PWNU Lampung akan Gelar Mukerwil, Money Politic Jadi Perhatian Serius

Kegiatan bakal diikuti 150 peserta

Bandar Lampung, IDN Times - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung akan menyelenggarakan Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil), 29-30 Oktober 2022 mendatang. Gelaran Mukerwil untuk mempersiapkan Konferensi Wilayah (Konferwil) di Provinsi Lampung.

Ketua Panitia Pengarah Mukerwil, Prof Alamsyah mengatakan, pelaksanaan tersebut merupakan rangkaian persiapan bakal berakhirnya masa kepengurusan PWNU masa khidmah 2018-2023. Oleh karenanya, untuk memperkuat Konferwil, maka perlu diadakannya Mukerwil terlebih dahulu.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka Mukerwil-lah yang menjadi dasar pijakan pelaksanaan konferwil mendatang,” ujarnya, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Dana Suap Rektor Unila Bangun Gedung Nahdiyin? PWNU: Inisatif Pribadi

1. Salah satu pembahasan kaitan money politic

PWNU Lampung akan Gelar Mukerwil, Money Politic Jadi Perhatian SeriusIlustrasi Money Politic, IDN Times/ istimewa

Prof Alamsyah melanjutkan, panitia telah melaksanakan dan mempersiapkan berbagai hal, seperti materi yang akan dibahas pada Mukerwil mendatang. Itu di antaranya menyiapkan aturan untuk menghindari money politic agar terciptanya Konferwil aman, bebas, dan bermartabat.

"Panitia juga akan mencari hasil bahtsul masail (forum pembahasan masalah-masalah belum ada dalil, atau belum ketemu solusi) mengenai hal tersebut,” ucapnya.

Maka dari itu, Prof Alamsyah meminta agar semua lembaga ataupun badan otonom juga mempersiapkan laporan kerja sejak awal kepengurusan. "Laporan itu penting sebagai bahan laporan pertanggungjawaban PWNU masa khidmah 2018-2023," sambung dia.

2. Perlu adanya penandatanganan pakta integritas

PWNU Lampung akan Gelar Mukerwil, Money Politic Jadi Perhatian SeriusIlustrasi tandatangan perjanjian (pixabay.com/Andreas Breitling)

Wakil Ketua PWNU Lampung, Khaidir Bujung menambahkan, langkah untuk menghindari money politic, maka perlu adanya pakta integritas baik dilakukan oleh calon ketua maupun peserta. Isinya, tentu siap untuk tidak menerima uang pemberian dari tiap calon Ketua PWNU mendatang.

"Setelah itu nanti disesuaikan dengan tata tertib, peraturan perkumpulan NU, dan AD/ART (Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga) terbaru," kata dia.

3. Munkerwil diikuti 150 peserta

PWNU Lampung akan Gelar Mukerwil, Money Politic Jadi Perhatian SeriusProf Wan Jamaluddin terpilih sebagai Pejabat (Pj) Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Terkait teknisi pelaksanaan Mukerwil, Ketua Panitia Pelaksana Mukerwil, Teguh Wibowo menyebutkan, pelaksanaan Mukerwil tahun ini rencananya akan diikuti oleh sekitar 150 peserta. Itu mulai dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), PWNU, lembaga, Banom, dan lain-lainnya.

Nantinya kegiatan akan dibuka pada siang menjelang sore di 29 Oktober 2022, dan bakal ditutup siang hari 30 Oktober 2022.

“Mukerwil akan diisi oleh beberapa sidang komisi, dan juga narasumber dari PBNU. Tentu kita semua berharap kesuksesan acara ini," tandas dia.

Baca Juga: Sah! Prof Wan Jamaluddin Jabat Pj Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya