5 Tips Jitu Mewujudkan Prioritas Tertunda Tahun Lalu, Catat!

Capailah prioritasmu di tahun ini tanpa penundaan lagi

Intinya Sih...

  • Prioritas harus diutamakan dan dievaluasi kembali
  • Memecah prioritas kompleks menjadi tugas-tugas sederhana untuk mencegah kewalahan
  • Menetapkan target dan tenggat waktu realistis untuk meningkatkan motivasi dalam mengerjakan prioritas

Awal tahun adalah momen ideal untuk meninjau kembali apa telah kita raih di tahun sebelumnya. Mungkin ada beberapa hal masih menjadi impian yang tertunda.

Awal tahun ini juga bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk introspeksi dan evaluasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan, melengkapi atau membenahi apa yang kurang.

Terkadang kita merasa ada hal belum terlaksana dalam hidup atau ada prioritas terabaikan. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor, seperti kurangnya motivasi, kewalahan, atau kebiasaan menunda.

Namun, jangan khawatir, di awal tahun ini kamu masih bisa memperbaikinya, kok. Nah, berikut ini lima tips bisa kamu coba untuk mewujudkan prioritas tertunda tahun lalu, jangan lupa dicatat, ya.

1. Evaluasi kembali faktor-faktor menyebabkan prioritasmu tertunda

5 Tips Jitu Mewujudkan Prioritas Tertunda Tahun Lalu, Catat!ilustrasi mengevaluasi diri (pexels.com/Startup Stock Photos)

Prioritas. Itu adalah hal paling utama dari segala hal. Kamu harus mengutamakan sesuatu dianggap sangat penting dibandingkan dengan hal lain.

Bisa jadi itu hal yang mendesak, atau hal yang sangat berguna. Oleh karena itu, kamu tidak boleh mengesampingkan atau mengabaikannya.

Namun, kenyataannya tidak semua prioritas bisa tercapai dengan baik. Kadang-kadang prioritas itu masih belum terlaksana di tahun lalu.

Untuk itu, kamu perlu mengevaluasi kembali apa menjadi alasan prioritasmu tertunda. Jika alasan tersebut sudah tidak relevan, kamu bisa memperbaiki atau mengubahnya menjadi prioritas baru.

2. Bagi prioritas menjadi tugas-tugas lebih sederhana dan terukur

5 Tips Jitu Mewujudkan Prioritas Tertunda Tahun Lalu, Catat!ilustrasi mencatat (freepik.com/Racool_Studio)

Kamu harus ingat prioritas adalah hal harus kamu kerjakan dan wujudkan. Karena prioritas itu lebih utama daripada hal lain.

Namun, terkadang kamu belum bisa menyelesaikan prioritas tersebut. Ada beberapa faktor menyebabkan prioritasmu tertunda atau belum tercapai.

Salah satu faktornya adalah prioritas terlalu kompleks dan akhirnya membuatmu kewalahan. Cara mengatasinya membagi prioritas menjadi tugas-tugas yang lebih sederhana.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Kamu juga tidak akan membuang-buang waktu untuk memikirkan prioritas terlalu luas yang membuatmu bingung harus mulai dari mana.

Baca Juga: Cerita Pendiri Doesoen Coffee, Milenial Sukses Bangun Kafe Diusia 20an

3. Tetapkan target dan tenggat waktu realistis dan jelas

5 Tips Jitu Mewujudkan Prioritas Tertunda Tahun Lalu, Catat!ilustrasi menyusun target (freepik.com/Freepik)

Jika kamu merasa prioritasmu belum tercapai, kamu tidak perlu putus asa. Awal tahun ini adalah peluang untuk mengoreksi dan menyempurnakan apa yang kurang.

Kamu harus bisa mengerjakan prioritasmu dengan baik di tahun ini. Namun, kamu juga harus menetapkan target dan tenggat waktu realistis dalam mengerjakan prioritas.

Kamu tidak akan bisa mengerjakan prioritas tanpa target yang realistis. Dengan memiliki target dan tenggat waktu yang jelas, kamu akan lebih termotivasi dan bertanggung jawab untuk melaksanakan prioritasmu.

Prioritas yang ditargetkan akan mempermudah kamu dalam mengelola waktu dan kemampuan secara efisien. Mulai dari sekarang, tentukan target dan berikan batas waktu untuk mengerjakannya.

4. Tingkatkan aksi dan konsistensi dalam mengerjakan tugas-tugas

5 Tips Jitu Mewujudkan Prioritas Tertunda Tahun Lalu, Catat!ilustrasi mengerjakan tugas (freepik.com/Freepik)

Prioritas membutuhkan aksi untuk direalisasikan. Jika kita hanya diam dan berharap prioritas bisa tercapai tanpa usaha, maka itu tidak akan berhasil.

Usaha yang kita lakukan akan sebanding dengan hasil yang kita dapatkan. Jika prioritasmu belum terwujud tahun lalu, berarti kamu perlu meningkatkan aksimu.

Tahun ini, lakukanlah lebih banyak aksi untuk mewujudkan rencana besarmu. Jangan lupa juga untuk konsisten dalam melaksanakannya.

Konsistensi sangat penting untuk membentuk kesabaran dan kebiasaan positif. Prioritas yang tertunda tahun lalu bisa kamu capai dengan lebih mudah dan ringan.

5. Hindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

5 Tips Jitu Mewujudkan Prioritas Tertunda Tahun Lalu, Catat!ilustrasi menunda-nunda (freepik.com/Jcomp)

Salah satu faktor yang menghambat pencapaian prioritasmu di tahun lalu adalah prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda. Kebiasaan ini memang menjadi penghalang utama dalam menyelesaikan suatu prioritas.

Kebiasaan menunda-nunda bisa disebabkan oleh prioritas yang terlalu luas dan kompleks, sehingga membuatmu kesulitan memulainya. Untuk mengatasi prokrastinasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut.

Pertama, kamu bisa membagi prioritas menjadi tugas-tugas yang lebih sederhana dan spesifik. Kedua, kamu bisa mencari lingkungan yang mendukung dan produktif, yang bisa membantumu fokus dan termotivasi. Lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian dan kebiasaan seseorang.

Tentu saja, ada banyak faktor lain bisa memengaruhi pencapaian prioritasmu di tahun lalu, seperti tidak adanya target yang jelas, kurangnya aksi yang konsisten atau kebiasaan menunda-nunda. Di tahun ini, kamu harus berusaha untuk menuntaskan prioritas yang tertunda di tahun lalu. Kamu bisa mencatat dan menerapkan lima tips di atas, semoga bisa membantumu, ya.

Baca Juga: 6 Tips Melarikan Diri dari Self Judgement, Pernah Merasakannya? 

Fauzan Fadhilah Photo Community Writer Fauzan Fadhilah

If you don’t build your dream, someone will hire you to help build theirs.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya