Comscore Tracker

Pemprov Lampung Siapkan 1 Juta Liter Minyak Goreng Giat Operasi Pasar

Operasi pasar digelar tiap bulan selama 6 bulan

Bandar Lampung, IDN Times - Operasi Pasar Minyak Murah ini akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung secara bertahap. Sebanyak 1 juta liter minyak goreng disiapkan untuk kegiatan itu per bulan selama 6 bulan.

Masyarakat diperkenankan membeli minyak goreng murah dengan harga Rp14.000/liter dengan pembelian maksimal 2 liter. Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat meninjau langsung Operasi Pasar Minyak Goreng Murah digelar Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung bekerjasama dengan PT Tunas Baru Lampung di Pasar Kangkung, Bandar Lampung, Jumat, (14/1/2022).

Baca Juga: Peternak Beberkan Penyebab Tingginya Harga Telur Ayam di Lampung

1. Gubernur minta operasi minyak minyak goreng jangan digunakan untuk kepentingan dagang

Pemprov Lampung Siapkan 1 Juta Liter Minyak Goreng Giat Operasi PasarOperasi Pasar Minyak Goreng Murah digelar Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Jumat, (14/1/2022). (Dok Adpim Pemprov Lampung.

Gubernur Arinal berharap, operasi pasar ini dapat menjaga stabilitas harga minyak goreng yang harganya cenderung meningkat dalam waktu-waktu tertentu.  "Kita lakukan upaya-upaya pengendalian melalui operasi pasar untuk meringankan beban masyarakat terutama menjelang Idul Fitri, jangan sampai harganya terus meningkat," ucapnya. 

Menurutnya, kenaikan harga minyak terjadi karena turunnya panen sawit sehingga suplai CPO menjadi terbatas. Untuk itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melakukan operasi pasar di seluruh Indonesia bersama-sama dengan pemerintah provinsi.

"Ini bantuan pemerintah kepada masyarakat untuk kepentingan rumah tangga. Jangan sampai digunakan untuk kepentingan dagang ya," pinta gubernur. 

2. Pemkot bakal kegiatan serupa gandeng sektor swasta

Pemprov Lampung Siapkan 1 Juta Liter Minyak Goreng Giat Operasi PasarOperasi Pasar Minyak Goreng Murah digelar Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Jumat, (14/1/2022). (Dok Adpim Pemprov Lampung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Ummihani mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung bersama-sama pemerintah pusat menggelar operasi pasar murah untuk membantu masyarakat seiring melonjaknya harga minyak goreng di pasaran. 

"Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Lampung dalam menekan harga minyak goreng yang beberapa waktu lalu sempat mengalami kenaikan," jelasnya. 

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengapresiasi operasi pasar minyak goreng digelar Pemprov Lampung. Ia menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung juga akan menggelar kegiatan serupa menyasar hingga ke kecamatan agar seluruh masyarakat bisa merasakan manfaat dari operasi pasar tersebut.

“Mudah-mudahan kami dari Pemerintah Kota Bandar Lampung insyaallah akan mengadakan pasar murah. Nanti beberapa perusahaan akan kita ajak kerjasama, mudah-mudahan bukan minyak saja tapi sembako yang akan kita jajakan di pasar murah,” bebernya.

3. Harga sembako berangsur turun

Pemprov Lampung Siapkan 1 Juta Liter Minyak Goreng Giat Operasi PasarSuasana di sebuah toko bahan pokok di daerah Gununganyar Surabaya. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Diketahui, harga sembilan bahan pokok (sembako) naik sejak akhir 2021 lalu, termasuk  minyak goreng. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung I Kadek Sumarta, mengatakan, saat ini harga sembako sudah mulai berangsur turun.

“Ketika Nataru sempat mengalami penurunan, namun pascanataru semua berangsur turun. Untuk minyak goreng mudah-mudahan akan berangsur turun dan stabil dengan diadakannya operasi pasar ini,” tutur Kadek. 

Baca Juga: Gubernur Soroti Rencana Pembangunan Kawasan Industri Way Pisang Lamsel

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya