43 Gempa Bumi Guncang Lampung Selama Juni 2024, Terbesar di Tanggamus

Masyarakat diimbau waspada potensi bencana

Intinya Sih...

  • 43 kejadian gempa bumi melanda Provinsi Lampung selama Juni 2024
  • Gempa berkekuatan antara 2.2 hingga 4.8 magnitudo, dominasi gempa dengan kedalaman dangkal
  • Masyarakat diimbau waspada terhadap potensi bencana, termasuk gempa, banjir, dan longsor

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 43 kejadian gempa bumi tercatat melanda Provinsi Lampung selama Juni 2024. Kekuatan terbesar gempa bumi tersebut menyentuh angkat 4.8 magnitudo terjadi di wilayah Kabupaten Tanggamus.

PMG Madya BMKG Stasiun Geofisika Lampung Utara, Agung Setiadi mengatakan, puluhan kejadian gempa bumi ini berkekuatan kisaran antara 2.2 sampai dengan 4.8 magnitudo.

"Iya, berdasarkan hasil pengolahan data dengan software Seiscomp3 pada Juni 2024 di wilayah Lampung dan sekitarnya, telah terjadi 43 kejadian gempa bumi," ujarnya dikonfirmasi, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: Buntut Peluru Nyasar Anggota DPRD, Polda Lampung Bakal Tertibkan Senpi

1. Didominasi gempa bumi berkedalaman dangkal

43 Gempa Bumi Guncang Lampung Selama Juni 2024, Terbesar di TanggamusIlustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Merujuk peta seismistas Lampung dan sekitarnya pada Juni 2024, Agung Setiadi menjelaskan, selama periode ini telah terjadi gempa bumi di wilayah Lampung dan sekitarnya sebanyak 43 kejadian, 24 peristiwa memiliki kekuatan kurang dari 3 magnitudo dan 11 peristiwa kisaran 3 sampai 5 magnitudo.

Lebih lanjut kejadian gempa bumi tercatat pada Juni 2024 ini didominasi gempa bumi dengan kedalaman dangkal atau kurang dari 60 Km yaitu, 40 kejadian dan 3 kejadian tergolong gempa bumi menengah kurang dari 60 sampai 300 Km.

"Untuk berdasarkan jarak epicenter gempa bumi 38 kejadian gempa bumi memiliki jarak epicenter kurang dari 20 dan 5 event dengan jarak epicenter lebih dari 2 derajat," terangnya.

2. Dampak gempa besar langsung dirasakan masyarakat

43 Gempa Bumi Guncang Lampung Selama Juni 2024, Terbesar di Tanggamusilustrasi gempa susulan (pixabay.com/Tumisu)

Agung melanjutkan, berdasarkan laporan dirasakan dari masyarakat dari 43 kejadian tersebut, terdapat 1 kejadian gempa bumi dirasakan tepatnya pada 27 Juni 2024 pukul 14.13.09 WIB, dengan kedalaman 18 Km berpusat di 77 Km Barat Daya Tanggamus - Lampung.

Dampak dirasakan di wilayah Pesisir Selatan dengan skala intensitas IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang seperti grabah pecah, jendela hingga pintu berderik, dan dinding berbunyi.

"Kejadian besar ini turut dirasakan juga di wilayah Tanggamus dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," terangnya.

3. Imbauan masyarakat waspada masa peralihan cuaca

43 Gempa Bumi Guncang Lampung Selama Juni 2024, Terbesar di Tanggamusartikel

Seiring dengan pencatatan ini, Agung Setiadi mengingatkan, masyarakat di wilayah Lampung diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi potensi bencana, bukan hanya terkait gempa melainkan bencana lainnya seperti banjir hingga longsor.

"Kami ingatkan, saat ini dalam masa peralihan cuaca hingganya kondisi cuaca seringkali tidak menentu. Tetap waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi," tandasnya.

Baca Juga: Coklit Capai 91,26 Persen, Bawaslu Lampung Uji Petik Kinerja Pantarlih

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya