Comscore Tracker

BNN Catat 31.811 Orang di Lampung Pakai Narkoba

Catatan penggunaan meningkat di 2021

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung membeberkan angka penyalahgunaan narkotika di wilayah setempat sebesar 0,90 persen atau 31.811 orang. Catatan itu merupakan hasil survei BNN 2019 berdasarkan masyarakat pernah pakai narkoba dan sekali pakai narkoba dalam satu tahun.

Kepala BNNP Lampung, Brigjen Pol Edi Swasono mengatakan, data tersebut secara nasional terjadi kenaikan angka prevalensi yang sebelumnya 1,80 persen menjadi 1,95 persen dan kenaikan umumnya terjadi di daerah perkotaan dan penurunan di perdesaan.

"Kondisi tersebut memperlihatkan kepada kita, bahwa semakin banyak saudara kita yang terpapar narkoba. Salah satu core bisnis atau fungsi utama BNN Provinsi Lampung adalah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat atau publik berupa rehabilitasi bagi pecandu dan penyalahgunaan," ujarnya, dalam acara Deklarasi Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan BNNP Lampung, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: BNNP Tangkap 2 Kurir Sabu Jaringan Lintas Provinsi Sumsel-Lampung

1. BNNP Lampung bertekad wujudkan perilaku aparat bersih

BNN Catat 31.811 Orang di Lampung Pakai NarkobaBadan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung membeberkan angka penyalahgunaan narkotika di wilayah setempat sebesar 0,90 persen atau 31.811 orang. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut sebagai salah satu instansi pemerintah, Edi menjelaskan BNNP Lampung dituntut untuk dapat melaksanakan pelayanan publik dengan baik, cepat, dan efisien. Menurutnya, dengan birokrasi terhindar dari perilaku korupsi, kolusi, dan nepotisme, maka akan bertekad mewujudkan perilaku aparat yang bersih.

Oleh karena itu, melalui Deklarasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK WBBM, maka BNNP Lampung berkomitmen memperbaiki di segala lini.

"Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya memiliki komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi," imbuh Edi.

2. Zona Integritas akan meliputi 6 area perubahan

BNN Catat 31.811 Orang di Lampung Pakai Narkobagoogle

Edi mengungkapkan, pembangunan Zona Integritas di BNNP Lampung nantinya akan meliputi 6 area perubahan seperti manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

"Pembangunan Zona Integritas tidak dapat dilakukan oleh sebagian pihak dalam instansi, namun membutuhkan kerjasama dan komitmen dari seluruh jajaran di dalam sebuah instansi," kata jenderal bintang satu tersebut.

3. Terus upayakan pelayanan terbaik kepada masyarakat

BNN Catat 31.811 Orang di Lampung Pakai NarkobaBadan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung membeberkan angka penyalahgunaan narkotika di wilayah setempat sebesar 0,90 persen atau 31.811 orang. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Melalui Zona Integritas ini, Edi turut menyampaikan wujud komitmen seluruh jajaran BNNP Lampung untuk dapat memberikan pelayanan terbaik baik masyarakat Provinsi Lampung.

Selain itu, bersama dengan adanya Zona Integritas ini akan menjadikan budaya pelayanan prima dan perilaku anti korupsi sebagai tujuan utama dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di lingkungan BNNP Lampung.

"Semoga upaya ini senantiasa kita lakukan dapat menjadi kontribusi berharga bagi negara, sehingga masyarakat dapat sejahtera dan hidup sehat tanpa narkoba," tandas mantan Kepala BNN Provinsi Kalimantan Tengah tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] BNNP Lampung Tangkap Pengedar dan Barang Bukti Sabu 4 Kg

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya