Mendagri Tito Puji Capaian Pendapatan Daerah 2021 Provinsi Lampung

Pendapatan daerah hingga 99 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memuji langkah dan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam mencapai pendapatan daerah tinggi di 2021 hingga sebesar 99 persen. Melihat hal ini, Tito pun berencana membentuk tim untuk mempelajari kiat-kiat pemerintah provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai tersebut.

“Itu sangat bagus sekali, saya juga tidak ngerti ilmunya resepnya beliau (Gubernur Lampung Arinal Djunaidi). Saya perlu belajar,” ujarnya, saat memberikan keterangan pers pada Kunjungan Kerja (Kunker) Monitoring, Evaluasi Program, dan Kegiatan Strategis di Provinsi Lampung, di Mahan Agung, Kota Bandar Lampung, Rabu (5/1/2022) malam. 

Baca Juga: Gubernur Soroti Rencana Pembangunan Kawasan Industri Way Pisang Lamsel

1. Tim bentukan Mendagri akan pelajari kiat-kiat progam Provinsi Lampung

Mendagri Tito Puji Capaian Pendapatan Daerah 2021 Provinsi LampungKantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Lebih lanjut tim dimaksud Mendagri, itu untuk membantunya memberikan masukan kepada provinsi lain yang dianggap capaian pendapatan daerah masih tergolong rendah. Tito menilai, masih banyak daerah pendapatan rendah hingga berada pada angka 75 persen, 70 persen, bahkan 60 persen.

"Tentu saja capaian realisasi pendapatan ini, nanti akan mempengaruhi jumlah anggaran belanja suatu daerah," kata Tito.

2. Realisasi nilai belanja daerah hingga 94,01 persen

Mendagri Tito Puji Capaian Pendapatan Daerah 2021 Provinsi LampungMendagri Tito Puji Capaian Pendapatan Daerah Provinsi Lampung di 2021. (IDN Times/Istimewa)

Tak hanya capaian realisasi pendapatan daerah dinilai baik, Tito mengganggap Provinsi Lampung juga mampu merealisasikan belanja daerah secara maksimal. Itu dengan nilai capaian hingga 94,01 persen.

Menurut dia, angka tersebut menjadikan Lampung bertengger di urutan kedua provinsi dengan anggaran belanja tertinggi setelah Jawa Barat. Tito mengatakan, capaian ini menandakan uang beredar di masyarakat melalui beragam program berjalan baik dan perlu dipelajari oleh provinsi lain.

Lanjutnya, Lampung di bawah kepemimpinan Gubernur Arinal bisa melahirkan banyak terobosan kreatif, khususnya dalam bidang pertanian yang menjelma sebagai salah satu pendapatan unggulan daerah. “Saya tentunya dari pemerintah pusat mendorong dan mendukung, apalagi Lampung merupakan salah satu gudang pangan ya, sumber pangan nasional,” sebut Mendagri.

3. Pembangunan di Lampung berjalan cukup pesat

Mendagri Tito Puji Capaian Pendapatan Daerah 2021 Provinsi Lampunggoogle.com

Sementara dari sisi pembangunan, Tito mengatakan, Provinsi Lampung juga dinilai cukup berjalan dengan pesat mulai dari bidang sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan lain-lain

"Semua hal berjalan dengan baik di Lampung, tetapi tentu saya juga ingatkan kembali agar berbagai program baik telah susun ini, tetap mengacu pada visi misi Bapak Presiden Joko Widodo," tandas mantan Kapolri ke-23 tersebut.

Baca Juga: Gubernur: Angka Kesembuhan COVID-19 Provinsi Lampung 91,5 Persen

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya