Comscore Tracker

Valdy Nyonk Meriahkan Pembukaan MTQ Lampung ke-49 di Mesuji

Tokoh lintas agama bantu sukseskan kegiatan MTQ

Mesuji, IDN Times -  Ribuan masyarakat Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung meramaikan pembukaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-49 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Lampung di Alun-alun Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu (3/12/2022) malam.

Acara dibuka langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi itu diikuti 646 peserta. Rinciannya 327 peserta putra dan 316 peserta putri. Kemudian, Dewan Hakim 125 orang dan Pengawas 12 orang.

Pembukaan MTQ juga diimeriahkan dengan penampilan tarian adat Lampung dan penampilan Valdy Nyonk, Santri sekaligus penyanyi asal Kendari viral karena suara merdunya. Tak hanya menyanyikan lagu-lagu koplo sedang viral, Valdy juga mengajak para penonton untuk melantunkan salawat. 

1. Mesuji expo meriahkan MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung

Valdy Nyonk Meriahkan Pembukaan MTQ Lampung ke-49 di MesujiBupati Mesuji, Sulpakar memberi sambutan dalam acara MTQ ke 49 Tingkat Provinsi Lampung MTQ ke 49 Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji, Sabtu (3/12/2022)(Dok. Humas Mesuji)

Plt Bupati Mesuji, Sulpakar mengatakan, bersamaan dengan digelarnya MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung, ditempat yang sama Kabupaten Mesuji juga tengah menggelar Festival Pembangunan Mesuji Expo 2022.  

"Mesuji Expo 2022 digelar selain untuk turut menyemarakkan kegiatan MTQ, juga sebagai indikator sejauh mana program pembangunan di Kabupaten Mesuji telah dilaksanakan. Selain itu tentu sebagai ajang promosi sektor-sektor unggulan di Kabupaten Mesuji," kata Sulpakar. 

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Hits di Mesuji Lampung, Manjakan Mata!

2. MTQ sebagai program pembangunan bidang agama

Valdy Nyonk Meriahkan Pembukaan MTQ Lampung ke-49 di MesujiGubernur Lampung, Arinal Djunaidi membuka MTQ ke 49 Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Mesuji, Sabtu (3/12/2022) (Dok.Kominfo Provinsi Lampung)

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyampaikana salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat. Di antaranya melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran.  

Menurutnya MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Quran bagi umat Islam. 

"MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan, bahkan kelurahan untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Quran," ucapnya.

3. Tokoh lintas agama bantu sukseskan kegiatan MTQ

Valdy Nyonk Meriahkan Pembukaan MTQ Lampung ke-49 di MesujiPembukaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-49 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Lampung di Alun-alun Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu malam (03/12/2022).  (Dok. Kominfo Provinsi Lampung)

Arinal juga mengucapkan salam hormat kepada seluruh tokoh lintas umat beragama yang ada di Provinsi Lampung atas peran sertanya dalam mensukseskan kegiatan MTQ  

"Salam hormat saya kepada seluruh tokoh lintas umat beragama Provinsi Lampung atas peran sertanya, hal ini tentu selaras dengan tema kegiatan kita yakni dengan MTQ kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qurani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat Menuju Lampung Berjaya," kata Arinal.  

Pihaknya berpesan kepada para peserta MTQ agar tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan berkaitan dengan Al-Quran, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal. 

4. MTQ memberikan dampak besar dalam membangun kecintaan masyarakat pada Al-Quran

Valdy Nyonk Meriahkan Pembukaan MTQ Lampung ke-49 di MesujiPembukaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-49 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Lampung di Alun-alun Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu malam (03/12/2022).  (IDN Times/Istimewa)

Menurut Sekretaris Umum LPTQ Nasional Ahmad Jayadi, MTQ merupakan salah satu bentuk ekspresi beragama umat Islam di Indonesia. Kemudian dipatenkan oleh pemerintah menjadi kegiatan yang formal, di mana semua lapisan masyarakat dapat meramaikan dan mengikutinya. 

Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI itu menjelaskan, sejak pertama dilaksanakan pada 1968, MTQ telah memberikan dampak besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran. Menurutnya, itu dapat dilihat dari tumbuhnya pesantren-pesantren, lembaga-lembaga penghafal Al-quran yang kebaikannya sangat signifikan setiap tahunnya.  

"Dengan adanya MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini, diharapkan dapat mendorong perilaku masyarakat yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan mampu menghormati perbedaan-perbedaan, serta dapat hidup berdampingan dalam bingkai keragaman," jelasnya. 

Baca Juga: HUT Mesuji Lampung ke-14, Gaet Wisatawan Lewat Lomba Kearifan Lokal

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya