Gergaji Besi hingga HP, Petugas Rutan Terlibat Kaburnya 4 Tahanan?

6 personel masih di Patsus oleh Bidpropam Polda Lampung

Intinya Sih...

  • Petugas jaga sel tahanan di Rutan Direktorat Tahti Polda Lampung diduga terlibat dalam kaburnya empat tahanan kasus narkotika jaringan Aceh.
  • Temuan gergaji besi dan penggunaan handphone dari dalam sel oleh tersangka menjadi indikasi keterlibatan petugas.
  • Enam petugas rutan masih ditangani personel Bidpropam Polda Lampung dan ditempatkan khusus (Patsus) sebagai hasil pemeriksaan.

Bandar Lampung, IDN Times - Petugas jaga sel tahanan Rutan Direktorat Tahti Polda Lampung diindikasi terlibat dalam peristiwa kaburnya empat tahanan kasus narkotika jaringan Aceh hingga kini masih dilakukan pengejaran.

Indikasi keterlibatan itu seiring temuan gergaji besi diduga digunakan untuk memotong ventilasi kamar mandi sel, hingga penggunaan handphone dari dalam sel oleh salah seorang tersangka saat menghubungi penjemput dari Aceh.

"Jadi untuk mengungkap ada keterlibatan oknum di Rutan Polda Lampung ini, kita harus menangkap pelakunya dulu. Kita tidak bisa menjawab karena kita belum menangkap pelaku utamanya, tetapi kalau kita sudah menangkap pelaku utamanya, saya yakin 100 persen itu bisa diungkap," ujarnya Dirresnarkoba Polda Lampung, Kombes Erlin Tangjaya, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga: Tahanan Narkoba Kabur, 6 Personel Dit Tahti Polda Lampung Jalani Patsus

1. Bakal telusuri asal muasal gergaji besi dan handphone

Gergaji Besi hingga HP, Petugas Rutan Terlibat Kaburnya 4 Tahanan?ilustrasi di penjara (pexels.com/RDNE Stock project)

Bukan hanya mengungkap dugaan keterlibatan petugas jaga sel, Erlin melanjutkan, pascaberhasil menangkap para tahanan pihaknya akan menelusuri asal muasal gergaji besi, hingga handphone masuk ke dalam sel tahanan Direktorat Tahti Polda Lampung.

"Termasuk nanti kita ungkap gergaji dan handphone yang masuk ke dalam Rutan Polda Lampung," tegasnya.

2. Enam petugas jaga masih jalani Patsus

Gergaji Besi hingga HP, Petugas Rutan Terlibat Kaburnya 4 Tahanan?Penampakan gedung Bidpropam Polda Lampung, Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Lebih lanjut ihwal pemeriksaan terhadap 6 petugas rutan beberapa waktu lalu, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, hasilnya masih ditangani personel Bidpropam.

Selain itu, keenam petugas jaga rutan ini masih dilakukan penempatan khusus (Patsus) di Bidpropam Polda Lampung.

"Untuk seperti apa sanksi ke depannya (dugaan kelalaian atau menyangkut keterlibatan), kita tunggu saja hasil dari pemeriksaan Bidpropam," tukas dia.

3. Imbau keempat tahanan segera menyerahkan diri

Gergaji Besi hingga HP, Petugas Rutan Terlibat Kaburnya 4 Tahanan?Konferensi pers Ditresnarkoba Polda Lampung penangkapan tersangka membantu tahanan kabur. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Umi menambahkan, Polda Lampung kembali mengimbau keempat tahanan segera menyerahkan diri sebelum dilakukan upaya paksa tindakan tegas dan terukur. Termasuk, para keluarga untuk bersikap kooperatif melaporkan keberadaan mengetahui keempatnya.

"Kami imbau silahkan menyerahkan diri, kepada keluarga silahkan menginformasikan keberadaan mereka kepada Polda Lampung," tandas kabid humas.

Baca Juga: 2 Warga Aceh Bantu Pelarian 4 Tahanan Rutan Polda Lampung Ditangkap

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya