Comscore Tracker

Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang Lebih Mahal? Ini Kata Kapolda

Dikeluhkan sejumlah pemudik, tarif beda dibanding harga resmi

Bandar Lampung, IDN Times -  Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno bakal menyelidiki keluhan pemudik terkait harga tiket penyeberangan di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung berbeda dengan tarif resmi ditetapkan. Bahkan, tarif jasa penyeberangan itu diduga lebih mahal dibanding Pelabuhan Bakauheni.

"Kami akan selidiki ini. Mungkin pengguna jasa membeli (tiket) tidak melalui jalur resmi, tapi via calo," jelas Hendro, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: 10 Potret Suasana Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Malam Hari

Lebih mahal dibanding tarif resmi

Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang Lebih Mahal? Ini Kata KapoldaIlustrasi uang. IDN Times/ istimewa

Diketahui, pemudik membeli tiket kapal di Pelabuhan Panjang lebih mahal dari tarif resmi. Contohnya, tarif sepeda motor Rp54.000, tapi dijual Rp75.000. Begitu juga tarif  kendaraan pribadi resminya Rp419 ribu menjadi Rp 435 ribu.

Merujuk hal itu, kapolda mengimbau pengguna jasa layanan penyeberangan membeli tiket kapal menggunakan aplikasi atau website ferizy.com. Selain itu, Hendro akan melakukan penataan ulang serta berkoordinasi kepada ASDP selaku otoritas penyeberangan terkait penyediaan layanan tiket secara langsung maupun online serta jadwal keberangkatan pasti bagi kapal pengangkut bagi para pemudik.

Lebih lanjut disampaikan Hendro, pemudik melintas di Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menggunakan jasa penyeberangan kapal di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung dapat keluar dari exit tol Km 74. Sejumlah plang informasi juga telah terpasang secara manual maupun dapat di akses perkembangan informasinya di sejumlah sosial media ataupun situs resmi tentang arus balik di Provinsi Lampung.

Siagakan 8 kapal

Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang Lebih Mahal? Ini Kata KapoldaSuasana arus balik lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Jumat (6/5/2022) malam. (IDN Times/Martin L Tobing).

Delapan kapal Roro disiagakan di tiga dermaga Pelabuhan Panjang Bandar Lampung untuk melayani pemudik periode arus balik lebaran 2022 selain Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Kapal itu terhitung per Rabu lalu sudah mengangkut sebanyak 70 unit sepeda motor dan 20 unit kendaraan mobil.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, per unit kapal Roro estimasi mampu mengangkut 1.500 sepeda motor dan 65 unit kendaraan mobil. Kapal Roro akan menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten.

Alternatif penyeberangan laut

Harga Tiket Kapal di Pelabuhan Panjang Lebih Mahal? Ini Kata KapoldaAktivitas mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pandra menyatakan, layanan penyeberangan arus balik di Pelabuhan Panjang sebagai alternatif untuk menghindari antrean panjang terjadi di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Layanan penyeberangan di Pelabuhan Panjang akan dilayani kapal Roro selama 24 jam.

Ia mengklaim, pemudik naik kapal Roro untuk menyeberang menuju Pelabuhan Ciwandan dari Pelabuhan Panjang tidak akan mengantre lama untuk masuk kapal. Dalam satu hari, diperkirakan kapal Roro akan berlayar sebanyak tiga trip.

Berikut jadwal keberangkatan kapal arus balik Lebaran Pelabuhan Panjang – Pelabuhan Ciwandan:

  • Pukul 08.00 WIB: KMP Mutiara Ferindo III dan KMP Kumala.
  • Pukul 12.00 WIB: KMP Mutiara Berkah I dan KMP Ciremai.
  • Pukul 16.00 WIB: KMP Panorama Nusantara dan KMP Titan Nusantara.
  • Pukul 02.00 WIB: KMP Kumala.
  • Pukul 04.00 WIB: KMP Mutiara Ferindo III.
  • Pukul 06.00 WIB: KMP Ciremai.
  • Pukul 08.00 WIB: KMP Mutiara Berkah I.

Baca Juga: Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya