Bolos Sekolah, Pelajar SMP di Lampung Tengah Nekat Bobol Ruko Warga

Korban merugi Rp2,7 juta

Intinya Sih...

  • Pelajar SMP nekat membobol ruko dan merampok barang dagangan warga, merugikan korban Ali Furrohman sebesar Rp2,7 juta.
  • Pelaku ditangkap oleh Tim Tekab 308 Presisi Polsek Seputih Banyak saat sedang mengendarai sepeda motor dengan membawa barang curian senilai Rp2,7 juta.
  • Peristiwa pembobolan terjadi saat pemilik ruko tidak ada di tempat, pelaku masuk melalui kamar mandi dan berhasil menggasak uang tunai serta barang dagangan lainnya.

Lampung Tengah, IDN Times - Seorang pelajar SMP asal Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah nekat membobol ruko dan menjarah sejumlah barang dagangan warga hingga merugi jutaan rupiah.

Pelaku inisal R (14) berbekal tas sekolah menyatroni ruko milik korban Ali Furrohman di Kampung Sido Binangun, Kecamatan Way Seputih, Lampung Tengah, Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 08.30 WIB.

"Iya, pelaku R sempat kabur membawa barang dagangan senilai 2,7 juta rupiah dalam tas. Tim Tekab 308 Presisi Polsek Seputih Banyak sudah berhasil meringkusnya di jalan raya," ujar Kapolsek Seputih Banyak, Iptu Chandra Dinata saat dimintai keterangan, Jumat (5/1/2023). 

Baca Juga: Pemprov Lampung Beri Dana Bagi Hasil Rp1,2 Triliun ke Kabupaten/Kota

1. Ditangkap bersamaan barang bukti rokok hingga uang tunai

Bolos Sekolah, Pelajar SMP di Lampung Tengah Nekat Bobol Ruko WargaPenampakan barang bukti pencurian tersangka R. (Dok. Polres Lampung Tengah).

Chandra mengatakan, penangkapan terhadap R berdasarkan laporan korban Ali Furrohman. Tersangka ditangkap sedang dalam perjalanan dari Kampung Sido Binangun mengendarai sepeda motor.

"Saat ditangkap, pelajar ini memenuhi tas sekolah yang dibawanya dengan aneka dagangan hasil curian seperti rokok, voucher kuota, dan uang tunai," ucapnya.

2. Bolos sekolah bobol ruko korban

Bolos Sekolah, Pelajar SMP di Lampung Tengah Nekat Bobol Ruko Wargailustrasi siswa SMA (unsplash.com/Ed Us)

Dari hasil pemeriksaan tersangka, Chandra menjelaskan, peristiwa pembobolan itu terjadi saat ruko dalam keadaan tutup dan pemiliknya tidak berada di tempat. Saat itu, pelaku bolos sekolah menyambangi ruko korban.

Kemudian pelaku masuk melalui kamar mandi dalam ruko, dengan memanjat tembok dibantu tumpuan kursi. Setibanya di dalam, R langsung menggasak uang tunai berada di laci lemari kamar korban Rp800 ribu.

"Kemudian pelaku mengambil 3 lusin rokok berbagai merek, dan pelaku juga mengambil 184,5 GB voucher paket data berbagai operator," ungkapnya.

3. Total kerugian korban Rp2,7 juta

Bolos Sekolah, Pelajar SMP di Lampung Tengah Nekat Bobol Ruko WargaIlustrasi borgol. (pexels.com/Kindel Media)

Chandra melanjutkan, pelaku R kabur kembali melalui tembok kamar mandi belakang, tempat sama saat ia masuk. Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp2,7 juta dan dilaporkan ke Polsek Seputih Banyak.

Di hari sama, pascamenerima laporan dari korban, polisi berhasil mengamankan pelaku saat sedang dalam perjalanan mengendarai sepeda motor," ujarnya.

"Pelaku berikut barang bukti telah diamankan di Mapolsek Seputih Banyak guna pengembangan lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana," tandas kapolsek.

Baca Juga: Nyambi Jual Sabu, Sekretaris Lurah di Bandar Lampung Diciduk Polisi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya