Awas! Ada 65 Titik Rawan Kecelakaan di Lampung Periode Nataru

Terbanyak di Lampung Selatan

Intinya Sih...

  • Polda Lampung mencatat 65 titik rawan kecelakaan di Provinsi Lampung
  • Kabupaten Lampung Selatan memiliki titik rawan kecelakaan terbanyak dengan 13 lokasi
  • Pihak kepolisian telah memasang imbauan dan akan melaksanakan patroli rutin untuk mengantisipasi kecelakaan selama libur Natal dan Tahun Baru

Bandar Lampung, IDN Times - Polda Lampung mencatat, ada 65 titik rawan kecelakaan di Provinsi Lampung. Untuk itu, perlu langkah antisipatif selama pelaksanaan momen libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Medyanta mengatakan, fokus pemetaan langkah antisipatif itu dilakukan di jalur-jalur arteri tersebar di kabupaten/kota se-Lampung.

"Ada sudah dilakukan, tapi ini lebih dari pada di luar jalan tol, artinya, di jalur arteri. Sedangkan untuk di jalan tol sendiri relatif aman," ujarnya saat dimintai keterangan, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: KAI Tanjungkarang Siagakan 284 Personel Pengamanan Nataru

1. Titik rawan kecelakaan terbanyak di Lampung Selatan

Awas! Ada 65 Titik Rawan Kecelakaan di Lampung Periode NataruDirlantas Polda Lampung, Kombes Pol Medyanta dan jajaran saat dimintai keterangan. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Medyanta, titik rawan kecelakaan itu teridentifikasi paling banyak berada di Kabupaten Lampung Selatan dengan 13 lokasi. Contohnya, di Jalur Lintas Tengah (Jalinteng) Km 16/17 Pemanggilan Nataru dan Jalinteng Km 21/22 Tarahan, Kecamatan Katibung.

Kemudian sebaran titik rawan kecelakaan di Kota Bandar Lampung dan Tulang Bawang masing-masing 6 lokasi; Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Barat (5 lokasi); Kota Metro, Way Kanan (4 lokasi); Mesuji, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Timur (3 lokasi), dan Pringsewu (2 lokasi).

"Beberapa spot titik yang sering terjadi kecelakaan seperti Tanjakan Tarahan, lalu seperti di beberapa lokasi di Tulang Bawang dan Mesuji," terang Dirlantas.

2. Patuhi imbauan hingga patroli petugas

Awas! Ada 65 Titik Rawan Kecelakaan di Lampung Periode NataruKendaraan patroli polisi Polres PPU yang dilibatkan dalam Ops Patuh Mahakam 2023 (IDN Times/Ervan)

Guna mengantisipatif titik rawan berpotensi menimbulkan kecelakaan tersebut, Medyanta menyampaikan, pihaknya telah memasang sejumlah imbauan, salah satunya di pintu masuk dan keluar Pelabuhan Bakauheni.

Selain itu, kepolisian bersama stakeholder terkait terlibat dalam kegiatan Operasi Lilin Krakatau 2023 akan melaksanakan patroli rutin, hingga ditempatkan di lokasi titik rawan.

"Mapping lokasi rawan kecelakaan ini merupakan titik-titik jenuh pengendara saat melintasi wilayah hukum Polda Lampung," imbuhnya.

3. Pemudik diminta siapkan kondisi fisik hingga kendaraan

Awas! Ada 65 Titik Rawan Kecelakaan di Lampung Periode NataruProgram mudik gratis libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (dok. Kemenhub)

Seiring dengan itu, Medyanta mengimbau agar para pemudik hendak pulang ke kampung halaman maupun berlibur selama Nataru dapat menyiapkan kondisi fisik dalam keadaan prima hingga kesiapan kendaraan.

Terutama, agar terus berkendara dengan tertib sesuai peraturan lalu lintas berlalu, hingga segera beristirahat tatkala kondisi fisik mulai merasa kelelahan.

"Jangan memaksakan diri ingin cepat-cepat sampai lokasi tujuan, tapi harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Kelelahan bisa menimbulkan hilang konsentrasi, hingga berakibat kecelakaan," tandasnya.

Baca Juga: Selebgram Adelia Segera Disidang Kasus Narkoba Jaringan Fredy Pratama

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya