Comscore Tracker

Jangan Diabaikan! 5 Cara Mempertahankan Persahabatan agar Langgeng

Biar ini gak kejadian, yuk simak caranya

Saking dekatnya dengan sahabat, kita seringkali bersikap sesuka hati. Bercanda tanpa tahu batas, menyinggung hal-hal sangat sensitif bagi sahabat, dan lain sebagainya. Padahal, tanpa kita sadari, tindakan seperti ini bisa aja bikin dia merasa gak nyaman lho.

Makanya, banyak persahabatan bisa tiba-tiba berakhir begitu saja dikarenakan rasa sakit hati sudah dipendam sekian lama. Hayo, kamu gak mau kalau sampai hal ini terjadi, kan? Biar ini gak kejadian, yuk simak lima cara mempertahankan persahabatan berikut ini. Jangan pura-pura diabaikan begitu aja ya.

1. Saling support dalam kebaikan dan hal positif

Jangan Diabaikan! 5 Cara Mempertahankan Persahabatan agar Langgengpexels/William Fortunato

Ketika ada sahabat baru membuka usaha, misalnya, biasanya apa nih tindakan yang kamu lakukan? Jangan sampai kamu malah belanja sesuka hati dan kemudian minta diskon ya.

Itu justru menunjukkan kamu gak mendukung apa yang sedang dia lakukan. Jadilah sahabat bersedia memberikan bantuan baik moril maupun materil semampumu. 

2. Menjaga kepercayaan sahabat 

Jangan Diabaikan! 5 Cara Mempertahankan Persahabatan agar Langgengpexels/Ramil Ugot

Sebuah persahabatan akan bertahan untuk waktu lama jika kalian bisa saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Saat sahabat berbagi tentang hal yang sifatnya rahasia, maka kamu jangan jadi orang yang justru menyebarkan gosip tentangnya. Meski mungkin bagimu itu terasa menyenangkan, baginya ini adalah sebuah pengkhianatan lho. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Pernah Melupakan Cinta Pertama

3. Menghormati privasi masing-masing

Jangan Diabaikan! 5 Cara Mempertahankan Persahabatan agar Langgengpexels.com/MinAn

Sahabat ingin punya waktu bersama keluarga atau pasangannya? Kamu gak perlu memaksa ikut dan gak membiarkan dia punya privasi. Pun ketika dia meminta waktu untuk sendiri, jangan malah menyudutkan dan menyalahkannya mengira dia gak menganggapmu sebagai sahabat lagi. Sahabat gak harus selalu bersama setiap saat kok. 

4. Belajar mengurangi ego

Jangan Diabaikan! 5 Cara Mempertahankan Persahabatan agar Langgengunsplash/Becca Tapert

Siapapun pasti ingin dinomorsatukan oleh sahabatnya. Dianggap sebagai bagian penting dalam hidup sahabat kita adalah sebuah ego yang harusnya bisa kita kendalikan.

Ingat, sahabat juga punya kehidupannya sendiri yang gak selalu berisi tentang kamu. Jika ingin persahabatanmu bertahan lama, coba untuk mengurangi ego sejak sekarang ya.

5. Mengenali karakter lebih dalam

Jangan Diabaikan! 5 Cara Mempertahankan Persahabatan agar Langgengpexels/Asya Cusima

Bertahun-tahun mengenal sahabat tapi kamu malah gak mengenal karakternya yang sesungguhnya? Persahabatan kalian bisa ambyar kalau kamu terus menerus cuek dan hanya berharap dimengerti tapi gak mau mencoba mengerti sahabatmu.

Mengenali karakternya, apa yang dia sukai dan gak, benar-benar bisa memahami dirinya, adalah cara untuk membuat persahabatan kalian tetap erat selamanya, lho. 

Jika kamu sudah punya sahabat yang klop banget dan gak ada yang bisa menggantikannya, maka tugasmu adalah mempertahankan persahabatan tersebut. Jangan sampai karena hal sepele kamu justru kehilangan sahabat yang benar-benar bisa sehati sama kamu. Ingat lima aturan di atas dan terapkan ya. Siap?

Baca Juga: 5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!

Desy Damayanti Photo Community Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya