Mahfud MD Janji Hapus Utang Petani dan Nelayan Rp688 Miliar

Pemutihan utang ditanggulangi dari penanganan korupsi

Intinya Sih...

  • Mahfud MD berjanji akan menghapus utang petani dan nelayan senilai Rp688 miliar jika memenangi Pilpres 2024.
  • Dalam 21 program unggulan, Mahfud menyatakan bahwa nominal kredit macet petani dan nelayan tersebut masih memungkinkan untuk dihapuskan.
  • Kebijakan pemutihan utang ini diyakini dapat terlaksana dengan penanggulangan tindak pidana korupsi yang dapat menghasilkan dana lebih besar.

Pesawaran, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03, Mahfud MD menyebut kredit macet atau utang masyarakat tani dan nelayan di Tanah Air menyentuh Rp688 miliar. Paslon Ganjar-Mahfud berjanji akan menghapus utang tersebut, bila kelak memenangi kontestasi Pilpres 2024.

Komitmen menghapus utang itu disampaikan Mahfud MD saat kampanye sekaligus menyapa masyarakat tani di lapangan Desa Kutoarjo, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Kamis (24/1/2024).

"Saya akan menepati janji dalam 21 program unggulan. Para petani, para nelayan sekarang punya kredit macet pada pemerintah akan dihapuskan. Catat ini semua para petani dan nelayan," serunya dari atas panggung kampanye.

Baca Juga: Sambangi Kerajaan Sekala Brak, Mahfud MD Diberi Gelar Adat Lampung

1. Jumlah kredit macet petani dan nelayan Rp688 miliar

Mahfud MD Janji Hapus Utang Petani dan Nelayan Rp688 MiliarKampanye Cawapres 03, Mahfud MD di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (25/1/2024). (IDN Times/Istimewa).

Dalam 21 program unggulan tersebut, Mahfud mengatakan, pihaknya telah menghitung nominal kredit para petani dan nelayan saat ini macet alias nunggak. Jumlah utang itu mencapai Rp688 miliar.

Menurutnya, nilai kredit macet menyentuh Rp688 miliar ini tidak terlalu besar, hingga masih sangat memungkinkan dilakukan kebijakan pemutihan alias penghapusan.

"Saya bilang kalau cuma segitu kita putihkan secepatnya, agar pelantikan pemerintah baru nanti, petani diberi bisa modal lagi untuk berusaha. Kemudian dibina terus agar tidak macet," jelasnya.

2. Utang ditanggulangi dari penanganan korupsi

Mahfud MD Janji Hapus Utang Petani dan Nelayan Rp688 MiliarKampanye Cawapres 03, Mahfud MD di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (25/1/2024). (IDN Times/Istimewa).

Diyakini Mahfud, kebijakan pemutihan utang masyarakat petani dan nelayan ini dapat terlaksana dengan memaksimalkan upaya penanggulangan tindak pidana korupsi.

Pasalnya, utang Rp688 miliar tersebut masih tergolong kecil dibandingkan nominal uang korupsi di Indonesia disebut jumlahnya mencapai triliunan Rupiah.

"Utang macet ini nanti kita putihkan, dari mana uangnya? 688 miliar itu kecil, karena korupsi kita itu triliunan jumlahnya," kata dia.

3. Beri contoh permisalan kasus korupsi Rp34 triliun

Mahfud MD Janji Hapus Utang Petani dan Nelayan Rp688 MiliarKampanye Cawapres 03, Mahfud MD di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (25/1/2024). (IDN Times/Istimewa).

Sebagai percontohan, Mahfud mengungkapkan, dalam satu setengah tahun kebelakang, diketahui terdapat satu kasus korupsi telah merampas kekayaan negara senilai Rp34 triliun.

"Kalau saya ambil 688 miliar rupiah ini, dari situ, sudah bisa menutupi utang tersebut," tandas Menkopolhukam.

Baca Juga: Tiba di Lampung, Mahfud MD Bakal Diberi Gelar Kepaksian Sekala Brak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya