Biar Gak Kena Macet, Cek Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Hari Ini

Puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni Minggu (3/1/2021)

Bandar Lampung, IDN Times - Puncak arus balik dari Provinsi Lampung menuju Pulau Jawa menggunakan jalur laut terjadi pada hari ini, Minggu, (3/1/2021).

Untuk menghadapi lonjakan kendaraan yang masuk PT ASDP Bakauheni menyediakan berbagai fasilitas penunjang agar padatnya antrean kendaraan bisa dikendalikan.

1. Jumlah kendaraan yang masuk ke pelabuhan dari Bakauheni dan dari Merak Banten

Biar Gak Kena Macet, Cek Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Hari IniIDN Times/Auriga Agustina

Data kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni pada 2 Januari 2020 kemarin untuk kendaraan roda dua berjumlah 2.913 unit dan roda empat mencapai 10.898 unit. Sedangkan untuk jumlah penumpangnya mencapai 46.483 penumpang.

Untuk penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak Banten, jumlahnya di bawah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni yaitu 26.003 orang. Begitu pun dengan kendaraan yang masuk dari Merak untuk roda dua berjumlah 934 unit dan roda empat berjumlah 5.486 unit.

Baca Juga: Pemudik Tak Patuhi Prokes di Rest Area Tol Lampung Siap-siap Swab Test

2. ASDP siapkan fasilitas penunjang

Biar Gak Kena Macet, Cek Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Hari IniANTARA FOTO/Ardiansyah

Mengantisipasi terjadinya lonjakan arus balik, PT ASDP sudah menyiapkan tujuh dermaga untuk melayani penyeberangan. Terdapat enam dermaga penyeberangan reguler, dan satu dermaga eksekutif.

Humas PT ASDP Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap, menjelaskan, sekali menyeberang jumlah kendaraan mencapai 1.500 kendaraan. Dengan rincian, di kapal eksekutif berjumlah 300 kendaraam dan kapal reguler berjumlah 1200 kendaraan.

Ia menambahkan, selain itu sebanyak 31 kapal sudah disiagakan untuk melayani penyebrangan. Kemudian, terdapat tambahan tujuh unit loket penyeberangan, dan membuka kantong parkir baru.

Untuk daya tampung parkir kendaraan di area pelabuhan pada tiap-tiap dermaga dan kantong parkir yang dipersiapkan mampu menampung 10 ribu lebih kendaraan," ujar Saiful sapaan akrabnya.

3. Manajemen penjualan tiket online sebagai langkah mencegah kemacetan

Biar Gak Kena Macet, Cek Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Hari IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Berdasarkan data kendaraan yang belum kembali ke Pulau Jawa untuk roda empat mencapai 11.965 unit. Sebagai upaya mencegah terjadinya kemacetan panjang maka penumpang melakukan pembelian tiket secara online. Kemudian pengecekan tiket penyeberangan pada pintu masuk pelabuhan yang diberlakukan J-2 penyeberangan kapal.

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik, mengutarakan, pihaknya siap bertugas membantu kelancaran pergerakan arus lalu lintas yang berada di luar pelabuhan Bakauheni.

Menurutnya sekira pukul 08.00 WIB pagi ini ini, arus lalu lintas dari exit tol Bakauheni menuju dermaga eksekutif terpantau normal lancar. "Di dermaga reguler juga sama terpantau normal lancar. Begitu pun yang dari Merak menuju Bakauheni juga terpantau lancar," jelasnya.

4. Volume kendaran di Jalan Tol Sumatera meningkat

Biar Gak Kena Macet, Cek Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Hari IniIDN Times/Istimewa

Menurut catatan PT Hutama Karya (Persero) volume kendaraan saat ini sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat, ada 4.338 unit kendaraan keluar wilayah Lampung melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan hingga Sabtu malam.

Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga hari ini yang merupakan puncak arus balik pada libur tahun baru 2021 Minggu hari ini.

Baca Juga: Andika Kangen Band Positif COVID-19, Dirawat di RS Bandar Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya