Menakar Arah Dukungan Relawan Jokowi di Lampung, Prabowo atau Ganjar?

Baru ada 5 relawan Jokowi di Lampung dukung Ganjar Pranowo

Bandar Lampung, IDN Times - Relawan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, DPD Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Provinsi Lampung menegaskan belum menentukan arah pilihan dukungan terhadap bakal calon presiden (Bacapres) pada Pemilu 2024.

Ketua DPD Jaman Provinsi Lampung, Abu Hasan mengatakan, pernyataan sikap itu masih menunggu arahan hingga komando langsung Presiden Jokowi. Itu sekalipun DPP Jaman telah menentukan dukungan terhadap bacapres usungan PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

"Kerangka programatiknya belum ketemu, semua lagi proses penjajakan. Jadi memang dukungan (DPP) masih secara moral. Tapi secara organisasinya kita masih menawarkan platform dengan pak Ganjar, sembari juga nunggu arahan pak Jokowi," ujarnya kepada IDN Times, Sabtu (29/7/2023).

1. Gabungan 13 kelompok relawan Jokowi suarakan dukungan terhadap Prabowo-Erick

Menakar Arah Dukungan Relawan Jokowi di Lampung, Prabowo atau Ganjar?google

Dikatakan Abu Hasan, berkaca pada hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia XI di Provinsi Lampung telah digelar pada Desember 2022 lalu. Itu melibatkan sebanyak 13 gabungan kelompok relawan Jokowi di antaranya DPD Jaman Lampung, DPW Seknas Jokowi Lampung, dan DPD Bara JP, dan Relawan Buruh Sahabat Jokowi (DPD RBSJ Lampung).

Termasuk DPD Projo Lampung, DPD We Love Jokowi (WLJ) Lampung, DPD Sekber Jokowi Lampung, dan lain-lain. Hasilnya, bulat menentukan sikap dan arah dukungan terhadap pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2024, Prabowo Subianto-Erick Thohir.

"Ini jadi tolak ukur untuk laporan kita dengan pak presiden, hasil secara faktanya sudah terlihat. Itu juga bisa mempengaruhi secara independen teman-teman di Lampung, sebab Musra bisa jadi tolak ukur," jelasnya.

Baca Juga: Ngeri! 4 Ribu Hektare Hutan dan Lahan di Lampung Terbakar

2. Peluang politik terhadap dukungan relawan masih terbuka lebar

Menakar Arah Dukungan Relawan Jokowi di Lampung, Prabowo atau Ganjar?Musyawarah Relawan Jokowi Lampung (IDN Times/Istimewa)

Abu Hasan melanjutkan, sikap hasil Musra tersebut dikatakan masih sebatas laporan terhadap sang presiden. Sementara penentuan arah dukungan merupakan mutlak harga mati sesuai komando dan instruksi Jokowi, hingga peluang-peluang politik bagi relawan di Provinsi Lampung masih amat terbuka lebar.

Apalagi, dari nama muncul sebagai bakal capres yakni, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto masih belum menentukan pasangan alias cawapres dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

"Peluang politik masih terbuka lebar dan semuanya seusai arah serta komando bapak Presiden Jokowi," imbuhnya.

3. Lima kelompok relawan Jokowi di Lampung disebut komit dukung Ganjar Pranowo

Menakar Arah Dukungan Relawan Jokowi di Lampung, Prabowo atau Ganjar?Sekretaris DPD PDI P Lampung Sutono. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Sekertaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Sutono mengatakan, sedikitnya ada sekitar 5 kelompok relawan Presiden Jokowi di Lampung sudah berkomitmen menyatakan sikap mendukung pemenang Ganjar Pranowo.

"Saya sampaikan ucapan terima kasih. Mari kita berjuang sesuai dengan segmennya seperti segmen perempuan, keagamaan, pemuda, petani. Jadi segmen-segmen dari relawan ini harus menyabar dan merata di Lampung," paparnya.

Oleh karena itu, ia pun optimistis relawan Presiden Jokowi di Lampung cukup solid memperjuangkan Ganjar Pranowo, termasuk PDI Perjuangan. "Solid, paling tidak yang sudah berkoordinasi dengan kami (DPD PDI Perjuangan Lampung)," tambah dia.

4. Fenomena relawan Jokowi-Gibran berpaling ke Prabowo ditegaskan tak terjadi di Lampung

Menakar Arah Dukungan Relawan Jokowi di Lampung, Prabowo atau Ganjar?Relawan Gibran & Jokowi di Jateng berkumpul di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ihwal fenomena relawan Jokowi hingga Gibran Rakabuming Raka di sejumlah daerah telah mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto, Sutono memastikan situasi serupa tidak terjadi di Provinsi Lampung.

"Kalau di Lampung clear, karena memang sesungguhnya yang sedikit kurang atau belum yakin, nanti pada saatnya akan yakin. Terutama posisi kalau sudah pak Ganjar dengan siapa (Cawapres)," kata dia.

Terlebih, PDI Perjuangan di Lampung telah menyiapkan dan memerintahkan petugas partai untuk berkomunikasi menyerap aspirasi para kelompok relawan. "Ini sudah saya mintakan urusannya langsung ke partai," tandas Sutono.

Baca Juga: Ajudan Diduga Intimidasi Wartawan, Bupati Lamsel: Gak Ada Pengancaman

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya