Comscore Tracker

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak Mahal

Yuk intip dulu inspirasinya berikut ini!

Rumah asri dan indah adalah gambaran dari penghuninya. Apalagi bagian teras dan pekarangan depan. Karena bagian ini akan memberikan kesan utama bagi setiap tamu yang berkunjung maupun bagi setiap orang yang melewati jalan di depannya. Oleh karena itu kamu harus menjaga kebersihan dan keindahan rumahmu ya guys!

Agar rumah tampil asri dan cantik, kamu bisa menanam berbagai macam bunga. Tidak perlu membeli bunga-bunga yang mahal, ada cukup banyak kok, tanaman bunga yang murah meriah tapi tidak kalah cantik dan tentunya mudah untuk ditemukan. Sebelum memutuskan menanam bunga apa saja, yuk intip dulu inspirasinya berikut ini!

1. Bunga bougenville

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga Bougenville (Instagram.com/Plantsrejuvination)

Bunga satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Biasanya bunga ini disebut juga dengan bunga kertas karena kelopak bunganya yang tipis dan ringan seperti kertas. Kamu bisa menanamnya dalam pot besar dan menaruhnya di pojok teras atau menanamnya di pekarangan depan sebagai gerbang masuk ke halaman.

Bunganya yang bergerombol dengan warna menyala sangat cocok untuk menyemarakkan pekarangan rumah. Warna dari bunga ini juga beragam seperti putih, ungu, oranye dan pink. Selain itu, tentunya bunga ini juga mudah ditemukan dengan harga murah meriah.

2. Bunga melati putih

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga melati putih (Instagram.com/see_henky)

Si cantik berwarna putih ini memang tidak lekang oleh zaman. Bunganya yang kecil-kecil namun memiliki wangi yang semerbak disinyalir mampu meredakan stress lho! Selain itu biasanya bunga ini juga bisa dijadikan hiasan pengantin.

Bunga melati bisa ditanam dalam pot ataupun di pekarangan rumah. Kamu juga bisa menaruh bunga ini di dalam rumah, wanginya yang semerbak bisa menyegarkan ruangan nih. Tapi pastikan mereka tetap mendapat cahaya cukup ya!

Baca Juga: Cara Mudah Hilangkan Bau Badan Akibat Keringat Berlebih

3. Kembang sepatu

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga kembang sepatu (Instagram.com/herawatiwangsih)

Bunga kembang sepatu memberikan kesan dingin dan sejuk pada rumah. Daunnya cenderung hijau pekat dan mengkilat akan sangat sejuk untuk di pandang. Ditambah lagi dengan bunganya berwarna cerah dan besar, sehingga kesan yang diberikan menjadi lebih indah.

Bunga kembang sepatu ini bisa kamu tanam di pinggir halaman sebagai pagar hidup juga lho, guys. Selain itu biasanya daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk obat penurun panas. Sangat multifungsi bukan?

4. Bunga mawar

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga mawar (Instagram.com/kebunmawar)

Kecantikan dan kepopuleran dari bunga satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi deh! Warnanya pun beragam seperti merah, pink, putih dan kuning. Mudah ditemukan dan bisa ditanam dalam pot maupun langsung di pekarangan rumah, menjadikan bunga ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

5. Bunga tapak dara

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga tapak dara ungu (Instagram.com/bunga_sofi.n)

Bunga tapak dara dikenal juga dengan sebutan madagascar periwinkle. Bunga yang satu ini ternyata juga bisa mengobati berbagai penyakit lho, seperti diare, menurunkan kadar kolesterol, hingga mengobati kanker. Namun tetap harus memperhatikan terlebih dahulu ketentuan penggunaannya ya guys!

Untuk media tanam, pot adalah media yang sangat cocok dengan bunga yang satu ini, dikarenakan batangnya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu tinggi. Sehingga akarnya juga tidak terlalu membutuhkan space yang luas untuk tetap tumbuh subur.

6. Bunga asoka

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga asoka kuning (Instagram.com/cahyaningrumelsi)

Bunga jadul yang legendaris ini biasanya sering dijadikan sebagai pagar hidup di setiap rumah. Bagi kamu tidak mempunyai pagar rumah, bunga ini sangat cocok nih untuk kamu jadikan pagar, selain itu warna dari bunga ini juga beragam dan tidak kalah cantik kok! 

Untuk dijadikan sebagai pagar hidup, kamu hanya perlu menanamnya secara berderet di pinggir halaman depan dan memangkasnya secara berkala. Bunga ini juga sangat minim perawatan lho, cukup disiram saja dan itupun tidak perlu setiap hari.

7. Bunga pukul sembilan atau krokot

7 Inspirasi Bunga Hias Percantik Rumah, Mudah Ditemukan dan Tak MahalBunga krokot (Instagram.com/zeng_fen_ni)

Si cantik imut yang satu ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan nih! Selain dikenal dengan sebutan bunga pukul sembilan karena memang mekar pada jam sembilan pagi, bunga ini biasanya juga dikenal dengan nama krokot atau portulaca. Jenisnya dan warnanya pun beragam ada yang berdaun bundar dan ada juga yang berdaun panjang.

Biasanya media tanam yang sangat cocok dengan bunga kembang sembilan pagi ini adalah pot gantung. Kamu bisa menggantung bunga ini di plafon dan tiang teras ataupun di atas pagar rumah. Namun jika ingin menanam langsung di tanah pekarangan rumah juga cocok kok!

Semua bunga hias di atas sangat murah dan mudah ditemukan guys! Kamu bisa membelinya di pedagang bunga hias di pinggir jalan dengan harga yang murah meriah atau meminta sedikit bibitnya pada tetangga yang sudah punya.

Baca Juga: 16 Tips Mudah agar Bisa Cepat Tidur, Bye-bye Insomnia! 

Yeliza Umami Photo Community Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya