Pemudik Tak Patuhi Prokes di Rest Area Tol Lampung Siap-siap Swab Test

Kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru

Bandar Lampung, IDN Times - Para pemudik melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) area Lampung dan beristirahat di Rest Area kedapatan tak mematuhi protokol kesehatan prokes) akan dilakukan rapid test atau swab antigen.

Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik Jelang kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021

"Tes (rapid tes dan swab antigen) ini akan dilakukan oleh petugas kesehatan yang tergabung dalam petugas Operasi Lilin pada masing-masing rest area. Nantinya mereka berada di 17 rest area. Baik jalur A dan B," kata Donny, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga: Ditlantas Polda Lampung Antisipasi Titik Rawan Macet Nataru

1. Dirlantas minta pengelola tol pasang papan petunjuk

Pemudik Tak Patuhi Prokes di Rest Area Tol Lampung Siap-siap Swab TestANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dirlantas Polda Lampung menyatakan, pihaknya sudah menerapkan beberapa implementasi pengawasan bersama Badan Pengelola Jalan Tol dan PT Hutama Karya. Khusus di rest area tol, selama pandemik terpantau telah menerapkan protokol kesehatan.

Satu contohnya, pengawasan agar pengendara tidak berkerumun.  Selain itu diharapkan pengelola jalan tol untuk memasang sign board.

"Sign board (papan petunjuk) ini penting. Ini dapat memberikan informasi jumlah kendaraan, nantinya berada di masing-masing rest area," urai Donny.

2. Dirikan pos pantau di rest area

Pemudik Tak Patuhi Prokes di Rest Area Tol Lampung Siap-siap Swab TestRest area haul guru sekumpul di Kodim 0913/PPU (IDN Times Ervan Masbanjar)

Kepala Cabang PT Hutama Karya Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung, Yoni Satyo, menerangkan, pihaknya akan memasang beberapa imbauan prokes melalui public addres, banner, poster atau stiker.

"Juga nantinya akan diterapkan physcial distancing atau jaga jarak di meja-meja rest area dan toilet. Pengunjung wajib masker. Juga kami menyiapkan sabun, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan berkala," ujarnya.

Jelang Nataru imbuh Yoni, PT Hutama Karya mengklaim, akan melakukan penebalan petugas pengamanan dari unsur TNI/Polri. Selain itu mendirikan pos pantau di rest area.

3. Ada layanan top uang elektronik

Pemudik Tak Patuhi Prokes di Rest Area Tol Lampung Siap-siap Swab TestIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Polisi lalu lintas dan petugas tol akan terus patroli selama periode Nataru. Selain itu, ada layanan penyediaan kartu uang elektronik bersaldo di gerbang-gerbang tol, fasilitas top up uang elektronik dan imbauan keselamatan berkendara melalui VMS (Variable Message Sign) yang ada di jalan tol.

Yoni Satyo mengimbau kepada para pengendara untuk mematuhi peraturan yang berlaku. "Seperti beristirahat setelah berkendara lebih dari tiga sampai em[at jam di rest area. Tak berhenti di bahu jalan kecuali darurat. Cek ban sebelum berkendara, cek kondisi kendaraan pun lampu-lampu," katanya.

Imbauan lain disampaikannya adalah, pastikan kondisi tubuh pengemudi dalam kondisi fit. Saat berkendara pengemudi diminta tak melebihi batas dan kurang dari batas kecepatan. "Segera laporkan ke petugas jika terjadi sesuatu terkait keamanan," katanya. 

Baca Juga: Dirlantas Polda Prediksi Terjadi Dua Tahap Arus Mudik dan Balik Nataru

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya