Kabar Gembira! Seleksi Paskibraka 2022 Bagi Pelajar Lampung Dimulai

Seleksi diikuti 90 perserta

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung membuka seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi dan nasional 2022. Kegiatan itu akan berlangsung selama 3 hari tepatnya 11- 13 Mei 2022 dan diikuti 90 peserta terbagi menjadi 47 putra dan 43 putri.

Asisten I bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung, Minhairin mengatakan, seleksi ini akan diikuti 33 orang terbagi 18 putra dan 17 putri bakal diproyeksikan sebagai petugas Paskibraka di Provinsi Lampung, serta 2 orang putra dan putri sebagai utusan Provinsi Lampung menjadi Paskibraka Nasional.

"Seleksi ini meliputi tes tertulis, wawancara, Peraturan Baris Berbaris (PBB), kesamaptaan, serta tes kesehatan," ujarnya, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Dua Minggu PTM 100 Persen Bandar Lampung Lancar, Ekskul Boleh Digelar

1. Para calon peserta seleksi harus memberikan sumbangsih

Kabar Gembira! Seleksi Paskibraka 2022 Bagi Pelajar Lampung DimulaiPeserta seleksi Paskibraka Tingkat Daerah dan Nasional 2022 di Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Mewakili Gubernur Lampung, Minhairin menyampaikan, para pemuda dan pemudi ini diharapkan memberi sumbangsih nyata dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara bagi Provinsi Lampung.

Menurutnya, pemuda sebagai sumber insani pembangunan dan potensi bangsa harus berpartisipasi dan memberi sumbangsih nyata dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara yang salah satu perwujudannya adalah Paskibraka.

"Paskibraka merupakan salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa, serta merupakan cara efektif dalam membangun dan mengembangkan jiwa dan semangat nasionalisme serta patriotisme pemuda," kata dia.

2. Paskibraka dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air

Kabar Gembira! Seleksi Paskibraka 2022 Bagi Pelajar Lampung DimulaiPeserta seleksi Paskibraka Tingkat Daerah dan Nasional 2022 di Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Minhairin juga menyebut, Paskibraka sejatinya mampu mendidik dan melatih pemuda untuk berdisiplin, menumbuhkan cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta menegakkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Maka dari itu, ia berpesan kepada seluruh peserta seleksi calon Paskibraka harus maksimal dan bersungguh-sungguh untuk mengikuti tiap tahapan seleksi tersebut.

"Seleksi ini harus diikuti dengan sebaik-baiknyanya, tunjukanlah jati diri seorang pelajar, orang yang berpendidikan, bersainglah secara sehat dan apabila belum terpilih baik di kabupaten maupun provinsi jangan kecewa dan jangan patah semangat," imbuh Minhairin.

3. Para pengawas harus melaksanakan proses seleksi dengan baik

Kabar Gembira! Seleksi Paskibraka 2022 Bagi Pelajar Lampung DimulaiPeserta seleksi Paskibraka Tingkat Daerah dan Nasional 2022 di Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Dalam proses pelaksanaannya, Pejabat Eslon II tersebut juga menekankan kepada semua pihak baik dispora kabupaten/kota, purna paskibraka, hingga pendamping, untuk dapat bekerjasama dengan cara tidak melakukan interversi dan memberikan kepercayaan kepada tim seleksi ada.

Termasuk dalam menjalankan proses seleksi baik dan benar. "Peserta seleksi calon Paskibraka ini merupakan pemuda pemudi terbaik generasi penerus bangsa, apabila nanti belum terpilih sebagai Paskibraka, masih dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” tandas Minhairin.

Baca Juga: AJI Bandar Lampung Diskusi Serangan Digital Dialami Masyarakat Sipil

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya