Comscore Tracker

Tim Tubabar Ciptakan Alat Thermal Therapy, Bantu Penderita COVID-19

Menggunakan uap panas dan rempah

Tulangbawang Barat, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat bekerja sama dengan beberapa dokter dan relawan membuat fasilitas kesehatan bernama Uluan Nughik Thermal Therapy (UNTT). Fasilitas itu secara khusus tersedia di Desa Uluan Nughik

Fungsi alat itu membantu menaikkan daya tahan tubuh pasien penderita COVID-19.

Berikut IDN Times rangkum informasi seputar UNTT.

1. Menggunakan uap panas dan rempah

Tim Tubabar Ciptakan Alat Thermal Therapy, Bantu Penderita COVID-19pexels.com/mizyuk

Direktur RSUD Tulangbawang Barat dr. Pramono Satrio Wibowo,  salah satu anggota tim, mengatakan, metode UNTT mengadopsi dari kearifan lokal. Itu merujuk, sebagian besar masyarakat Lampung saat melakukan pengobatan menggunakan metode  Betangas.

“(Betangas) salah satu metode tradisional yang  banyak digunakan oleh masyarakat  dalam mengobati bermacam penyakit. Itu menggunakan uap panas dan  rempah dalam ruang tertutup,” paparnya, Sabtu (14/8/2021).

dr. Pramono menambahkan, metode UNTT telah diterapkan selama tiga bulan dan sebelumnya telah diuji coba kepada beberapa sukarelawan. “Tentunya dengan pengawasan ketat dari Tim UNTT yang terdiri dari beberapa dokter yang kompeten dan memberikan hasil baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh pasien,” paparnya.

Baca Juga: Lima Spot Wisata Seru di Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung

2. Bisa diatur tekanan suhu dan tingkat kelembaban uapnya

Tim Tubabar Ciptakan Alat Thermal Therapy, Bantu Penderita COVID-19Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad. (IDN Times/Istimewa).

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengatakan, kabupaten setempat kini masuk zona merah COVID-19. Merujuk hal itu Pemda dan praktisi melakukan berbagai upaya guna melakukan penanganan terhadap gejala dari pasien positif COVID-19 dapat berkurang, bahkan harapannya bisa sembuh seratus persen,.

"UNTT bisa diatur tekanan suhu dan tingkat kelembaban uapnya. Uji coba UNTT sudah berlangsung selama satu bulan, dengan 100 orang relawan pasien positif COVID-19. Uji cobadengan rekayasa uap, dari uji coba tersebut pasien positif COVID-19 merasa gejala yang dirasakan berkurang," jelasnya.

Umar menambahkan, alat  UNTT terinspiprai dari kearifan lokal yang sering dilakukan oleh masyarakat Lampung sejak dulu kala saat mereka sedang merasa kurang sehat (sakit). Dulu, mereka mengunakan uap air panas atau dengan suhu matahari dan hal itu disebut betangas.

3. Diapresiasi gubernur

Tim Tubabar Ciptakan Alat Thermal Therapy, Bantu Penderita COVID-19Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (IDN Times/Istimewa)

Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad meninjau fasilitas kesehatan UNTT Desa Uluan Nughik beberapa hari lalu.

Arinal mengapresiasi gubernur dan jajaran terkait inisiasi dan inovasi mengembangkan  UNTT. Menurut gubernur, cara itu membantu memberikan solusi untuk meringankan keluhan pasien dengan gejala COVID-19.

"Saya menyambut baik pak bupati. Mudah - mudahan ini merupakan satu solusi  yang merupakan bagian dari upaya  pengendalian dalam rangka kita menangani COVID", ucap Arinal.

4. Donasi 500 paket sembako

Tim Tubabar Ciptakan Alat Thermal Therapy, Bantu Penderita COVID-19Gubenur Lampung Arinal Djunaidi saluran bantuan paket sembako pada warga Tubaba (IDN Times/Istimewa)

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mendistribusikan sebanyak 10.000 paket sembako untuk masyarakat terdampak PPKM Level 4 dan 3 di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Di Tulangbawang Barat misalnya ada 500 paket sembako.

"Mudah-mudahan bantuan bisa sedikit memenuhi kebutuhan dasar dan mengurangi beban masyarakat terdampak pandemik COVID-19," ujar Arinal.

Ibu Yam, warga setempat menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. "Terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada bapak Gubernur atas bantuan yang diberikan," kata ibu Yam.

Hal serupa ikut disampaikan, Sudarti, warga lainnya juga merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. "Terima kasih atas bantuannya, semoga bermanfaat," tambah dia.

Baca Juga: Objek Wisata Baru di Tubabar, Bisa Sewa Kostum Ala Korea

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya