtual di K-Pop bukanlah hal yang baru lagi, mulai dari Girls Generation yang bekerja sama untuk promosi game MMORPG Blade & Soul 2013, hingga K/DA, grup K-Pop virtual pertama beranggotakan karakter-karakter dalam game League of Legends.

Dalam SMCU, para avatar disebut dengan æ merupakan alter ego dari masing-masing member nyata æspa. Para member virtual tinggal disuatu dunia digital bernama FLAT dan dihubungkan langsung dengan para member nyata oleh sistem bernama NÆVIS.

4. Storytelling menggabungkan berbagai media

https://www.youtube.com/embed/vbH4Lk5wYWg

Tak lama setelah perilisan teaser misterius untuk comeback aespa "Next Level", SM Entertainment untuk pertama kalinya mempersembahkan "aespa 에스파 'ep1. Black Mamba' - SM Culture Universe".

Episode pertama dari kisah SMCU persembahan SM Entertainment ini disampaikan dengan berbagai media storytelling yang dirangkum dalam, CAWMAN; Cartoon, Animation, Webtoon, Motion Graphic, Avatar, Novel.

5. Key Characters SMCU

https://www.youtube.com/embed/6uhFi64RQQw

Tak hanya diisi oleh para artis SM Entertainment, SMCU juga memiliki seorang main villain atau tokoh antagonisnya sendiri. Black Mamba nama yang sama dengan judul single debut aespa merupakan sebuah kesatuan jahat mencoba memisahkan aespa dan para avatar.

Selain itu, karakter bernama NÆVIS juga sudah beberapa kali muncul dalam vidio-vidio aespa. NÆVIS diperkenalkan sebagai sistem AI yang menghubungkan FLAT dan dunia nyata.

Itulah sedikit informasi mengenai SM Culture Universe. Mari kita sama-sama menunggu kelanjutan cerita SMCU persembahan SM Entertainment ke depannya.

Baca Juga: 10 Film Action Dibintangi Superhero Marvel dan DC, Dinanti Penggemar!

Syaf One Photo Community Writer Syaf One

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya