HK: Kendaraan Melintas Tol Sumatera Diprediksi Naik 24 Persen

Siagakan ribuan petugas dan deretan rest area

Bandar Lampung, IDN Times - Hutama Karya memprediksi lonjakan arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) meningkat 24 persen pada periode arus mudik maupun arus balik sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, proyeksi kenaikan jumlah mobilitas di ruas setempat akan menjadi 1.230.000 unit kendaraan dari semula 990.000 unit pada kondisi normal.

"Prediksi lonjakan lalu lintas di JTTS akan meningkat hingga 24 persen, dengan puncak arus mudik akan dimulai pada H-2 perayaan Natal yaitu tanggal 23 Desember 2023, lalu puncak arus balik diperkirakan dimulai pada 30 Desember 2023," ujarnya, Senin (4/12/2023).

Baca Juga: Sambut Nataru 2024, Bandara Radin Inten II Sediakan 3.080 Slot Time

1. Siagakan ribuan petugas hingga deretan rest area

HK: Kendaraan Melintas Tol Sumatera Diprediksi Naik 24 PersenPotret kesiapan JTTS menjelang Nataru 2023/2024. (DOK. Hutama Karya).

Seiring prediksi lonjakan tersebut, Tjahjo menyampaikan, Hutama Karya telah menyiapkan berbagai strategi antimacet sebagai upaya penyediaan sisi pelayanan bagi para pengguna jalan tol. Misalnya, menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan untuk mempercepat transaksi, serta penerapan sistem holding di rest area di Tol Terpeka dan Permai bila lonjakan semakin padat

Kemudian pihaknya pengelola juga menyiagakan 2.576 personel dan 289 unit armada siaga, hingga optimalisasi rest area terdiri dari 9 rest area permanen di tol Terpeka dengan kapasitas daya tampung 1.352 kendaraan, 6 rest area sementara di tol Permai dan 2 di tol Indralaya - Prabumulih dengan kapasitas daya tampung masing-masing 345 kendaraan.

"Ada juga 8 rest area fungsional di antaranya 2 di Tol Palembang - Indralaya dengan kapasitas 60 kendaraan, 2 di tol Pekanbaru – Bangkinang dengan daya tampung 226 kendaraan, 2 di tol Indrapura - Kisaran dengan kapasitas 390 kendaraan, dan 2 di tol Binjai - Langsa dengan kapasitas 60 kendaraan," terangnya.

2. Rest area tersedia tempat makan sampai ruang laktasi dan ladies parking

HK: Kendaraan Melintas Tol Sumatera Diprediksi Naik 24 PersenPotret kesiapan JTTS menjelang Nataru 2023/2024. (DOK. Hutama Karya).

Tjahjo melanjutkan, penyediaan rest area permanen maupun fungsional didukung dengan fasilitas lengkap seperti tempat makan dengan tenant beragam, toilet bersih, layanan bengkel, hingga terjaminnya penyediaan semua jenis BBM dengan berkolaborasi bersama PT Pertamina.

Selanjutnya untuk rest area sementara juga telah dilengkapi dengan SPBU modular dan khusus di rest area Tol Terpeka KM 234 Jalur A sudah dilengkapi dengan ruang laktasi dan ladies parking.

"Di sana (rest area Tol Terpeka KM 234 Jalur A) pengguna jalan tol, utamanya ibu menyusui tidak perlu khawatir karena sudah ada tempat yang dikhususkan,” ujarnya.

3. Imbau pengguna jalan tol patuhi tata tertib berkendara

HK: Kendaraan Melintas Tol Sumatera Diprediksi Naik 24 PersenPotret kesiapan JTTS menjelang Nataru 2023/2024. (DOK. Hutama Karya).

Dalam pelaksanaan perjalanan pada momen arus libur Nataru 2023/2024 nanti, Tjahjo mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan berlaku di jalan tol.

"Berkendara dengan kecepatan minimum 80 Km/jam dan maksimum 100 Km/jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat," tandasnya.

Baca Juga: Nataru 2024, Pelabuhan Bakauheni Terapkan Radius Area Pembelian Tiket

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya