Refleksi Satu Tahun Unila Penuh Tantangan Kembalikan Citra Universitas

18 Prodi Unila sudah akreditasi internasional

Bandar Lampung, IDN Times -Universitas Lampung (Unila) bersiap untuk menggelar acara “Refleksi 1 Tahun Kepemimpinan Rektor Universitas Lampung Anugerah dan Apresiasi Unila Be Strong”, Rabu (17/1/2024) malam di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung.

Dalam konferensi pers digelar Senin kemarin di ruang kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat ( BPHM ) Unila, Ketua Panitia Kegiatan Habibullah Jimad memaparkan perjalanan penuh tantangan selama satu tahun terakhir.

Habibullah mengatakan, Unila menghadapi turbulensi atau tsunami pada Agustus 2022, memerlukan proses pemulihan untuk mengembalikan citra universitas di mata masyarakat.

Habibullah juga menyoroti survei dari Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) terkait akreditasi A Unila. "Berkat kerja keras tim dan seluruh Unila, universitas ini berhasil meraih akreditasi Unggul," ujarnya.

Baca Juga: Intip Penetapan Daya Tampung Mahasiswa Baru Unila 2024, Ada Perubahan?

1. Prestasi Unila dalam setahun

Refleksi Satu Tahun Unila Penuh Tantangan Kembalikan Citra UniversitasPemberian penghargaan Anugerah Diktiristek 2023 (unila.ac.id)

Menurut Habibullah, prestasi juga terlihat dari peringkat tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) berhasil meraih peringkat empat dalam penilaian Komisi Informasi. Sebanyak 18 program studi Unila di FEB, FISIP, FP dan FMIPA juga berhasil mendapatkan akreditasi internasional.

Sementara itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unila kembali naik ke klasterisasi Mandiri setelah sempat turun ke klaster Utama. Unila juga meraih pengakuan sebagai Universitas Berkelas Dunia (UBD) atau World Class University (WCU), dengan peringkat dunia ke-100, Asia ke-71, dan ASEAN ke-117, serta pengakuan dari QS dan Time Higher.

2. Berharap reputasi Unila semakin baik

Refleksi Satu Tahun Unila Penuh Tantangan Kembalikan Citra UniversitasUnila gelar rapat Pleno bahas penetapan daya tampung mahasiswa baru 2024 (Dok.Officialunila)

Habibullah menegaskan, acara tersebut bukanlah euforia semata, melainkan momentum untuk terus bersinergi dan menjadi organisasi yang adaptif.

Sebab menurutnya, Unila berkomitmen untuk mencapai delapan indikator kinerja utama (IKU) secara menyeluruh, meningkatkan tata kelola, menurunkanisasi hasil produk, dan komersialisasi hasil penelitian guna meningkatkan pendapatan, tridarma PT, dan kesejahteraan.

Habibullah berharap, kepercayaan dari industri sebagai kunci utama dalam komersialisasi hasil penelitian, sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa dan negara.

"Saya harap reputasi Unila semakin baik, tidak hanya di masyarakat lokal tetapi juga di mata dunia. Refleksi satu tahun ini diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh warga kampus untuk terus bergerak maju, sesuai dengan tagline semangat Unila, Be Strong," tandasnya

3. Bangun kekuatan internal

Refleksi Satu Tahun Unila Penuh Tantangan Kembalikan Citra UniversitasRektor Unila Lusmeilia Afriani (Officialunila)

Koordinator Bagian Informasi dan Humas Unila Suratno, menambahkan, Rektor Unila Prof Lusmeilia Afriani beserta jajaran pimpinan juga melakukan penguatan di tingkat internal dengan kegiatan coffee morning di fakultas dan membentuk jejaring dengan awak media. 

"Terobosan dilakukan untuk meningkatkan layanan yang cepat, murah, dan berintegritas di semua bidang," imbuhnya.

Baca Juga: Penelitian Mahasiswa Unila, Sukses Olah Limbah Zat Warna

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya