Comscore Tracker

Goest Inc, Komunitas Sepeda Perkenalkan Brand Lokal Lampung 

Mengajak UMKM untuk saling berkolaborasi

Bandar Lampung, IDN Times - Goest.inc menggandeng sejumlah brand lokal untuk berkolaborasi, hal itu bertujuan untuk meningkatkan minat dan kecintaan masyarakat Lampung terhadap merek lokal.

Goest.inc merupakan salah satu komunitas sepeda di Bandar Lampung. Selain menjadi wadah berkumpulnya para goweser di kota Tapis Berseri. Komunitas ini juga, secara runtin mengajak beberapa brand lokal di Lampung dalam pembuatan merchandise komunitas.

Founder Goest.inc, Dede Rejeki, mengatakan salah satu tujuan komunitas ini dibentuk untuk membantu dan mengenalkan UMKM di Lampung. Implementasinha, setiap agenda Goestin.inc selalu menggaet brand lokal.

"Per satu tahun lalu kita sudah mengeluarkan tiga merchandise kaus. Semua produksinya kita dibantu temen-temen yang punya usaha lokalan," kata Dede, Selasa (23/2/2021). 

1. Promosikan sejumlah tempat kedai kopi di Bandar Lampung

Goest Inc, Komunitas Sepeda Perkenalkan Brand Lokal Lampung Goest Inc (IDN Times/Istimewa)

Selain merchandise, Goest.inc juga aktif mengenalkan beberapa kedai kopi di Kota Bandar Lampung. Dede menjelaskan, agenda komunitas ini mereka sebut "Tour The Coffee Shop".

Di sana, para anggota Goest.inc biasanya mengagendakan acara pe-launching merchandise, ajang silahturahmi dan kongko bareng. Kegiatan itu bakal diunggah dan dikenalkan ke 1.143 pengikut akun Instagram resmi komunitas @goest.inc.

"Tour The Coffee Shop itu rutin kita lakukan, di hari Jumat mulai jam 7 malam," ucap Dede. 

Baca Juga: YouTuber Mba Tina Bule Kagumi Tapis Lampung dan Siger

2. Agenda gowes bareng tiap minggu pagi

Goest Inc, Komunitas Sepeda Perkenalkan Brand Lokal Lampung Goest Inc (IDN Times/Istimewa)

Sebagai komunitas sepada, Goest.inc juga memiliki agenda gowes bareng, yang biasanya dilakukan setiap hari Minggu pagi. Tidak mesti rute jauh, kegiatan itu rutin mereka lakukan walaupun hanya sekedar mencari sarapan di pagi hari.

Namun harus diakui, saat ini minat bersepeda kian berkurang. Dede menuturkan, antusias pesepede di Bandar Lampung tidak sebanyak di masa awal pandemik COVID-19.

"Mungkin karena sudah mulai aktif kerja dan sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Itu gak apa karena olahraga untuk kesehatan dan gak perlu dipaksa," ucap Dede. 

4. Bukan komunitas formal dan mengikat

Goest Inc, Komunitas Sepeda Perkenalkan Brand Lokal Lampung Goest inc (IDN Times/Istimewa)

Dede menjelaskan, Goest.inc bukan merupakan komunitas bersifat formal. Pasalnya, setiap yang ingin bergabung dan menjadi anggota tidak harus memiliki persyaratan khusus.

"Dengan kata lain Goest.inc bisa dikatakan hanya sebagai tempat orang-orang yang memiliki hobi bersepeda. Setiap anggota atau yang baru ingin bergabung dengan Goest.inc, tidak perlu merasa terikat dan sungkan bila tidak dapat mengikuti kegiatan komunitas ini secara aktif," jelasnya. 

"Ini tempat olahraga, kenapa mesti merasa tidak enakan dan dipaksa-paksa. Ya sebisanya saja dan seada waktunya saja. Kita komunitas akan selalu open," tandasnya. 

Baca Juga: Mengenal Gajahlah Kebersihan, Komunitas Peduli Lingkungan Lampung

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya