Pemkot Sudah Bidik Pajak Hotel Grand Mercure, Pasang 4 Tapping Box

Grand Mercure Lampung rencananya launching November 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Gedung tertinggi di Lampung Grand Mercure rencananya akan launching November 2023 ini. Mengetahui hal tersebut, Pemerintah Kota Bandar Lampung rupanya telah menargetkan akan memasang sebanyak 4 tapping box sebagai alat pengawas pajak usaha di sana.

Hal ini disampaikan Kepala Sub Bidang Pajak Reklame dan Hiburan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Bandar Lampung, Arief Natapraja, Minggu (12/11/2023).

“Ya, kita memang sudah merencanakan untuk melakukan pengawasan pajak di sana. Salah satunya adalah dengan memasang 4 buah tapping box sebagai alat pengawas wajib pajak usaha di sana,” katanya.

1. Potensi pajak Hotel Grand Mercure mencapai Rp700 Juta

Pemkot Sudah Bidik Pajak Hotel Grand Mercure, Pasang 4 Tapping BoxGrand Mercure Lampung. (Instagram/grandmercurelpg)

Tak tanggung-tanggung, Arief menyebutkan Grand Marcure Lampung ini memiliki potensi pajak lebih dari Rp700 juta per bulan sebagai pemasukan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandar Lampung.

“Setiap tempat usaha itu pasti ada potensi pajaknya. Begitupun dengan Hotel Grand Mercure ini yang setelah kita perkirakan, potensinya bisa mencapai Rp700 juta,” tuturnya.

Nilai pajak itu bakal menjadi salah satu pemasukan pajak hotel terbesar di Bandar Lampung karena melebihi nilai pajak Novotel Lampung yang hanya Rp500 juta per bulan.

"Perkiraan Rp700 juta itu hanya untuk hotelnya saja ya. Itu belum termasuk dengan pajak lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Pilwakot Bandar Lampung 2024, Pemkot  Gelontor Rp80 Miliar!

2. Tapping box masing-masing akan dipasang untuk pajak restoran, hotel, hiburan, dan parkir

Pemkot Sudah Bidik Pajak Hotel Grand Mercure, Pasang 4 Tapping BoxGrand Mercure Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain hotel, Arief mengatakan sumber pajak Grand Mercure ada pada restoran, hiburan dan parkir. Sehingga keempat unit tapping box akan dipasang di masing-masing sektor usaha Grand Mercure tersebut.

“Tadi kan ada empat unit yang mau di pasang ya, itu untuk pajak hotel, pajak restoran atau PB1 yang 10 persen itu, pajak hiburan, dan parkir,” jelasnya.

Meski belum beroperasi, Arief mengatakan pihaknya telah melakukan tinjauan ke lokasi untuk melakukan pemasangan keempat unit tapping tersebut.

3. Desember 2023 Grand Mercure sudah wajib bayar pajak

Pemkot Sudah Bidik Pajak Hotel Grand Mercure, Pasang 4 Tapping BoxGrand Mercure Lampung. (Instagram/grandmercurelpg)

Arief menambahkan jika memang benar Grand Mercure Lampung akan beroperasi November 2023, maka pada Desember 2023 pihak hotel sudah wajib membayar pajaknya.

"Kalau benar November sudah beroperasi ya berarti Desember ini sudah harus bayar pajak. Tentunya pajak ini akan masuk menjadi PAD kita dan dipergunakan untuk pembangunan Bandar Lampung juga,” katanya.

Diketahui pada Juli 2023 lalu Grand Mercure Lampung membuka lowongan kerja besar-besaran dengan membuka lebih dari 80 lowongan pekerjaan di 10 bidang untuk semua jurusan dan jenjang pendidikan.

4. Profil Grand Mercure

Pemkot Sudah Bidik Pajak Hotel Grand Mercure, Pasang 4 Tapping BoxGrand Mercure Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Grand Mercure Lampung merupakan satu-satunya hotel berbintang lima di Lampung. Bangunannya pertama kali dibangun pada 2013 lalu dan butuh waktu sekitar 10 tahun untuk membangun gedung dengan tinggi sekitar 85.7 meter tersebut. 

Hotel ini memiliki total 40 lantai, terdiri dari 36 lantai utama (dengan 8 mezanin) dan 4 basement. Tak hanya hotel, Grand Mercure Lampung juga akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti resort, restoran dan pusat perbelanjaan mewah.

Sebagai daya tarik utamanya, Grand Mercure Lampung menyuguhkan pemandangan laut dari tengah Kota Bandar Lampung, berbeda dengan beberapa hotel di Lampung yang memang terletak di wilayah Teluk Lampung.

Baca Juga: Wisata Kuliner Ikon dan Destinasi Paling Diminati di Bandar Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya