Comscore Tracker

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan O

Kamu udah tahu belum?

Bandar Lampung, IDN Times - Lampung memiliki ragam bahasa yang cukup luas. Seperti masyarakat Lampung Pepadun bahasa tuturnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan bahasa tutur Lampung Sai Batin atau Pesisir.

Jika kamu mendengar percakapan orang Lampung lebih dominan menggunakan huruf A artinya kamu sedang mendengarkan bahasa Lampung suku Sai Batin atau Pesisir. Biasanya dikenal dengan bahasa Lampung dialek A.

Sedangkan untuk Lampung Pepadun kata yang digunakan lebih dominan menggunakan huruf O. Sebab itu dikenal dengan bahasa Lampung dialek O.

Tapi persamaan dalam dua bahasa tersebut adalah tidak menggunakan huruf "R". Atau pelafalannya dibaca samar diganti dengan huruf "GH".

Berikut IDN Times rangkum perbedaan bahasa sehari-hari yang digunakan masyarakat Lampung dialek A dan dialek O

1. Perbedaan dasar dalam bahasa Lampung dialek A dan O bisa kamu lihat dari kata "apa". Dalam bahasa Lampung dialek A adalah "api. Sedangkan dalam dialek O adalah "nyow"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OPinclipart

2. Jika kamu penasaran orang tersebut mau pergi kemana, dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa mengatakan "haga mit dipa". Sedangkan dalam dialek O adalah "ago dikedow"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OPinterest

Baca Juga: Yuk Mengenal 15 Bahasa Gaul Anak Muda Lampung dan Artinya 

3. Ingin menanyakan kabar? dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa menggunakan "api kabagh?". Sedangkan dalam dialek O adalah "nyow kabagh"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OIlustrasi hangout (IDN Times/Sukma Shakti)

4. Nah, untuk menanyakan aktivitas seseorang dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa bertanya dengan mengatakan "api guai?". Sedangkan jika ingin menggunakan dialek O, kamu bisa mengatakan "lagi nyow"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan ORumahpaud.com

5. Jika ingin memanggil seseorang dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa mengatakan"mit dija". Sedangkan dalam dialek O "adok jow"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OIlustrasi tari adat Lampung (Kartunku)

Baca Juga: Tips Mudah Belajar Bahasa Lampung, Langsung dari Gawaimu

6. Dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa menawarkan bantuan kepada seseorang dengan kata "uat si dapok dibantu"?. Sedangkan jika menggunakan dialek O bisa mengatakan "wat sai dapok di tulung?"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan Ogoogle

7. Untuk kamu yang ingin memuji sebuah benda yang bagus sekali dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa mengatakan "helau nihan". Sedangkan dalam dialek O kamu bisa menggunakan kata "wawai temen".

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OPexels.com/Ketut Subiyanto

8. Kalau mau menanyakan asal seseorang dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa mengatakan "asal ne Jak dipa/ipa?". Sedangka dalam bahasa Lampung dialek O adalah "jak kedow asal mew"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan ONuwo sesat adat Lampung (dekoruma)

9. Permintaan maaf dalam bahasa Lampung dialek A/O tidak ada perbedaan. Jadi jika kamu ingin minta maaf bisa mengakan "Mahap atau Ngilu Mahap"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OPexels.com/Sora Shimazaki

10. Jika kamu ingin meminta seseorang untuk menunggu sebentar lagi dalam bahasa Lampung dialek A kamu bisa mengatakan "sekhebok/dekhebok. Kemudian dalam dialek O kamu bisa mengatakan "sebeghai"

10 Perbedaan Bahasa Lampung Sehari-hari Dialek A dan OPexels.com/Serkan Göktay

Baca Juga: Unila Buka Prodi Baru S1 Bahasa Lampung, Kuota Mahasiswa 70 Orang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya