Comscore Tracker

Tim Seleksi Catat 141 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Lampung

Batas akhir perbaikan berkas pendaftaran 5 Juli 2022

Bandar Lampung, IDN Times - Timsel Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung mengumumkan sebanyak 141 orang mendaftar calon anggota Bawaslu Provinsi Lampung. Catatan itu merupakan hasil rekapitulasi penutupan tahapan pendaftaran, Kamis (30/6/2022) pukul 16.00 WIB.

"Tahapan pendaftaran resmi ditutup, ada sebanyak 141 orang sudah mendaftarkan diri ke kantor Sekretariat Timsel Bawaslu Lampung dengan persentase keterwakilan perempuan sebanyak 20 persen," ujar Ketua Timsel Bawaslu Lampung, Tuntun Sinaga, Sabtu (2/7/2022).

1. Sebanyak 92 pendaftar telah melengkapi berkas pendaftaran

Tim Seleksi Catat 141 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu LampungKetua Timsel Bawaslu Lampung, Tuntun Sinaga. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dari total 141 pendaftar, Tuntun melanjutkan, sebanyak 92 orang di antaranya sudah melengkapi persyaratan pendaftaran. Sedangkan sebanyak 49 pendaftar lainnya masih harus memperbaiki berkas pendaftaran.

“Kita masih menunggu 49 pendaftar untuk segera memperbaiki berkasnya sampai batas akhir dengan 5 Juli mendatang,” katanya.

Ia menyampaikan, 92 orang pendaftar ini terdiri dari beberapa unsur kalangan meliputi akademisi, pegawai negeri, swasta, advokat, hingga incumbent. "Kalau daerah asalnya kita belum rincikan, tapi hampir semua daerah di Kabupaten/Kota Lampung ada sepertinya," lanjut Tuntun.

Baca Juga: Catat! Ini Tanggal Resmi Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Lampung

2. Batas akhir perbaikan berkas 5 Juli 2022

Tim Seleksi Catat 141 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Lampungilustrasi berkas-berkas (Unsplash.com/Cytonn Photography)

Rampung tahapan pendaftaran tersebut, Tuntut mengatakan, pasca merampungkan masa perbaikan berkas hingga 5 Juli nanti, maka akan langsung memasuki tahap verifikasi pada 12 Juli mendatang.

"Untuk pengumuman dari hasil seleksi administrasi pada 13 Juli mendatang, yang jelas proses rekrutmen ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan," imbuhnya.

3. Jumlah rekrutmen anggota Bawaslu Lampung masih belum diketahui

Tim Seleksi Catat 141 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu LampungLogo Bawaslu (tangerangselatankota.bawaslu.go.id)

Berdasarkan Surat Keputusan dikeluarkan Bawaslu RI dengan Nomor: 228/KP.01/K1/06/2022 tertanggal 25 Juni 2022, perihal pembahasan pemberhentian dan pergantian antarwaktu anggota Bawaslu tingkat provinsi, Timsel Provinsi Lampung diketahui belum menerima surat tersebut.

"Kami belum dapat surat itu, sehingga belum ada keputusan resmi apakah akan ada 3 atau 7 yang diganti komisionernya," kata Tuntun.

Dalam surat ditandatangani Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja itu hanya ditujukan kepada Ketua Bawaslu di provinsi dan kabupaten/kota bukan ditunjukan ke Timsel, hingga pihaknya tidak dapat berkomentar lebih lanjut. Sekretaris Timsel, Siti Khoiriah pun menambahkan, pihaknya hanya menjalankan rekrutmen sesuai tahapan.

"Soal tiga atau tujuh yang akan direkrut, sepenuhnya kewenangan Bawaslu RI. Saat ini, kita masih dalam tahap perbaikan berkas pasca tahapan pendaftaran kemarin," tambahnya.

4. Syarat mutlak calon pendaftar anggota Bawaslu Provinsi

Tim Seleksi Catat 141 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu LampungAnggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda berbicara di hadapan anggota Bawaslu se-Sulsel di Makassar, Rabu (22/6/2022). (Dok. Bawaslu Sulsel)

Masih sesuai surat Bawaslu RI tersebut, Siti Khoiriah melanjutkan, bagi ketua dan anggota Bawaslu berstatus PNS hendak mendaftar kembali penerimaan, harus mengurus dan menyertakan surat izin atau rekomendasi terbaru dari PPK untuk mengikuti seleksi.

Sementara bagi pelamar dengan berlatar belakang dosen PNS, harus membuat surat izin dari rektor atau pejabat berwenang di lingkungan perguruan tinggi bersangkutan.

"Untuk ketua dan anggota Bawaslu Provinsi mengajukan surat pemberitahuan mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi kepada Ketua Bawaslu RI, dengan tembusan kepada Tim Seleksi Bawaslu Provinsi," tandas dia.

Baca Juga: Bawaslu Lampung Anggarkan Kebutuhan Pilgub dan Pilkada 2024 Rp543 M!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya