Comscore Tracker

Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick Thohir

Minta dukungan program pinjaman tanpa bunga

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung serius menggulirkan program bantuan pinjaman modal tanpa bunga bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Satu caranya, menggandeng pihak perbankan.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana bahkan secara terbuka telah menyampaikan gagasan program tersebut kepada Menteri BUMN, Erick Thohir. Program itu disampaikannya saat menghadiri webinar spesial HUT ke-7 IDN Times bertajuk 'BUMN Dukung Daerah Bangkit dari COVID-19', Selasa (15/6/2021).

"Kami ada perjanjian bersama Bank Mandiri untuk pinjaman tanpa bunga buat UMKM di Bandar Lampung, ini pendamping antara pemerintah dengan BUMN. Cuma prosesnya ini agak susah Pak Menteri, sebab sampai sekarang izin dari pihak Mandiri di Palembang belum keluar," ujar Eva.

1. 500 UMKM siap menerima program pinjaman tanpa bunga

Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick ThohirIlustrasi pengrajin kain/produk umkm (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Eva mengklaim, sejatinya progam yang disusun sejak pertengahan Maret 2021 ini, merupakan salah satu bentuk konkrit pemerintah setempat menggairahkan kembali perekonomian masyarakat di tengah pandemik COVID-19.

Mengingat, para pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya tanpa harus membayar bunga sepeser pun. "Ini langkah pendamping dari Kota Bandar Lampung, nanti kita yang akan membayar bunga pinjaman kepada pihak BUMN," kata dia.

Menurut Eva, realisasi program ini juga bisa menunjang pertumbuhan ekonomi sekaligus perkembangan UMKM di Kota Tapis Berseri, terlebih pihaknya telah mencatat sebanyak 500 UMKM siap menerima realisasi program tersebut.

"Kita berharap ini bisa cepat berjalan. InsyaAllah, kita minta doanya agar Kota Bandar Lampung menjadi pertama kali pinjaman tanpa bunga kepada UMKM," kata perempuan akrab disapa Bunda Eva ini.

2. Minta bantuan dan dukungan program vaksinasi

Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick ThohirVaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Masalah kesehatan di Kota Bandar Lampung juga tak luput dari perhatian Eva Dwiana. Ia turut menyoroti program Presiden RI Joko Widodo, terkait percepatan vaksinasi COVID-19 yaitu, 'satu juga vaksin satu hari'.

Oleh karenanya, Eva ikut meminta dukungan dan bantuan kepada Kementerian BUMN, guna mendorong program vaksinasi di Kota Tapi Berseri.

"Kalau bisa bapak (Erick Thohir) membantu kita menambah stok vaksin, karena Bandar Lampung adalah tempat semua pertemuan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Apalagi kebutuhan vaksin kita kurang lebih mencapai 300 ribu masyarakat," pungkasnya.

Selain itu, Evaberharap layanan fasilitas kesehatan di daerah-daerah, khusus Kota Bandar Lampung dapat ditingkatkan. Tujuannya, agar mempermudah masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan. "Selebihnya nanti tinggal kita dorong dengan sosialisasi," tukasnya.

Baca Juga: Nunggak Pajak, Restoran Begadang hingga Bakso Sony Disegel Pemkot

3. Menteri BUMN siap kawal program Bunda Eva

Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick ThohirWebsite Nindya Karya

Merespons apa yang disampaikan Eva Dwiana, Menteri BUMN Erick Thohir berjanji, bakal mengawal program pinjaman tanpa bunga tersebut hingga ke petinggi Bank Mandiri.

"Nanti saya ada rapat dengan Dirut Bank Mandiri. Akan saya suruh telpon ibu langsung," ucapnya.

Erick juga mendukung percepatan vaksinasi di Kota Bandar Lampung. Caranya, membuka Center Vaksin di salah satu perusahaan plat merah. "Akan saya perhatikan, nanti akan kita lihat apakah memungkinkan dilaksanakan di PTPN atau BUMN lainnya," jelasnya.

4. Upaya-upaya BUMN mendukung UMKM

Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick ThohirPekerja memproduksi sepatu Tori berbahan kain tenun di Ruang Produksi Terampil Sejahtera, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Erick menegaskan, pemerintah sejak awal telah memiliki tiga prioritas program utama dan telah dilakukan secara konsisten yaitu, Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

Dari ketiga program prioritas tersebut, BUMN juga mendukung pertumbuhan UMKM di daerah-daerah. Ia menyebut, pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya di antaranya menjalani kerja retail, askes perbankan dan pasar, serta pendanan bagi para pelaku UMKM.

"Kita tentu mengharapkan, keseimbangan juga dapat dirasa pelaku UMKM dengan adanya program-program pemerintah, guna menunjang pertumbuhan perekonomian," ucap Erick.

5. Rumah BUMN tingkatkan kemampuan pelaku UMKM

Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick ThohirTangkap layar Menteri BUMN Erick Tohir (IDN Times/Istimewa)

Salah satu dukungan BUMN terhadap UMKM yaitu, Rumah BUMN. Erick menjelaskan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM melalui fasilitas training, konsultasi, dan digitalisasi.

Sehingga, diharapkan dapat memberikan dampak bagi perekonomian daerah sampai ke perdesaaan.

"Tapi untuk program ini, masih akan saya pelajari, yang jelas kita berharap sama-sama bertanggungjawab untuk menghasilkan keseimbangan perekonomian," tandas Erick.

Baca Juga: Yuk Ikut Lomba Foto HUT Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana Siapkan Hadiah

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya