H-4 Jelang Tahun Baru 2024, Hotel Balam Sudah Terbooking 65 Persen

Okupansi hotel Bandar Lampung Desember 2023 capai 90 persen

Intinya Sih...

  • Okupansi hotel di Bandar Lampung Desember 2023 mencapai 90 persen menjelang Tahun Baru 2024.
  • Reservasi khusus malam tahun baru sudah sekitar 60-65 persen, dengan beberapa hotel mencapai 90 persen. Tingkat okupansi rata-rata hotel sudah mencapai 85 persen.
  • Wisatawan memesan kamar hotel secara daring karena dianggap lebih praktis, dengan pemesanan online memudahkan pengaturan tanggal liburan. Hotel-hotel juga menyediakan promo khusus untuk meningkatkan okupansi.

Bandar Lampung, IDN Times - H-4 menjelang Tahun Baru 2024, hotel-hotel di Bandar Lampung sudah terbooking sekitar 60-65 persen.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Lampung, Raban, Kamis (28/12/2023). Ia mengatakan, angka reservasi tersebut khusus untuk malam tahun baru.

"Untuk reservasi hotel-hotel di Bandar Lampung khusus malam tahun baru 2024 sudah sekitar 60-65 persen. Untuk keseluruhan periode tahun baru sampai dengan saat ini baru 60 persenan terbooking,” kata Raban.

Baca Juga: Keren! Gereja Hati Kudus Metro Olah Limbah jadi Pohon Natal Cantik

1. Okupansi hotel Bandar Lampung di Desember 2023 mencapai 90 persen

H-4 Jelang Tahun Baru 2024, Hotel Balam Sudah Terbooking 65 PersenKolam renang Novotel Lampung. (all.accor.com).

Meski begitu, Raban mengatakan sudah ada beberapa hotel yang angka reservasi mencapai 90 persen. Sedangkan untuk angka tingkat okupansi rata-rata hotel Bandar Lampung di Desember 2023 sudah mencapai 85 persen.

“Kalau untuk angka kamar yang sudah terjual atau tingkat okupansi hotel di Bandar Lampung di bulan Desember 2023 ini sudag mecapai 75-85 persen,” ujarnya.

Raban mengatakan, angka okupansi dan reservasi ini juga akan terus bertambah mengingat angka wisatawan luar kota dan luar Lampung akan terus bertambah pada libur tahun baru 2024.

2. Mayoritas wisatawan memesan kamar via daring

H-4 Jelang Tahun Baru 2024, Hotel Balam Sudah Terbooking 65 PersenWhiz Prime Hotel Ahmad Yani Lampung. (Booking.com).

Raban mengatakan, wisatawan khususnya di Bandar Lampung hampir semua memesan kamar hotel menggunakan aplikasi atau daring karena pemerasan tersebut dinilai lebih praktis.

“Biasanya wisatawan ini nanti mesan kamarnya mendekati hari H. Rata-rata juga mereka mesannya via online karena mungkin menganggap hotel di Bandar Lampung ini lebih mudah kalau pesannya via online saja,” jelasnya.

Raban menambahkan, pemesanan via online juga bisa memudahkan wisatawan untuk mengatur tanggal hingga melakukan perubahan tanggal liburan.

3. Paket dinner disiapkan untuk menarik minat konsumen

H-4 Jelang Tahun Baru 2024, Hotel Balam Sudah Terbooking 65 PersenPromo hotel berbintang Bandar Lampung periode November 2021. (instagram/swissbelhotellampung)

Raban juga menjelaskan, tahun-tahun sebelumnya, rata-rata okupansi hotel akan terisi hingga 95 persen hingga puncak malam tahun baru. Untuk meningkatkan angka okupansi tersebut, biasanya hotel-hotel melakukan beberapa promo khusus.

“Mayoritas mereka menyediakan paket promo misalnya paket dinner. Paket tahun baru ini biasanya digabung dengan Natal jadi promonya sudah dimulai pada periode natal 2023,” ujarnya.

Promo dinner ini juga rata-rata hanya ada di hotel berbintang 4 seperti Hotel Bukit Randu, Emersia, Aston, Novotel, dan lainnya. Ia berharap masyarakat luar Bandar Lampung bisa menghabiskan liburan Nataru di Kota Tapis Berseri.

Baca Juga: Catat! Ini 18 Titik Rawan Kemacetan Nataru di Jalan Nasional Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya