Comscore Tracker

Ops Patuh Krakatau 2022, Kapolda: Lampung Harus Bersih dari Geng Motor

Lampung harus bebas geng motor

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno menginstruksikan jajaran kepolisian daerah Lampung menindak tegas para pelaku balap liar. Tujuannya, menciptakan kondisi lalu lintas aman dan nyaman.

Instruksi ditekankan Kapolda saat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2022 Polda Lampung, dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas jelang Hari Bhayangkara 2022 pada masa pandemik COVID-19, Senin (13/6/2022).

"Kami sudah memetakan lokasi jam dan waktunya. Saya imbau mari kita berdisiplin berlalulintas, sudah bukan waktunya lagi balap liar atau melakukan kegiatan tidak bermanfaat, akan saya tindak tegas," ujarnya.

Baca Juga: Polda Kerahkan 207 Personel Gabungan Amankan WSL Krui Pro 2022

1. Provinsi Lampung harus bersih dari geng motor

Ops Patuh Krakatau 2022, Kapolda: Lampung Harus Bersih dari Geng MotorApel pasukan Operasi Patuh Krakatau 2022 di Mapolda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut Hendro menjelaskan, Direktorat Samapta Bhayangkara (Ditsabhara) beserta jajaran 14 Polres di kabupaten/kota Provinsi Lampung rutin berpatroli, khususnya pada malam Minggu untuk mencegah hingga menindak tegas para pelaku balap liar di wilayah hukum Polda Lampung.

Dalam kegiatan apel pasukan Operasi Patuh Krakatau 2022 berlangsung selama 14 atau tepatnya 13 - 26 Juni 2022 tersebut, Kapolda menegaskan Provinsi Lampung harus bebas dari geng motor dapat mengancam keselamatan dan ketertiban kehidupan bermasyarakat.

"Saya tidak mau ada geng motor. Mau itu pelajar atau masyarakat umum biasa, saya tidak melihat status yang saya lihat perilakunya. Jangan coba-coba ada geng motor di Lampung. Pasti saya tindak tegas. Masyarakat harus aman," tegasnya.

2. Polisi akan merangkul para pecinta otomotif

Ops Patuh Krakatau 2022, Kapolda: Lampung Harus Bersih dari Geng MotorApel pasukan Operasi Patuh Krakatau 2022 di Mapolda Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebagai upaya persuasif, Kapolda Lampung melalui Direktorat Lalu Lintas dalam waktu dekat akan mengumpulkan sejumlah kelompok pecinta otomotif, untuk sama-sama mengajak menciptakan tertib berlalulintas di lingkungan masyarakat.

"Kalaupun sekadar berkumpul sebagai pencinta otomotif, maka harus menciptakan keselamatan. Ini akan kita apelkan untuk deklarasi keselamatan lalu lintas di tengah masyarakat," kata Hendro.

3. Sebanyak 246 personel dan tim gabung siap mengamankan Operasi Patuh Krakatau 2022

Ops Patuh Krakatau 2022, Kapolda: Lampung Harus Bersih dari Geng MotorMapolda Lampung berada di Jl. Terusan Ryacudu, Kelurahan Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam pelaksanaan operasi ini, Hendro mengungkapkan, Polda Lampung akan mengerahkan sebanyak 246 personel kepolisian. Mereka juga akan didukung anggota TNI hingga stakeholder terkait seperti petugas Dinas Perhubungan hingga Satpol PP.

Terkait penerapan di lapangan, Kapolda meminta semua pihak tidak hanya melakukan penindakan, melainkan juga mengedukasi dan mendisiplinkan berlalulintas kepada masyarakat.

"Sebagai pedoman dalam bertindak, harus sesuai dengan etika, humanis dan simpatik. Selain itu, utamakan keselamatan diri dan masyarakat, hindari kontra dan jaga citra penegakan undang-undang berlaku," tandas dia.

Baca Juga: 347 Pelaku Kejahatan Ditangkap Personel Polda Lampung dan Polres

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya