ITERA Siapkan 440 Unit Komputer Tes SKD CASN Lampung

Peserta hasil tes Antigen positif disediakan ruang khusus

Bandar Lampung, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA), salah satu lokasi langganan tes Calon Aparatur Sipil Negera (CASN) Pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan langkah persiapan. Terbaru, pihak kampus memastikan kesiapan 400 unit komputer utama dan 40 unit komputer cadangan, guna kelancaran tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CASN 2021, Selasa, (14/9/2021) mendatang.

Ketua Panitia Pelaksanaan Tes CASN di ITERA, Msy Lies Andriani mengatakan, komputer-komputer tersebut memiliki kualifikasi di atas standar ditetapkan pihak BKN. Itu seluruhnya dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 3 Itera dan tersebar di tujuh ruangan.

"Selain komputer, kita juga sudah memastikan kestabilan jaringan internet dan jaringan listrik di lokasi tes ini," ujar Msy, Minggu (12/9/2021).

Baca Juga: Jadwal Tes SKD CASN Bandar Lampung, Positif COVID-19 Bisa Ikut Tes? 

1. Kesiapan komputer dan internet sudah 100 persen

ITERA Siapkan 440 Unit Komputer Tes SKD CASN LampungLokasi tes CASN 2021 Provinsi Lampung di Itera (IDN Times/Istimewa)

Msy melanjutkan, persiapan perangkat tes berupa unit komputer dan pemasangan jaringan internet bisa dikatakan telah rampung 100 persen.

Selain itu, masing-masing unit komputer juga telah dilengkapi dengan fitur web camera (webcam) sesuai anjuran pihak BKN.

"Kita pastikan seluruhnya sudah siap, sekarang tinggal persiapan teknis pelaksanaan pada hari H saja pada Selasa mendatang,” imbuh Msy.

2. Lokasi tes berlakukan prokes ketat

ITERA Siapkan 440 Unit Komputer Tes SKD CASN Lampunghttps://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5357557/pakai-masker-rangkap-biar-lebih-aman-dari-covid-19-begini-aturannya

Msy menyampaikan, pelaksanaan tes CASN di Itera akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 secara ketat. Menurut dia, panitia juga sudah mempersiapkan pengaturan seluruh ruangan dengan penerapan prokes COVID-19.

Seperti halnya mengatur jarak kursi antar peserta, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan setelah tes, serta mengatur alur akses masuk dan keluar gedung peserta tes.

"Kita juga sudah sediakan ruangan khusus, ini bagi peserta didapati memiliki suhu di atas 37 derajat celcius dan ruang medis. Lalu peserta dengan hasil Antigen positif, turut disediakan lokasi tes khusus di luar area," ucapnya.

3. Menampung peserta tes dari berbagai kabupaten/kota di Lampung

ITERA Siapkan 440 Unit Komputer Tes SKD CASN LampungLokasi tes CASN 2021 Provinsi Lampung di Itera (IDN Times/Istimewa)

Langkah terakhir, juga menyiagakan petugas keamanan internal dan berkoordinasi bersama Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) ITERA, yang sudah mengawal ketat program zero tolerance COVID-19 di lingkungan kampus.

Sesuai kesepakatan, Msy pun menjelaskan setiap pemerintah daerah meliputi provinsi ataupun kabupaten/kota tengah melaksanakan tes SKD. Itu wajib menyediakan tenaga dokter dan perawat, mengingat bakal menampung peserta tes dari lingkungan pemprov dan 13 kabupaten/kota lainnya.

"Tentu tak boleh ketinggalan, kita juga meminta pihak penyelengara menyiapkan ambulans darurat dari masing-masing pemerintah daerah setempat," tandas dia.

Baca Juga: Lokasi Tes CASN 2021 Lampung 14 September-28 Oktober

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya