Comscore Tracker

Vaksinasi COVID-19 di Lampung Selatan Digelar Pagi hingga Malam

Capaian vaksinasi untuk lansia masih tergolong rendah

Lampung Selatan, IDN Times - Gebyar vaksin COVID-19 dilaksanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Lampung Selatan sejak 11 Oktober 2021 mulai tampak membuahkan hasil. Berdasarkan data bersumber dari KPCPEN Versi NIK hingga Minggu, (17/10/2021) pukul 19.30 WIB, capaian vaksinasi dosis 1 di Lampung Selatan sudah 52,7 persen.

Sedangkan berdasarkan data bersumber dari KPCPEN Versi Program capaian vaksinasi dosis 1 di Lampung Selatan sudah 48,3 persen. Namun, capaian vaksinasi untuk lansia masih tergolong rendah.

Berdasarkan data bersumber dari KPCPEN Versi Program periode terlapor, capaian vaksinasi dosis 1 untuk lansia baru mencapai 29,3 persen atau 21.479 sasaran dari jumlah sasaran seluruhnya sebanyak 73.134 sasaran.

Sedangkan berdasarkan data yang bersumber dari KPCPEN versi NIK capaian vaksinasi dosis 1 mencapai 28,8 persen atau 21.069.

Baca Juga: Terdampak Tsunami 2018, Unila Bangkitkan Ekonomi dan Wisata Desa Kunjir

1. Bupati monitoring di sentra vaksinasi

Vaksinasi COVID-19 di Lampung Selatan Digelar Pagi hingga MalamKabupaten Lampung Selatan saat ini berdasarkan Immendagri Nomor 48 Tahun 2021 PPKM level 2. (IDN Times/Istimewa).

Guna mengejar target minimal mencapai 40 persen vaksinasi lansia, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto memerintahkan seluruh jajaran serta stakeholder lainnya untuk bahu-membahu mengejar ketertinggalan tersebut.

Ia memerintahkan kepada kepala dinas kesehatan, agar jajaran UPT dapat menyisir sasaran vaksinasi lansia hingga ke tingkat dusun, berkoordinasi dengan aparatur desa.

“Kerja keras kita semua sudah membuahkan hasil. InsyaAllah vaksinasi untuk masyarakat umum dapat mencapai target minimal 50℅ untuk dosis 1. Hari ini kita kejar ketertinggalan vaksinasi khusus sasaran lansia,” ujar Nanang, Senin (18/10/2021).

2. Vaksinasi dari pagi hingga malam

Vaksinasi COVID-19 di Lampung Selatan Digelar Pagi hingga MalamVaksinasi di Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Joniansyah, optimis program vaksinasi Lampung Selatan dapat mencapai target. Joniansyah menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran UPT Dinas Kesehatan untuk kegiatan vaksinasi hari ini.

“Sudah saya perintahkan dari pagi sampai malam, hari ini seluruh UPT menyisir sasaran vaksin lansia. Saya minta door to door untuk menyisir lansia di wilayah kerjanya masing-masing,” jelas Joni.

3. Sisir sasaran vaksinasi lansia di Natar

Vaksinasi COVID-19 di Lampung Selatan Digelar Pagi hingga MalamSejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Camat Natar, Rendy Eko Supriyanto, menyatakan siap mengimplementasikan arahan Bupati Lampung Selatan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan aparat desa untuk mendata sasaran vaksin lansia. Bersama tim dari UPT Dinas Kesehatan kami akan menyisir sasaran vaksinasi lansia,” ujarnya.

Selain itu imbuh Rendy, pihaknya juga berkoordinasi dengan jajaran Penyuluh KB untuk menyiapkan tempat vaksinasi khusus lansia.

“Di Balai Penyuluh KB Natar ada vaksinasi untuk lansia. Ada dua lokus tambahan untuk wilayah kerja puskesmas Natar. Selain di Puskesmas Natar, juga di Desa Merak Batin dan Desa Negara Ratu juga kita fokuskan untuk vaksinasi lansia. Untuk desa Merak Batin dan Negara Ratu, Nakes akan door to door hingga ke dusun,“ paparnya.

Baca Juga: Vaksinasi Baru 45,1 Persen, Pemkab Lamsel Waswas PPKM Naik Level 3

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya