Comscore Tracker

10 Film Franchise DC Pendapatan Fantastis, Gak Kalah dari Marvel

pendapatan film-film dari DCEU tergolong fantastis

Dalam satu dekade terakhir, film-film pendapatan tertinggi selalu diisi oleh film bergenre superhero. Hal ini tentu saja tak lepas dari Marvel dan franchise MCU yang sudah ada sejak 2008 lalu. Tak mau kalah dari Marvel, DC juga membuat franchise film mereka sendiri yakni DCEU atau DC Extended Universe.

Secara pendapatan, memang DCEU masih kalah jika dibandingkan dengan MCU. Namun, pendapatan film-film dari DCEU tergolong fantastis. Bahkan ada beberapa film mereka yang masuk dalam jajaran film terlaris saat perilisannya. Berikut adalah 10 film DCEU pendapatan fantastis.

1. Aquaman - 1,14 miliar dolar USD

https://www.youtube.com/embed/WDkg3h8PCVU

Kita mengenal DC identik dua karakter hero yakni Batman dan Superman, namun malah Aquaman yang menjadi film terlaris mereka. Aquaman menjadi satu-satunya film DCEU mampu meraih pendapatan hingga miliaran dolar atau lebih tepatnya 1,14 miliar dolar atau setara dengan Rp17 triliun.

Ini adalah prestasi yang sangat luar biasa mengingat Aquaman mendapat ejekan dari fans komik DC karena memiliki kekuatan konyol, terlihat konyol, dan menunggang kuda laut. Mengubah karakter menjadi peselancar yang keren, maskulin dan berjanggut adalah keputusan terbaik pernah dibuat Warner Bros.

Tidak hanya itu, pemilihan Jason Mamoa sebagai Aquaman dan James Wan sebagai sutradara sebagai salah satu kunci keberhasilan film ini.

2. Batman V Superman: Dawn Of Justice - 873,6 Juta USD

https://www.youtube.com/embed/0WWzgGyAH6Y

873,6 juta dolar atau senilai Rp12,9 triliun adalah angka sangat besar. Namun jumlah itu tergolong rendah untuk film menampilkan karakter ikonik dari komik DC.

Hype untuk Batman v Superman: Dawn of Justice dibangun lebih dari satu dekade sebelumnya, karena terdapat poster Batman dan Superman di film I Am Legend yang dibintangi Will Smith.

Jadi dengan siklus hype sepuluh tahun, jika ada film DCEU yang pasti akan mencapai 1 miliar dolar, maka Batman v Superman: Dawn of Justice sudah melewatkan kesempatan emas tersebut.

Mungkin jika dua karakter ini benar-benar berhadapan satu sama lain selama lebih dari sepuluh menit, itu akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai 1 miliar dolar.

Baca Juga: Spider-Man versi Seram Layak Tampil di Film Marvel? Ini Alasannya

3. Wonder Woman - 822,8 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/1Q8fG0TtVAY

Film Wonder Woman rilis 2017 lalu mendapatkan pujian dan ulasan positif dari kritikus dan penggemar komik DC. Berkat hal itulah film dibintangi oleh Gal Gadot dan Chris Pine mendapatkan keuntungan yang tinggi, film ini berpenghasilan 822,8 juta dolar atau senilai Rp12,2 triliun.

Saat karakter Prince Diana diperkenalkan di film DCEU sebelumnya, karakter tersebut menjadi hype di kalangan pecinta komik DC. Film solonya merupakan drama perang yang epik, salah satu film yang dibuat dengan baik dalam genre superhero hingga saat ini.

4. Suicide Squad - 746,8 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/CmRih_VtVAs

Suicide Squad adalah salah satu film paling menarik dalam satu dekade terakhir. Film ini adalah salah satu rilis paling kritis bahkan dibenci penggemar, komik DC. Tetapi entah bagaimana masih berhasil meraup pendapatan fantastis. Film ini mendapatkan keuntungan mencapai 746,8 juta dolar atau sekitar Rp11,1 triliun.

Suicide Squad menjadi film arahan David Ayer dengan pendapatan tertinggi. Film ini menjadi sangat laku karena strategi pemasarannya. Serta penggemar juga ingin menyaksikan penggambaran karakter Joker yang diperankan oleh Jared Leto.

5. Man of Steel - 668 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/T6DJcgm3wNY

Man of Steel merupakan film perdana dalam franchise DCEU. Tak seperti film-film Superman sebelumnya, film ini lebih terkesan dark, cukup berisiko mengingat karakter Superman yang ramah bagi penonton.

Secara pendapatan, film ini sedikit mengecawakan karena hanya mampu meraih pendapatan senilai 668 juta dolar setara Rp9,9 triliun. Angka ini sangat mengecewakan mengingat Superman adalah karakter ikonik dan terkenal di dunia.

Baca Juga: 7 Film Superhero Lokal Curi Perhatian, Gak Kalah dengan Marvel dan DC

6. Justice League - 657,9 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/3cxixDgHUYw

Dengan pendapatan mencapai 657,9 juta dolar atau setara Rp9,7 triliun, banyak menganggap Justice League adalah film yang sukses. Namun, anggaran produksinya meningkat sebesar 300 juta dolar atau senilai Rp4,4 triliun yang berarti bahwa film ini adalah salah satu yang flop dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk film tim-up yang mencakup Batman, Superman, Wonder Woman, dan Aquaman, semuanya memiliki film solo yang meraup lebih banyak keuntungan, Warner Bros pasti mengharapkan film ini juga meraih kesuksesan yang sama. Pengembangan, produksi, perilisan, dan penerimaan film tersebut benar-benar mengecewakan.

7. Shazam! - 366 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/go6GEIrcvFY

Pendapatan 366 juta dolar atau senilai Rp5,4 triliun bukan sebuah hal yang fantastis untuk film genre superhero. Itu karena film superhero lainnya memiliki target miliaran dolar. Tetapi untuk pahlawan super sama sekali tidak dikenal, Shazam adalah sukses besar bagi Warner Bros.

Dalam film ini, Warner Bros dan DC mengambil pendekatan baru dalam film bergenre superhero. Shazam! terinspirasi oleh film keluarga tahun 80-an dan mengambil beberapa refensi dari karakter lain di DCEU.

Shazam! adalah film DCEU terbaik, dan dengan Black Adam (Dwayne Johnson) menjadi anti-hero dalam sekuelnya, Shazam! Fury of the Gods yang akan tayang pada akhir tahun 2022.

8. Birds Of Prey - 205,3 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/kGM4uYZzfu0

Birds of Prey adalah salah satu film DCEU yang gagal karena pendapatannya tak bisa menutupi biaya produksinya. Film ini memiliki anggaran 100 juta dolar atau senilai Rp1,4 triliun dan hanya meraup keuntungan 205,3 juta dolar Rp3 triliun.

Birds of Prey gagal menjadi film box office karena saat perilisannya, dunia tengah dilanda pandemik menyebabkan banyak bioskop tak beroperasi.

9. Wonder Woman 1984 - 169,6 Juta Dolar USD

https://www.youtube.com/embed/sfM7_JLk-84

Kegagalan Wonder Woman 1984 adalah hasil dari dirilisnya film ini saat pandemik tengah melanda di seluruh dunia. Film ini hanya mampu meraih pendapatan 169,6 juta dolar atau senilai Rp2,5 triliun, padahal biaya produksinya mencapai 200 juta dolar atau hampir Rp3 triliun.

Warner Bros melakukan sebuah langkah besar untuk film ini. Saat rilis di bioskop, film ini pada hari yang sama juga tayang di HBO Max. Dengan tujuan bahwa film ini mampu meraih pemasukan dari platform streaming, yang bahkan bisa lebih menguntungkan daripada pendapatan dari bioskop.

10. The Suicide Squad - 168,6 Juta Dolar

https://www.youtube.com/embed/eg5ciqQzmK0

The Suicide Squad merupakan salah satu film terbaik DCEU, namun jadi film DCEU dengan pemasukan terendah. Film ini hanya menghasilkan 168,6 juta dolar atau senilai Rp2,5 triliun. Film ini seharusnya menghasilkan pendapatan lebih dari itu, jika bioskop beroperasi secara normal.

Film ini mendapat pujian kritis, tetapi film sekuel ini memiliki premis dan tujuan yang sangat berbeda dengan film Suicide Squad. Judulnya tidak diragukan lagi membingungkan banyak orang, karena beberapa orang mungkin percaya itu adalah film yang sama yang rilis pada 2016 lalu.

Adanya beberapa film DCEU yang akan rilis dalam beberapa tahun mendatang, DC dan Warner Bros bekerja keras untuk menyamai Marvel dan MCU. Menurut kamu, mampukah DCEU menyamai kesuksesan MCU?

Baca Juga: 10 Film Action Dibintangi Superhero Marvel dan DC, Dinanti Penggemar!

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya